Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Hati-hatilah! Spyware Android Bisa Menyadap WhatsApp dan Mencuri Data

Foto: WhatsApp/Pixabay


Zaman sekarang, sudah banyak orang yang menggunakan WhatsApp. Oleh karena itu, hal semacam itu pun sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi penunjang kehidupan sehari-hari; bisnis ataupun lainnya. Banyak juga orang yang menggunakan WhatsApp, tetapi asal pakai saja. Namun, hal semacam itu pun bisa menjadi salah satu bahaya yang akan bisa didapatkannya. 


Bukan hanya itu saja! Namun di zaman ini, manusia harus senantiasa hati-hati apalagi terhadap perangkat lunak yang bisa saja menjadi suatu bumerang! Ya, semua itu pun tak bisa dielakkan lagi bahwa di zaman ini banyak yang terserang oleh malware yang menyamar sebagai pembaruan sistem android. 


Banyak hal yang harus diwaspadai juga dari WhatsApp ini, salah satunya jangan lupa selalu update ke versi terbaru agar bisa meminimalkan kebobolan oleh virus. Mungkin, banyak yang bertanya, apakah WhatsApp bisa dibobol? Ya, semua itu pun bisa ditembus atau dibobol menggunakan spyware. 



Ilustrasi dari Pixabay


Kemudian, hal semacam itu pun jangan sampai lepas perhatian dari para pengguna ponsel, khususnya WhatsApp. Kenapa jangan lepas? Ya, semua itu pun bisa dikatakan penting dan lainnya. Sebab, efek dari spyware itu sangat ngeri untuk privasi yang ada di dalam ponsel. 


Mungkin, banyak juga yang bertanya-tanya, spyware itu apa, sih? Mungkin, banyak yang mengira spyware itu semacam virus yang disuntikkan sehingga bisa merusak perangkat lunak. Namun, kalau dikaji lebih jauh masalah spyware ini apa, sih? 


Spyware atau bisa disebut juga perangkat pengintai itu adalah Istilah teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya. Kemudian, bukan hanya itu saja! Namun, hal ini pun bisa sangat serius jikalau alat ini dipasang untuk mencuri data ataupun sekadar mengintai saja. 


Nah, hal semacam ini pun bisa menjadi salah satu warning yang harus bisa diperhatikan. Memang spyware pun bisa berawal dari menyuntikkan malware untuk memata-matai korban. Kemudian, hal itu pun bisa menjadi sebuah spyware. 


Banyak juga yang bisa diambil atau hanya dimata-matai saja. Oleh karena itu, spyware ini tak bisa dianggap remeh karena bisa saja membahayakan bagi diri sendiri. Memang, ini sifatnya hanya perangkat pengintai. Namun, bagaimana kalau ada data yang penting maka semuanya bisa hilang, diketahui ataupun lainnya. 


Kemudian, hal apa saja yang bisa dilakukan oleh spyware ini, sih? Harus diketahui terlebih dahulu ketika spyware disuntikkan maka penjahat siber bisa mencuri data, mengendalikan ponsel atau android, menghapus foto, mengirim pesan, menerima telepon, mencuri pesan, dan masih banyak lainnya. 


Ilustrasi dari Pixabay


Bukan hanya itu saja! Namun, spyware ini pun bisa dikatakan unik karena langsung berfungsi ketika mendeteksi ada panggilan telepon. Kemudian, ia akan terbangun dan merekam percakapan itu. Setelahnya, percakapan yang sudah direkam itu dikirim ke server penjahat siber dan semua itu hanya mengirimkan data yang terbarunya saja. Oleh karena itu, spyware ini bisa dikategorikan sangat bahaya kalau digunakan oleh orang yang mau jahat atau sebaliknya. 


Jadi, hal semacam ini pun harus diwaspadai! Kemudian, cara untuk meminimalkan agar tak terserang oleh yang namanya spyware itu bagaimana, sih? Salah satu atau salah dua yang penting itu adalah jangan lupa selalu update aplikasi di tempat yang resmi (jangan di tempat yang tidak resmi) lalu pakailah antivirus agar bisa aman.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN