Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Pahami Aturan Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Lengkap Ada di Sini!

Pahami Aturan Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Lengkap Ada di Sini!
Ilustrasi | Pexels.com/Andrea Piacquadio

Memilih waktu atau jam yang tepat di kala makan pun sangat penting untuk menunjang kesehatan. Sebab, makan dengan waktu yang tidak tepat itu bisa memunculkan masalah yang serius pada lambung.

Nah, hal itu juga bisa saja menyebabkan penyakit asam lambung karena gejala tersebut bisa bermula dari telat makan. Maka, itulah mengapa penting untuk mengetahui kapan saja waktu makan yang tepat untuk penderita asam lambung.

Tak hanya itu saja! Namun, penderita juga perlu mengetahui apa saja makanan yang aman dikonsumsi untuk mencegah asam lambung naik.


Kapan waktu atau jam makan yang baik untuk penderita asam lambung?


Seperti yang dikutip dari laman Siloam Hospitals bahwa guna menghindari kambuhnya gejala asam lambung, salah satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu jadwal dan berikut ini penjelasannya:


1. Pagi hari

Pagi hari biasanya dipakai untuk sarapan. Nah, hal semacam itu pun harus bisa diperhatikan bagi penderita asam lambung. Sebab, waktu yang tepat untuk penderita asam lambung di pagi hari adalah pukul 06.00–08.00 atau sebelum pukul 09.00 pagi.



Kemudian, salah satu manfaat sarapan adalah memenuhi kebutuhan energi untuk memulai aktivitas. Maka, alangkah indahnya pilihlah menu sarapan rendah lemak, seperti sereal, oatmeal, dan pisang.

Namun setelah sarapan, berikan juga jeda beberapa saat dan lanjutkan dengan mengonsumsi cemilan antara pukul 09.30-11.30 agar perut tidak terlalu kosong.

Periode waktu tersebut pun bisa diisi dengan beberapa rekomendasi cemilan sehat, seperti kentang rebus, roti gandum, serta buah-buahan, misalnya, pepaya.


2. Siang hari

Pukul 12.00–13.00 pun menjadi jam makan yang baik untuk penderita asam lambung pada siang hari.

Kemudian, jam tersebut biasanya merupakan waktu istirahat bagi para pekerja maupun siswa sehingga bisa dimanfaatkan untuk makan.

Sewaktu makan siang, usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang guna memenuhi kebutuhan protein dan karbohidrat.

Adapun menu makan siang yang direkomendasikan adalah nasi, ayam, ikan, daging, telur, dan sayur. Selanjutnya, usahakan untuk makan secara perlahan dengan porsi yang cukup.


3. Sore hari

Pukul 16.00 sore bisa menjadi jam makan yang baik untuk penderita asam lambung. Kemudian, pada waktu ini pun Anda dapat mengisi perut dengan makanan ringan, seperti bubur kacang hijau, air kelapa, atau kacang-kacangan.



4. Malam hari

Dalam hal ini, harus bisa dipahami bahwa secara umum, penderita asam lambung seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) dianjurkan untuk mengatur jeda waktu 2–3 jam antara makan terakhir dan waktu tidur.

Hal semacam ini pun bertujuan agar makanan dapat dicerna dengan baik sebelum tidur, sehingga mampu mencegah isi lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala asam lambung.

Namun, lebih detailnya ialah jam makan malam yang dianjurkan itu ialah 3 jam sebelum waktu tidur. Nah, sebenarnya juga Anda dapat menyesuaikan jam makan malam dengan waktu tidur sehari-hari.

Dalam hal semacam ini pun apabila Anda tidur pada pukul 8–9 malam, maka usahakan untuk makan pada pukul 6 sore sampai pukul 7 malam.


Dengan demikian, seperti itulah penjelasan kapan waktu atau jam makan yang tepat untuk penderita asam lambung sehingga Anda pun dapat mengetahuinya dengan jelas dan pasti.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca