Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Filosofi Ketupat Hidangan Khas Lebaran, Punya Makna Mendalam, Simak di Sini!

Filosofi Ketupat Hidangan Khas Lebaran, Punya Makna Mendalam, Simak di Sini!
Ketupat | Instagram @jajanan_jadul70

Sudah tak bisa dielakkan lagi bahwa ketupat ialah hidangan khas lebaran yang biasanya dimakan bersama opor ayam sambal goreng bawang nan lezat.

Harus bisa diketahui juga bahwa hidangan tersebut bukan hanya sebatas hidangan saja. Akan tetapi, hidangan tersebut, khususnya ketupat itu mempunyai filosofis yang mendalam.

Sebelumnya, menurut penelusuran sejarah bahwa asal-usul ketupat itu dimulai sejak hidup Sunan Kalijaga, yakni pada abad ke-15 hingga 16.

Kemudian, Sunan Kalijaga adalah seorang Wali Songo yang turut menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. 

Sunan Kalijaga pun menjadikan ketupat sebagai budaya dan filosofi dari pembaruan antara Jawa dan nilai-nilai Islam.

Menyelisik lebih dalam lagi terkait filosofi ketupat ini bahwa seperti yang dilansir dari laman Kedungboto, yakni memiliki makna filosofis sebagai berikut:


1. Janur kuning

Hal semacam ini bisa dilihat dari kebanyakan ketupat dibuat dengan janur kuning, walaupun sesekali juga ada yang dibuat dengan daun kelapa.

Namun, menurut cerita orang-orang tua terdahulu bahwa janur kuning merupakan perlambangan sebagai penolak balak. 

Jadi, tidak hanya ketupat, janur kuning sebagai penolak balak juga digunakan dalam acara lain, misalnya, hajatan pengantin.

Kemudian dalam falsafah jawa, janur bermakna sejane ning nur (arah menggapai cahaya—cahaya Illahi). Adapun, kuning bermakna sabdo dadi (yang dihasilkan dari hati atau jiwa yang bening).

Oleh karena itu, penggunaan janur kuning dalam membuat ketupat atau dalam berbagai hajatan itu mengandung cita-cita untuk menggapai atau memperoleh nur Allah dengan hati atau jiwa yang bening.


2. Bentuk empat sudut

Bentuk empat sudut ini bisa dilihat dari ketupat yang berbentuk segi empat dan hal itu menunjukkan empat penjuru mata angin.

Kemudian, bentuk segi empat ketupat pun melambangkan "kiblat papat limo pancer" atau empat arah mata angin dan pusat.

Bentuk semacam itu pun mencerminkan keseimbangan alam. Bahkan, secara religius bermakna bahwa ke mana pun manusia itu berjalan pasti menuju ke satu arah, yakni Allah.

Tidak sampai situ saja! Namun, secara akhlaki juga mencerminkan empat macam nafsu manusia, yaitu amarah, aluamah, supiah, dan mutmainah.

Keempat nafsu tersebut pun hanya mampu ditaklukan oleh satu amaliyah, yaitu dengan berpuasa. 

Oleh karena itu, dalam tradisi memakan ketupat lebaran maka disimbolkan sudah dianggap mampu menaklukan keempat nafsu tersebut.


3. Anyaman ketupat

Dalam hal semacam ini harus bisa dipahami bahwa gabungan janur kuning yang membentuk anyaman juga memiliki filosofis. 

Kemudian bagi orang Jawa, anyaman tersebut memiliki makna berbagai kesalahan dosa manusia.

Hal itu juga menggambarkan bahwa secara religius juga manusia itu tempatnya kesalahan dan kealpaan. 

Adapun ketupat, setelah dibelah dua dengan pisau menampakkan warna putih.

Nah, warna putih itu memiliki makna kebersihan dan kesucian manusia. Oleh karena itu, jikalau menilik pada tradisi lebaran, kebersihan dan kesucian itu hanya dapat diperoleh setelah tuntas melakukan amal ibadah selama Ramadan.


4. Beras

Terakhir ialah beras yang bagi sebagian masyarakat Indonesia, beras memiliki arti khusus. Ia pun melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan.

Adapun, beras dalam ketupat bermakna setelah hati dan jiwa manusia itu bersih dari empat macam nafsu yang sudah dituliskan di bagian atas.

Dengan demikian, beras pun bisa dimaknai sebagai lambang kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat itu hanya dapat diperoleh jika manusia dalam masyarakat itu memiliki hati dan jiwa yang bersih serta suci.

Nah, seperti itulah makna filosofis yang terkandung dalam ketupat yang sering menjadi hidangan khas lebaran. Kemudian, dalam hal tersebut pun bisa dimaknai sebagai lambang kebersihan, kesucian, dan seperti yang sudah dituliskan di atas.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN