Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi Saat Bulan Puasa? Simak Jawaban dan Tipsnya di Sini!

Ilustrasi by Pixabay

Mungkin, banyak yang bertanya-tanya perihal ini, apakah minum kopi saat mau puasa itu aman? 

Namun, harus bisa diketahui dulu bahwa berdasarkan data dari International Coffee Organization, konsumsi kopi di Indonesia ini menyentuh angka 5 juta per kantong 60 kg. Bagaimana banyak, kan?

Oleh karena itu, angka tersebut pun menunjukkan bahwa kopi ini menjadi salah satu produk minuman dengan distribusi terbesar.

Kembali lagi ke pertanyaan awal, apakah aman minum kopi saat mau puasa? Menurut pakar gizi yang dilansir dari laman AQUA bahwa minum kopi saat menjalani puasa itu tidak dilarang.

Oleh karena itu, Anda pun diperbolehkan minum kopi setelah makan besar agar tidak meningkatkan asam lambung.

Dalam hal semacam ini, sangat penting juga untuk mengetahui waktu yang tepat untuk minum kopi dan sangat diperlukan bagi setiap orang, khususnya para penikmatnya.


Kapan waktu yang tepat untuk minum kopi di bulan Puasa?

Harus bisa disadari bahwa terdapat juga waktu yang tepat untuk minum kopi agar tidak berdampak pada kesehatan dan menggangu jalannya ibadah.



Oleh karena itu, waktu yang tepat minum kopi saat bulan Puasa itu ialah satu hingga dua jam setelah berbuka atau menyantap makanan berat.

Kemudian, waktu itulah yang dirasa sangat tepat karena kondisi perut pun sudah terisi dan tak akan menimbulkan iritasi pada dinding perut yang memicu kenaikan asam lambung.


Inilah tips minum kopi saat bulan Puasa!

Selain waktu yang tepat minum kopi saat puasa, Anda juga perlu mengetahui tipsnya agar bisa menikmati tanpa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Adapun tips minum kopi saat bulan Puasa yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:


1. Perhatikan waktu minum kopi

Poin utama dalam hal ini ialah harus bisa memperhatikan waktu, sebab minum kopi dengan waktu yang tepat itu bisa merasakan keamanan.

Kemudian, hindari juga minum kopi tepat setelah azan Magrib atau sebagai santapan pembuka sehingga bisa meminimalisir risiko membuat dinding lambung mengalami iritasi.

Selanjutnya, bisa ditelaah bahwa mengonsumsi kopi itu dianjurkan sebelum memulai sholat Tarawih, sebab kandungan kafein pada kopi akan membuat seseorang lebih aktif.

Namun, harus bisa diketahui juga bahwa meminum kopi saat sahur pun ada aturannya. Kemudian, menurut hasil riset, kopi akan membuat seseorang merasa cepat dehidrasi saat dikonsumsi ketika sahur.

Oleh karena itu, jika ingin minum kopi saat sahur maka Anda pun diperbolehkan minum secangkir saja. Hal semacam itu akan menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa.


2. Minum kopi secukupnya

Hal ini bisa menjadi salah satu tips ketika bulan Puasa, sebab ketika puasa pun Anda hanya dianjurkan untuk minum segelas kopi sebelum Tarawih.

Maka, alangkah indahnya untuk menghindari minum kopi secara berlebihan, apalagi jika dilakukan sebelum tidur atau di atas jam 8 malam.



3. Harus bisa mengimbangi dengan minum air putih

Dalam hal ini, meskipun kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak khasiat. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Kemudian, salah satu dampaknya itu, yakni efek diuretik yang menyebabkan tubuh menjadi lebih sering buang air kecil sehingga membuat Anda lebih mudah haus dan lemas saat puasa.


4. Minum kopi rendah kafein

Poin selanjutnya yang harus bisa digarisbawahi ialah memilah minuman kopi saat puasa yang mempunyai kadar kafein rendah. 

Dalam hal ini, kopi yang mengandung kafein rendah akan membantu mengurangi potensi kenaikan asam lambung. Oleh karena itu, kenalilah setiap jenis kopi yang Anda minum untuk menjaga kesehatan tubuh saat puasa.


5. Minum kopi yang masih segar

Terakhir, harus bisa dipahami bahwa menilik jenis kopi yang masih segar pun sangat dianjurkan. Oleh karena itu, kopi segar adalah biji yang disangrai tidak terlalu lama dan baru disimpan.

Dengan demikian, Anda pun bisa memilih kopi bubuk asli untuk diminum saat puasa, sebab khasiatnya lebih terjamin dan tidak akan menggangu kesehatan apabila diminum dalam kadar normal.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN