Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Inilah Manfaat Ngebut untuk Mesin Mobil, Simaklah sebelum Terlambat Mengetahuinya!

Inilah Manfaat Ngebut untuk Mesin Mobil, Simaklah sebelum Terlambat Mengetahuinya!
Ilustrasi | Pexels.com/Jesse Zheng

Apakah Anda sering merasakan keadaan mesin mobil yang terasa berat karena penurunan performanya? Mungkin, bagi sebagian orang hal semacam itu terasa biasa saja dan tidak berpengaruh signifikan untuk mobil yang dikendarainya.

Namun, ketika mesin mobil mengalami penurunan performa itu bisa disebabkan karena adanya penumpukan karbon pada ruang pembakaran atau biasa juga dikenal dengan istilah kerak.

Nah, cara yang paling mudah untuk membersihkan kerak tersebut pun bisa dengan membawanya ke bengkel terdekat untuk dibersihkan ataupun diservis secara berkala.

Kemudian, selain dibersihkan dengan cara dibongkar mesinnya maka pemilik mobil pun bisa juga dengan memilih jasa carbon cleaning, yakni pembersihan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih ke dalam mesin.


Apakah dengan ngebut bisa membersihkan kerak pada ruang bakar mobil?

Seperti yang dikutip dari laman Deltalube bahwa ada cara lain untuk membersihkan kerak pada ruang bakar mobil Anda, yaitu dengan memacu kendaraan.

Namun, sebelum memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi maka pengemudi juga harus menemukan jalan kosong dan bebas kendaraan terlebih dahulu.



Sebab, mobil pun akan dipacu dengan maksimal hingga mendekati batas putaran mesin (red line), lalu menahannya selama dua hingga tiga detik.

Kemudian, hal semacam itu pun cukup dikenal dengan istilah Italian Tune Up. Nah, Italian Tune Up ini biasanya dilakukan ketika mesin mobil telah diservis dan ganti oli sehingga sisa-sisa pembersihan itu bisa keluar melalui knalpot.

Akan tetapi, harus dipahami dulu bahwa melakukan Italian Tune Up ini tidak harus ketika mobil selesai diservis saja. Sebab, untuk menjaga kebersihan ruang bakar maka cukup seminggu sekali mengajak mobil Anda mengebut.


Bagaimana cara melakukannya?

Cara yang bisa dilakukan bisa dimulai dengan memacu kendaraan pada gigi dua hingga mendekati red line.



Kemudian, lakukanlah selama sekitar dua sampai tiga detik, pindahkan ke gigi selanjutnya dan lakukan hal yang sama sampai pada satu gigi di bawah gigi maksimal.

Selanjutnya, untuk mobil dengan empat percepatan maka cukup dilakukan hingga gigi tiga. Nah, begitu juga dengan mobil enam percepatan, cukup dipacu hanya sampai pada gigi dua saja.

Terakhir, langkah yang perlu diperhatikan, yaitu mengulangi pola tersebut hingga dua ataupun hingga tiga kali. 

Kemudian, dengan melakukan Italian Tune Up maka diharapkan kerak atau karbon yang mengendap itu bisa terbakar dan ikut terbuang melalui knalpot.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN