Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Kenalilah Fungsi Airbag dan Cara Kerjanya, Pahami Ini Dulu Sobat sebelum Membeli Mobil!

Kenalilah Fungsi Airbag dan Cara Kerjanya, Pahami Ini Dulu Sobat Sebelum Membeli Mobil!
Ilustrasi | Hyundai 

Para pengguna mobil, sangat penting untuk bisa memahami sistem keamanan yang menempel pada kendaraanya. Kemudian, tak jarang juga kebanyakan pengguna mobil mengira kalau seatbelt saja sudah cukup untuk menjaga dari benturan keras.

Namun, jika menilik lebih dalam lagi bahwa di samping adanya seatbelt itu pun ada juga yang namanya airbag. Bahkan, tak heran juga bila pengguna mobil menganggap spesifikasi mobil airbag digadang sebagai fitur keselamatan.

Jika, menilik kepada pengertiannya bahwa airbag ini adalah salah satu fitur keselamatan berkendara yang sangat membantu untuk mencegah penumpang ketika terjadinya kecelakaan.


Bagaimana sistem kerja airbag pada mobil?

Mengutip dari laman Nissan Indonesia bahwa sistem kerja airbag adalah ketika terjadi tabrakan yang keras terdeteksi maka sensor langsung mengirimkan sinyal supaya airbag mengembang.

Kemudian, airbag pun akan mengembang melindungi daerah vital, seperti kepala, leher, dan dada. Selanjutnya, jika tanpa airbag maka sebagai bantalan, tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt bisa berpotensi cedera.



Menilik lebih dalam lagi bahwa posisi airbag itu sendiri tergantung pada tipe mobilnya masing-masing. Nah, posisinya itu ada yang hanya terpasang di bagian depan (pengemudi dan asisten) dan ada juga yang terpasang sampai bagian penumpang.


Apakah ketika airbag mengembang akan bisa menghalangi pernapasan?

Mungkin saja banyak pengguna mobil yang bertanya semacam itu. Kemudian, jawaban dari pertanyaan itu, yaitu tidak. Sebab, airbag sendiri dirancang sedemikian rupa serta diuji untuk memastikan keamanannya saat digunakan.

Kemudian, perlu Anda ketahui juga bahwa material yang digunakan untuk airbag adalah nilon tipis dengan lubang-lubang kecil.

Nah, dari lubang inilah, gas yang menyebabkan airbag itu mengembang akan bisa keluar dan airbag akan mengempis perlahan.


Apakah gas nitrogen yang keluar dari lubang airbag itu berbahaya?

Para pengguna pun jangan takut-takut, sebab airbag mengembang karena adanya gas nitrogen yang ditiupkan ke kantong udara dari kain nilon tipis.

Oleh karena itu, udara yang kita hirup 78% mengandung gas nitrogen jadi gas ini pun aman untuk terhirup.



Apakah wajar ketika ada asap saat airbag itu mengembang?

Para pengguna mobil pun kalau melihat ada awan asap memenuhi mobil maka jangan panik dulu.

Sebab, awan asap itu sebenarnya adalah tepung jagung atau bedak talkum yang digunakan untuk mencegah airbag lengket ketika masih kondisi terlipat.

Nah, hal semacam itu jadi bisa diketahui bahwa sangat berbahaya juga kalau airbag itu lengket ketika adanya kecelakaan.


Jadi, seperti itulah fungsi dan sangat pentingnya ada airbag untuk keselamatan ketika berkendara. Kemudian, hal-hal yang tak terduga ketika perjalanan pun mungkin sering terjadi jadi pastikan saja Anda memilih mobil yang dilengkapi airbag.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca