Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Inilah Beberapa Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Beserta Cara Memakannya, Ada Pisang Juga Loh!

Inilah Beberapa Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Beserta Cara Memakannya, Ada Pisang Juga Loh!
Ilustrasi | Pexels.com/Negative Space

Salah satu yang paling penting dalam masa kehamilan, yaitu harus bisa memilih makanan sehat. Oleh karena itu, buah pun menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang bisa dimakan oleh ibu hamil.

Kenapa seperti itu? Pasalnya, buah juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, asam folat, beta-karoten, serat hingga kalium yang berperan penting dalam kesehatan ibu dan calon bayi.

Namun, pertanyaan selanjutnya mungkin saja muncul dalam benak para ibu hamil, yakni buah apa saja yang bagus untuk dimakan di kala periode hamil?

Dalam hal semacam ini, memang harus bisa diakui bahwa semua buah pun baik untuk dikonsumsi karena mengandung nutrisi dan manfaatnya tersendiri.

Akan tetapi, terdapat juga beberapa buah yang direkomendasikan bagi ibu hamil muda dan tua karena diketahui bisa membantu meredakan gejala-gejala kehamilan seperti mual dan muntah.


Inilah beberapa daftar buah yang baik untuk ibu hamil yang dilansir dari laman Siloam Hospitals, yakni sebagai berikut:


 
1. Jeruk
 
Jeruk adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung juga antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan anemia karena berperan dalam penyerapan zat besi.

Kemudian, jeruk juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Namun, tak hanya itu saja! Rasa masam pada jeruk pun dapat meredakan mual akibat morning sickness.



2. Mangga

Mungkin saja, buah yang satu ini menjadi makanan sehat terfavorit ibu hamil. Kemudian, mangga juga menjadi pilihan bagus untuk ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

Bahkan, vitamin A sendiri diketahui bermanfaat untuk perkembangan sel, kulit, tulang, dan mata bayi sejak dalam kandungan.

Tak hanya itu saja! Asupan vitamin A yang cukup juga dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan pada ibu hamil.

Namun, mangga pun memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga harus diatur porsinya, terutama oleh ibu hamil penderita diabetes.


3. Pisang

Pisang merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama karena mengandung vitamin B6 yang dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah di awal kehamilan.

Kemudian, kandungan serat pada pisang juga bisa mencegah sembelit pada ibu hamil.


4. Buah naga

Buah naga putih maupun merah sama-sama menjadi buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung berbagai mineral dan vitamin, seperti vitamin C dan zat besi.

Bahkan, menurut The Indonesia Journal of Public Health, kandungan dalam buah naga bermanfaat menambah kadar hemoglobin dan menurunkan risiko anemia pada ibu hamil jika dikonsumsi secara rutin.


5. Alpukat

Alpukat pun selain tergolong dalam makanan tinggi serat, buah ini juga mengandung tinggi folat yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan kolin, magnesium, kalium, serta vitamin B, C, dan K. Kemudian, kolin juga diketahui sangat baik untuk perkembangan otak janin dan menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi.


6. Semangka

Semangka juga merupakan salah satu buah yang baik untuk ibu hamil muda karena kaya akan kandungan air, sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Tak hanya kandungan airnya saja yang terkandung di dalam semangka ini, tapi ada juga vitamin A, B6, C, kalium, dan magnesium pada semangka yang diyakini bisa membantu mengurangi gejala morning sickness.

Kemudian, semangka juga bisa untuk mengurangi bengkak di tangan dan kaki, serta mencegah kram otot yang biasanya terjadi pada trimester 3 kehamilan.


7. Anggur

Harus bisa diketahui bahwa mengonsumsi anggur juga diketahui dapat menambah asupan vitamin C dan K, antioksidan, serat, pektin, dan folat.

Kemudian, kandungan antioksidan pada anggur dapat melawan radikan bebas, infeksi, serta meningkatkan imun tubuh ibu hamil.

Namun di lain sisi, vitamin K yang ada di dalamnya pun berperan penting dalam proses pembekuan darah, seperti mencegah pendarahaan berlebih setelah melahirkan.



Bagaimana cara makan buah yang baik untuk ibu hamil?


Sudah bisa diketahui bahwa buah pun sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin setiap hari. Namun, pertanyaan selanjutnya ialah, bagaimana cara memakannya?

Sebelumnya, makan buah bisa dengan secara langsung saja lalu dapat juga dengan diolah sedemikian rupa yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti berikut ini:


1. Dijadikan sebagai topping

Mungkin hal semacam ini sering dilakukan oleh orang-orang dan ini pun bisa dikatakan bagus juga untuk ibu hamil, seperti jeruk, anggur, atau buah lainnya yang cocok dijadikan sebagai topping pada sereal, pancake, atau roti.


2. Dijadikan salad buah

Buah pun bisa dijadikan sebagai salad dan hal semacam ini bisa disajikan dengan penyajian yang menyegarkan karena banyak potongan buah.

Kemudian, campuran saus salad buah juga dapat memberikan variasi rasa manis dan asam. 

Selanjutnya, Anda juga dapat menambahkan yogurt rendah gula untuk memberikan tambahan nutrisi pada ibu hamil.


3. Diolah menjadi jus

Jus bisa menjadi salah olahan yang disukai oleh ibu hamil. Oleh karena itu, Anda pun dapat membuat jus tanpa gula dari jenis buah atau lebih agar semakin kaya rasa.

Kemudian, bisa juga dengan memasukkan beberapa buah ke dalam satu jus itu agar dapat membantu menambah variasi asupan mineral dan vitamin pada ibu hamil.

Namun, harus bisa diingat! Ibu hamil dengan kondisi diabetes dan diabetes gestasional tidak disarankan mengonsumsi buah dalam bentuk jus.


Dengan demikian, itulah beberapa rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil. Kemudian, sudah bisa diketahui dari penjelasan di atas bahwa buah juga menjadi makanan yang sehat untuk ibu hamil dan sangat direkomendasikan untuk dimakan.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN