Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Self Healing Itu Apa? Simaklah Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya di Sini!

Self Healing Itu Apa? Simaklah Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya di Sini!
Ilustrasi | Pexels.com/Kampus Production

Setiap manusia, mungkin pernah merasakan berada di titik paling rendah; kecewa, sedih, dan lainnya. Oleh karena itu, mungkin juga setiap manusia mempunyai cara untuk bisa menyembuhkannya.

Berada di titik paling rendah pun bisa diakibatkan oleh luka batin sehingga salah satu penyembuhan untuk kesehatan mental itu sangat perlu.

Harus bisa diketahui bahwa saat ini yang namanya self healing sedang digandrungi dalam masyarakat dan hal itu merupakan hal yang bagus karena menandakan bahwa masyarakat sudah cukup aware dengan kesehatan mentalnya.

Namun, jikalau menelik lebih dalam lagi terkait self healing itu apa, sih? Manfaat yang lebih dalam lagi untuk apa, sih? Bagaimana cara melakukan self healing?

Yuklah, simak seperti yang dikutip dari laman Faculty Of Humanies BINUS University, yakni sebagai berikut:


Manfaat self healing untuk kesehatan mental

Dalam hal semacam ini bahwa secara harfiah, self healing pun dapat didefinisikan sebagai kegiatan atau perilaku yang bertujuan untuk menyembuhkan diri.

Namun, hal semacam ini pun bisa dilihat dari bidang keilmuan bahwa self healing adalah sebagai proses penyembuhan yang didorong atau dimotivasi oleh diri sendiri dan biasanya diakibatkan oleh gangguan psikologis atau trauma.

Kemudian, menyelisik lebih dalam lagi bahwa self healing pun dapat memiliki tujuan untuk mengenal diri sendiri sehingga kita bisa lebih mencintai diri sendiri (self love).

Oleh karena itu, self healing pun dapat membawa individu menjadi pribadi yang lebih kuat lagi ketika menghadapi masalah.


Self healing itu untuk siapa saja, sih?

Sudah dituliskan di bagian atas juga bahwa setiap manusia mungkin pernah gagal, berada pada titik yang paling rendah, putus asa, dan sebagainya.

Oleh karena itu, situasi tersebut tentunya sangat mengganggu sehingga berdampak pada aktivitas sehari-hari seperti tidak dapat fokus, lari dari tanggung jawab, dan lainnya.

Jika, perasaan sudah merasakan hal semacam itu maka jalan yang bisa dilalui itu kemungkinan besar membutuhkan yang namanya self healing.

Menarik lebih dalam lagi bahwa self healing merupakan salah satu komponen penting agar kesehatan mental tetap terjaga. Oleh karena itu, berikut inilah beberapa menfaat dari melakukan self healing:
  • Memperbaiki mood
  • Membantu mengurangi kecemasan
  • Membantu mengatasi depresi
  • Dapat meningkatkan kondisi fisik individu seperti meningkatkan kualitas tidur dan menguatkan imun tubuh
  • Meningkatkan wellbeing

Harus bisa diketahui juga bahwa melakukan self healing itu tidak selalu berkaitan dengan hal-hal mewah saja, kok. Namun, self healing juga bisa dilakukan di rumah saja seperti menonton film favorit, olahraga, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Dengan demikian, seperti itulah penjelasan singkat mengenai self healing dan harus benar-benar bisa dipahami bahwa kalau sedang merasa stres atau luka batin, maka self healing pun bisa menjadi penyembuhnya.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca