Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Manfaat Menulis dengan Cara Manual! Simak Penjelasannya!

Foto: Menulis dengan Cara Manual


M
enulis
bukan hanya persoalan merangkai kata saja! Namun, ada yang lebih besar dari semua itu ialah bisa berefek untuk kesehatan tubuh. Apakah semua itu hanya omong kosong? Semua itu pun bisa dikatakan sangat benar adanya bahwa menulis bisa menjadi suatu alat untuk terapi. Ya, bisa terapi hati di kala sakit atau lainnya. 


Hal semacam itu pun harus bisa dipahami bahwa menulis pun bisa membuat hati atau pikiran menjadi baik. Maka, tak jarang juga banyak orang yang memilih menulis di kala pikiran dan hati sedang dilanda kegalauan. 


Namun, harus bisa diketahui juga bahwa di zaman ini, menulis pun bisa menggunakan ponsel atau laptop. Oleh karena itu, banyak orang juga yang menulis memakai cara seperti itu. Sampai, banyak juga yang sudah nyaman dan meninggalkan cara lama, yaitu menulis dengan metode manual. 


Akan tetapi, kedua itu pun mempunyai perbedaan dan bisa terlihat juga oleh mata yang telanjang bahwa perbedaan itu sangat jauh. Ya, bisa dinilai bahwa tulisan dengan menggunakan laptop itu akan lebih rapi jika dibandingkan dengan manual. Akan tetapi, dari semua itu ada efek yang bisa didapatkan. 


Foto: Menulis dengan Cara Manual


Kemudian, efek yang perlu diketahui bahwa menulis dengan manual bisa dikategorikan sangat bagus untuk kesehatan. Ya, karena apa? Menulis dengan tangan atau manual bisa mengasah kemampuan motorik maka hal semacam itu sangat bagus untuk kesehatan. 


Menurut Eduard Gentaz, seorang profesor di bidang psikologi Universitas Genewa mengatakan bahwa menulis langsung menggunakan tangan merupakan aktivitas rumit yang membutuhkan berbagai keterampilan. Secara sederhana tulisan tangan adalah hasil dari gerakan singular seluruh tubuh yang unik.


Bukan hanya itu saja! Menulis dengan manual pun mempunyai manfaat yang banyak, bisa diketahui bahwa menulis dengan tangan itu harus belajar terlebih dahulu, bagaimana cara memegang pensil atau pulpen. Kemudian, menghapal abjad dan mampu menulis kata demi kata. Nah, hal tersebut pun menjadi salah satu kelebihan yang terdapat di dalam menulis dengan cara manual. 


Foto: Menulis dengan Cara Manual



Tak perlu diragukan lagi bahwa menulis dengan manual pun mampu untuk mudah diingat jika dibandingkan dengan menggunakan laptop. Oleh karena itu, manfaat yang didapatkan dari cara ini pun bisa dikatakan banyak. Sampai, ada juga manfaat lain yang bisa didapatkan dari menulis ini, yaitu jika sedang kesulitan tidur maka menulislah. 


Menurut sebuah studi Applied Psychology: Health and Well-being, menghabiskan waktu sekitar 15 menit di malam hari, hanya untuk menuliskan segala hal yang Anda syukuri bisa membuat keajaiban terhadap tidur Anda. 


Nah, bisa diketahui lebih dalam bahwa menulis itu bukan hanya merangkai kata saja. Akan tetapi, banyak manfaat yang bisa didapatkannya, salah satunya terapi hati di kala depresi ataupun lainnya.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN