Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Bisa Digunakan untuk Perawatan Wajah, Inilah Segudang Manfaat Lainnya Daun Sirsak yang Wajib Anda Ketahui!

Bisa Digunakan untuk Perawatan Wajah, Inilah Segudang Manfaat Lainnya Daun Sirsak yang Wajib Anda Ketahui!
Foto: Daun Sirsak | Grid.id

Sirsak, buah yang memiliki rasa asam manis ini pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya daging buahnya saja yang banyak gizi, tapi daun sirsak pun ternyata juga menyimpan sejumlah manfaat yang luar biasa.

Adapun salah satu zat penting yang terdapat dalam daun sirsak adalah acetogenin, yaitu kumpulan senyawa aktif yang memiliki sifat sitotoksik yang mampu membunuh racun di dalam tubuh.

Kemudian, acetogenin dalam daun sirsak pun telah diteliti dan terbukti memiliki potensi untuk melawan sel kanker dan memperlambat pertumbuhannya.

Bahkan dalam hal ini, daun sirsak pun terkenal dengan salah satu manfaatnya yang memiliki kemampuan dalam membantu pengobatan kanker.

Jika, melihat kemposisi daun sirsak pun meliputi bahan kering sekitar 87,58%, abu 8,93%, protein 16,9%, serat kasar 28,3%, lemak kasar 4,76%, dan kalsium sekitar 2,09%.

Kemudian, tepung yang berasal dari daun sirsak pun mengandung hemiselulosa sekitar 4,08%, selulosa sekitar 34,71%, lignin sekitar 14,64%, dan silika sekitar 0,25%.

Tidak sampai situ saja! Adapun beberapa manfaat lain, seperti yang dikutip dari laman Pemprov Jambi, yakni sebagai berikut:


1. Melawan kanker

Dalam hal ini bahwa sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Bioteknologi dan Ilmu Biomolekuler, Universiti Putra Malaysia, daun sirsak pun memiliki kemampuan untuk melawan penyakit kanker.

Studi itu mengungkapkan bahwa ekstrak daun sirsak memiliki potensi untuk melawan sel kanker payudara.

Namun, tidak hanya itu saja! Akan tetapi, ditemukan bahwa ekstrak daun sirsak pun mampu mengurangi ukuran tumor dan membunuh sel-sel kanker dalam tubuh manusia.

Meskipun demikian, para peneliti pun masih terus melakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami manfaat daun sirsak secara menyeluruh dalam mengatasi kanker.


2. Mengatasi maag

Salah satu manfaat yang begitu penting dari daun sirsak ialah memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit maag.

Hal semacam itu pun disebabkan oleh kandungan zat antiperadangan dalam daun sirsak yang mampu mengurangi rasa sakit di dalam tubuh.

Oleh karena itu, daun sirsak pun dapat menjadi pilihan obat alternatif bagi mereka yang sering mengalami masalah sakit maag.


3. Menyembuhkan sariawan

Daun sirsak pun memiliki manfaat dalam menyembuhkan sariawan. Kemudian, penggunaanya pun cukup mudah, yakni dengan membersihkan daun sirsak lalu menumbuknya sampai halus.

Selanjutnya, daun sirsak tersebut direbus dan diminum selagi masih hangat. Dengan cara itu pun diharapkan sariawan dapat segera sembuh.


4. Baik untuk kesuburan

Poin ini pun penting untuk diketahui bahwa minum teh daun sirsak pun dikatakan memiliki manfaat bagi kesuburan wanita.

Hal semacam itu pun disebabkan oleh khasiat daun herbal tersebut dalam meningkatkan ovulasi dan melancarkan siklus menstruasi.

Oleh karena itu, manfaat daun sirsak pun diyakini dapat membantu meningkatkan kesuburan. 

Namun, perlu dicatat juga bahwa manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan mandalam lagi.


5. Menghilangkan jerawat

Daun sirsak pun diyakini bisa menjadi solusi sederhana untuk menghilangkan jerawat.

Cara penggunaanya pun cukup mudah, pertama siapkan 5-6 lembar daun sirsak dan cuci hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus.

Setelah itu, campurkan dengan sedikit air dan aplikasikan ke seluruh wajah. Namun untuk hasil yang lebih baik, gunakanlah daun sirsak secara teratur pada malam hari sebelum tidur.


6. Meredakan wasir

Harus diketahui juga bahwa wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus mengalami pelebaran. Biasanya, wasir pun ditandai dengan adanya benjolan dan rasa nyeri.

Jika, masalah itu tidak diobati, gejala wasir pun dapat semakin parah dengan benjolan yang bertambah besar dan terjadi pendarahan.

Maka dari itu, meskipun ada banyak obat yang tersedia untuk mengatasi wasir, beberapa orang masih mempercayai manfaat daun sirsak sebagai pengobatan alami untuk wasir atau ambeien.


Dengan demikian, daun sirsak pun memiliki banyak manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, daun sirsak juga memiliki kandungan antioksidan dan senyawa antibakteri yang berguna dalam menjaga kesehatan.

Namun, harus tetap diingat! Meskipun manfaatnya sangat beragam, sebaiknya juga selalu konsultasikan dengan tenaga medis sebelum menggunakan daun sirsak sebagai pengobatan alternatif.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN