Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Sudah Tahu Belum? Inilah 7 Penyebab Kaki Sering Kesemutan yang Perlu Diwaspadai, Baca Segera di Sini!

Sayang, Sudah Tahu Belum? Inilah 7 Penyebab Kaki Sering Kesemutan yang Perlu Diwaspadai, Baca Segera di Sini!
Ilustrasi | Pexels.com/Anete Lusina

Adakalanya kita merasakan kaki kesemutan dan kejadian semacam itu sering dianggap suatu kondisi yang tidak mengkhawatirkan.

Kemudian, kondisi semacam itu pun biasanya sering dialami oleh seseorang ketika terlalu lama berlutut atau duduk bersila.

Namun, harus diketahui bahwa pada beberapa kasus, kaki sering kesemutan itu bisa menjadi suatu tanda adanya penyakit tertentu.

Nah, hal itu bila terjadi dalam waktu yang lama maka akan sangat berbahaya karena bisa juga disertai dengan gejala lain. Maka dari itu, Anda pun harus tetap perlu waspada!

Menilik lebih dalam lagi bahwa kaki kesemutan itu adalah kondisi yang cukup umum terjadi. 

Kemudian, kesemutan atau dalam istilah medis disebut parestesia biasanya ditandai dengan rasa kebas, serta muncul sensasi seperti tertusuk jarum.

Kondisi semacam itu pun sering terjadi pada bagian kaki dan tangan. Kesemutan pada kaki juga terkadang membuat penderitanya kesulitan berjalan untuk sementara waktu.

Namun dalam perjalanan waktu, kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat dengan mengubah posisi kaki atau menggerakkannya.

Melansir dari laman Siloam Hospitals, inilah beberapa penyebab kaki sering kesemutan yang perlu diketahui dan diwaspadai, karena bisa saja ada tanda penyakit tertentu, yakni sebagai berikut:


1. Diabetes

Poin pertama yang harus diketahui ialah diabetes, sebab kesemutan pada penderita diabetes disebabkan oleh adanya gangguan pada saraf tepi atau disebut juga dengan neuropati diabetik.

Tidak hanya kesemutan saja! Namun, gejala lain yang menyertai kondisi ini ialah adanya rasa nyeri dan panas di kedua kaki, terutama di jari dan telapak kaki.

Selanjutnya, apabila diabetes tidak ditangani dengan baik maka saraf di kaki akan mengalami mati rasa sehingga penderita tidak menyadari apabila terdapat luka di kakinya.

Kemudian yang paling parahnya, hal itu bisa mengakibatkan luka tidak tertangani dengan baik dan menjadi sumber infeksi.


2. Penyakit autoimun

Penyebab kaki sering kesemutan bisa dikarenakan adanya sejumlah penyakit autoimun, seperti penyakit celiac dan lupus.

Penyakit autoimun juga ialah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menyerang sel sehat dalam tubuh. Namun untuk memastikan kondisi ini, dibutuhkan juga pemeriksaan darah oleh dokter.


3. Saraf terjepit

Mungkin, banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa kaki sering kesemutan? Nah, mungkin saja saraf kejepit adalah salah satu penyebabnya.

Jika, menilik lebih dalam lagi bahwa saraf kejepit biasanya berasal dari cedera atau pembengkakan yang tidak diketahui secara pasti pemicunya.


4. Gagal ginjal

Salah satu gejala gagal ginjal juga, yaitu kaki sering kesemutan. Kemudian, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk komplikasi penyakit lain, seperti hipertensi dan diabetes.

Namun, harus diketahui lebih lanjut bahwa gejala kesemutan akibat gagal ginjal itu biasanya disertai dengan sensasi nyeri, seperti tertusuk jarum, kram otot, kebas, serta kelemahan pada otot kaki.


5. Racun dalam tubuh

Hal ini pun bisa menjadi penyebab kaki sering kesemutan. Kemudian, tanpa kita sadari juga bahwa setiap harinya ada banyak racun yang masuk ke dalam tubuh, entah berasal dari makanan kurang bersih atau racun yang terserap kulit.

Kemudian, racun-racun tersebut pun dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh, termasuk kaki bisa mengalami kesemutan dan terasa kebas.


6. Cedera sendi

Penyebab kaki sering kesemutan selanjutnya bisa dikarenakan cedera sendi. Nah, kondisi ini pun biasanya terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas fisik berulang tanpa jeda sehingga menyebabkan otot-otot nyeri dan menegang.

Tak hanya itu saja! Namun, terlalu lama duduk di depan komputer juga dapat memicu cedera sendi dan memunculkan gejala kesemutan.


7. Kekurangan vitamin B

Terakhir, kaki sering kesemutan juga bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin B1, B3, B6, dan B12. Pasalnya, beberapa vitamin tersebut pun berperan penting dalam menjaga fungsi saraf.

Namun untuk mengatasi itu, maka mulailah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin B, seperti ikan salmon, daging sapi, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Dengan demikian, penyebab kaki sering kesemutan juga harus patut diketahui karena bisa saja hal itu tanda bahaya untuk kesehatan tubuh kita.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN