Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Wajib Tahu, Inilah Komponen Mobil yang Harus Dicek sebelum Mudik Lebaran agar Aman!

Wajib Tahu, Inilah Komponen Mobil yang Harus Dicek sebelum Mudik Lebaran agar Aman!
Ilustrasi | Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lebaran sebentar lagi, maka mudik pun sudah menjadi sebuah tradisi dari budaya Indonesia. Hal itu dikarenakan di mana  ribuan orang akan kembali ke kampung halaman bersama keluarga tercintanya.

Namun, harus bisa diingat bahwa sebelum melakukan perjalanan mudik maka harus bisa menyiapkannya secara matang.

Nah, hal itu sangat berlaku juga bagi yang mau melakukan perjalanan mudik dengan mobil. Kemudian, adapun kondisi mobil pun harus diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik itu.

Melansir dari laman Astra Daihatsu bahwa ada beberapa komponen mobil yang harus diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, yakni sebagai berikut:


1. Sistem pengisian bahan bakar

Pertama yang harus diperiksa ialah sistem pengisian bahan bakar. Kemudian, pastikan juga bahwa tangki bahan bakar penuh dan tidak ada kebocoran di selang pengisian bahan bakar.

Selanjutnya, periksa juga kondisi filter bahan bakar, pompa bahan bakar, dan injektor. Namun, harus bisa dipahami bahwa jika salah satu dari komponen tersebut rusak atau tak berfungsi, maka segeralah ganti.


2. Sistem pendingin mesin

Sistem pendingin mesin juga harus bisa dipastikan dalam kondisi baik, misalnya, pastikan bahwa cairan pendingin dalam kondisi cukup, tidak bocor, dan tidak tercemar.

Kemudian, periksa juga kondisi radiator, kipas pendingin, dan thermostat. Selanjutnya, jika dari salah satu komponen tersebut rusak, maka suhu mesin akan meningkat dan bisa mengakibatkan kerusakan mesin yang serius.


3. Rem

Komponen mobil yang harus dicek selanjutnya ialah rem. Kemudian, rem adalah salah satu komponen utama yang menentukan keselamatan selama berkendara.

Pastikan juga sistem rem dalam kondisi baik dan kampas rem masih dalam batas pemakaian yang aman. Selanjutnya, bisa periksa juga kabel dan selang rem, serta cairan rem, dan pastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik.

Namun, jangan lupa juga untuk memeriksa sistem pengereman pada bagian kaki rem, terutama jika mobil yang digunakan adalah mobil yang sudah tua.


4. Ban

Salah satu komponen yang amat penting untuk dicek sebelum mudik itu ialah ban. Pastikan juga keempat ban dalam kondisi baik dan tekanan udara sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Hal semacam itu pun sangat penting karena ban yang kurang baik dapat membahayakan keselamatan selama perjalanan.

Harus diingat juga bahwa ban yang aus atau bocor dapat menyebabkan mobil sulit untuk dikendalikan dan dapat menyebabkan kecelakaan.


5. Sistem AC

Demi kenyamanan saat melakukan perjalanan mudik, maka alangkah indahnya untuk memastikan sistem AC dalam kondisi baik dan sudah diisi dengan refrigeran yang cukup.


6. Lampu

Lampu juga merupakan komponen penting dalam mobil yang menentukan keselamatan selama perjalanan. Kemudian, pastikan bahwa semua lampu mobil dalam kondisi baik, termasuk lampu depan, belakang, rem, dan sein.


7. Wiper

Wiper pun sering menjadi salah satu komponen penting yang diabaikan. Oleh karena itu, pastikan juga bahwa karet wiper dalam kondisi baik dan tidak ada goresan pada kaca depan mobil.

Selanjutnya, pastikan juga bahwa kondisi washer fluid dan pompa wiper dalam keadaan baik.


8. Kondisi kaca mobil

Terakhir, pastikan bahwa kaca mobil dalam kondisi baik dan tidak ada retak atau pecah. Kemudian, retak pada kaca mobil pun dapat menyebabkan gangguan pandangan saat mengemudi, terutama saat melintasi jalan yang berlubang.


Nah, itulah beberapa komponen mobil yang harus dicek sebelum melakukan perjalanan mudik.

Hal yang amat penting dari semua itu ialah luangkan waktu untuk memeriksa komponen mobil sebelum mudik demi membantu memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca