Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Inilah 7 Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi, Bunda Wajib Tahu!

Inilah 7 Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi, Bunda Wajib Tahu!
Foto: Jagung | Instagram @haytien04

Jika, mengalami kejadian serba pertama di dalam kehidupan maka sering sekali merasakan kehati-hatian dalam menjalaninya. Nah, hal semacam itu pun mungkin sering terjadi pada wanita hamil yang untuk pertama kalinya.

Bahkan, hal yang pertama pun bisa mengakibatkan perasaan senang maupun cemas yang wajar. Namun, salah satu hal yang sering muncul bagi banyak ibu hamil itu, yakni makanan yang boleh dimakan dan sebaliknya.

Sebab, makanan ini sangat penting bagi ibu hamil karena jikalau salah mengonsumsi makanan bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan seperti keguguran ataupun keracunan.

Kemudian, makanan apa yang cocok untuk ibu hamil? Nah, salah satu jenis makanan yang tepat bagi ibu hamil itu ialah jagung. Sebab, salah satu manfaat jagung rebus adalah bisa untuk membantu tumbuh kembang janin.

Tak hanya itu saja! Akan tetapi, jagung pun bisa menjadi cemilan bagi ibu hamil dan mengandung beberapa nutrisi seperti mineral dan vitamin.

Inilah beberapa manfaat jagung bagi ibu hamil yang dilansir dari laman Prenagen, yakni sebagai berikut:


1. Menjaga kesehatan plasenta

Hal semacam ini pun bisa dikatakan bagus karena memelihara kesehatan plasenta saat kehamilan terbilang tidak begitu mudah.

Namun, hal itu pun bisa diatasi dengan mengonsumsi jagung secara rutin. Kemudian, kandungan kalium yang terkandung dalam jagung dapat menjaga cairan dalam tubuh, sehingga sel plasenta dapat terjaga keamanannya.



2. Kaya nutrisi untuk ibu hamil

Jagung pun memiliki kandungan vitamin kompleks yang berguna bagi kesehatan saraf. Kemudian, jagung juga banyak mengandung mineral seperti zat besi, mangan, selenium, dan magnesium.

Tidak hanya itu saja! Jagung juga bisa menjaga kesehatan ibu hamil secara keseluruhan, sehingga badan tidak mudah lelah, pegal-pegal, dan letih.


3. Mencegah sembelit

Sembelit juga merupakan gangguan kehamilan yang paling sering terjadi di periode awal kehamilan. Kemudian, produksi hormon progesteron memengaruhi usus sehingga pencernaan ibu hamil melambat.

Namun, tak usah khawatir juga bahwa masalah ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jagung secukupnya selama kehamilan. Hal tersebut dikarenakan jagung mengandung sumber serat yang cukup tinggi.


4. Membantu tumbuh kembang janin

Manfaat selanjutnya dari jagung rebus ialah bisa membantu atau mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, di dalam jagung juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan janin.

Setelah itu, jagung pun bisa mencegah bayi terlahir dengan berat badan kurang serta bayi terlahir cacat seperti cacat pada tulang belakang dan saraf.


5. Mencegah masalah cacat otot bayi

Poin ini sangat penting karena kesehatan otot merupakan salah satu bagian yang amat penting pada kesehatan janin. Terlebih juga sistem pembentukan masa otot dibentuk sejak di dalam kandungan.

Kemudian, adanya zat yang bernama zeaksantin di dalam jagung pun mempunyai peran yang besar dalam pembentukan masa otot, sehingga jagung sangat baik untuk janin.

Selanjutnya, masalah cacat otot, biasanya dialami oleh bayi yang lahir karena kekurangan zeaksantin selama di dalam kandungan.

Hal semacam itu bisa disebabkan juga oleh kondisinya yang biasa terjadi ketika bayi memasuki usia lebih dari satu tahun.



6. Memacu fungsi otak janin

Hal ini disebabkan karena jagung adalah salah satu sumber tiamina yang cukup tinggi. Kemudian, tiamina ini dibutuhkan janin guna membentuk perkembangan sel-sel otak, serta mendukung fungsi kognitif terhadap bayi.

Salah satu yang harus diketahui juga bahwa perkembangan otak janin pun telah dimulai sejak dalam kandungan, sehingga cara menjaga kehamilan dengan asupan tiamina yang cukup dapat membantu kecerdasan yang sangat baik bagi bayi.


7. Membantu proses kesempurnaan organ janin

Kandungan nutrisi yang sangat penting pada jagung adalah asam pantotenat. Kemudian, zat ini sangat berperan dalam mengembangkan fungsi penting dari organ seperti ginjal, paru-paru, jantung, dan otak.

Nah, apabila selama kehamilan, janin kekurangan asupan pantotenat maka biasanya akan ditemukan sejumlah kelainan yang berkaitan dengan fungsi organ tubuh.


Dengan demikian, seperti itulah beberapa manfaat jagung rebus untuk kesehatan ibu hamil. Bahkah, jagung pun sangat baik jika dikonsumsi bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi serta diabetes.

Oleh sebab itu, maka tidak ada salahnya menjadikan jagung sebagai menu sehat keseharian ibu ataupun cemilan sehat bagi ibu hamil.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN