Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Manfaat-Manfaat Buah Naga untuk Wajah yang Mungkin Anda Belum Ketahui, Yuklah Simak di Sini!

Manfaat-Manfaat Buah Naga untuk Wajah yang Mungkin Anda Belum Ketahui, Yuklah Simak di Sini!
Foto: Buah Naga | Pexels.com/Any Lane

Buah naga atau buah yang memiliki rasa asam manis segar itu mempunyai beragam manfaat, mulai dari mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan dini.

Hal itu bisa didapatkan karena di dalam kandungan buah naga itu terdapat banyak nutrisi, seperti magnesium, antioksidan, serta vitamin A, B, C, dan E.

Tidak hanya untuk kulit dan wajah saja! Akan tetapi, kandungan nutrisi di dalam buah naga juga berdampak positif pada kesehatan tubuh, seperti meningkatkan daya tubuh, memelihara fungsi organ tubuh hingga mencegah penyakit kanker.

Berikut inilah penjelasan lengkap tentang manfaat buah naga untuk kecantikan wajah yang dikutip dari laman Siloam Hospitals pada 26 Desember 2023, yakni:


1. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat yang pertama adalah membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam secara alami. Kemudian, manfaat ini pun dapat diperoleh dari kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta-karoten di dalam buah naga.

Harus bisa diketahui juga bahwa vitamin C dan antioksidan dapat membantu menghambat produksi melanin (pigmen kulit yang membantu warna kulit pada bagian tubuh tertentu tampak lebih gelap).

Pada umumnya juga bahwa melanin bisa meningkat saat kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan. Dalam hal itu, jika kadar melanin dalam tubuh sedikit maka warna kulit pun akan tampak lebih cerah atau putih.


2. Bisa untuk mengatasi jerawat

Buah naga juga bisa dimanfaatkan untuk membantu perawatan wajah berjerawat. Hal itu bisa terjadi karena buah naga itu mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga kalau dikonsumsi secara rutin maka dapat mengatasi masalah jerawat.
 
Oleh karena itu, buah naga pun direkomendasikan sebagai makanan yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat karena memiliki indeks glikemik yang rendah.


3. Mampu untuk mengurangi minyak berlebih di wajah

Minyak atau sebum di kulit wajah sebenarnya memiliki fungsi penting, yakni menjaga kelembapan dan kebersihan kulit. Namun, hal itu kalau berlebihan maka dapat menyumbat pori-pori kulit dan bisa memicu munculnya jerawat serta komedo.

Dalam hal ini, buah naga pun dapat dimanfaatkan sebagai perawatan wajah alami untuk mengurangi minyak berlebihan di wajah.

Kemudian, bagaimana caranya? Caranya ialah dengan mencampurkan buah naga yang telah dihaluskan ke dalam air mawar atau air lemon, tambahkan 1 sdm oatmeal, setelah itu campurkanlah seluruh bahan hingga merata.

Sesudah bahannya tercampur merata, maka oleskanlah masker itu ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Setelahnya, bilas wajah dengan air sampai bersih lalu lanjutkan dengan memakai produk yang biasa Anda gunakan.


4. Menjaga kelembapan wajah

Mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi seperti buah naga pun bisa untuk menjaga kelembapan wajah. Kemudian, dapat juga membantu memperbaiki penampilan kulit serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.


5. Menjaga kesehatan kulit wajah

Manfaat ini pun bisa diperoleh dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah naga. Oleh karena itu, manfaat buah naga untuk wajah ini diperkuat dengan hasil penelitian dari National Library of Medicine.

Hasil penelitian itu melaporkan bahwa buah naga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi kulit (menggelapnya warna kulit di bagian tubuh tertentu karena produksi melanin yang berlebihan).

Kemudian, kandungan vitamin C pada buah naga pun sangat berperan dalam memproduksi kolagen pada struktur kulit. Oleh karena itu, kolagen di dalam kulit itu berfungsi untuk menjaga konsistensi kulit agar tetap kenyal dan lembut.


6. Cocok digunakan untuk menenangkan kulit

Berdasarkan hasil penelitian di National Library of Medicine bahwa tingginya kandungan vitamin C di dalam buah naga pun dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari atau sunburn.

Kemudian, vitamin C dalam masker buah naga mampu bekerja dengan melembapkan dan memulihkan area kulit yang terbakar karena sinar UV lalu membuat kulit lebih tenang.

Dari balik itu pun terdapat kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk meringankan gejala peradangan, kulit kemerahan, dan rasa gatal akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Tidak hanya itu saja! Buah naga juga memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan dipercayai dapat mencegah terjadinya infeksi di area kulit yang terbakar.



7. Memperbaiki penampilan wajah

Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan beta-karoten dan antioksidan di dalamnya. Kemudian, kandungan magnesium dan protein yang tinggi di dalam buah naga pun dapat mendukung proses perbaikan jaringan kulit yang telah rusak.


8. Mencegah penuaan dini

Dalam hal ini pun penuaan dini dapat dicegah apabila kulit memiliki jumlah kolagen yang cukup. Kemudian, kolagen itu merupakan protein yang berfungsi untuk menjaga tekstur dan elastisitas kulit.

Jika kulit kekurangan kolagen, maka akan muncul garis-garis halus yang menyebabkan kulit menjadi kendur.

Sudah bisa diketahui bahwa buah naga pun mempunyai kandungan vitamin C yang berperan dalam produksi kolagen. Maka, itulah alasannya mengapa rutin mengonsumsi buah naga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.


9. Mengurangi risiko kanker kulit

Dalam hal ini, baik buah naga merah maupun naga putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan di dalam buah naga pun dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh, seperti kanker kulit melanoma.

Dengan demikian, itulah penjelasan mengenai beberapa manfaat buah naga untuk wajah yang sayang untuk dilewatkan. 

Kemudian, jikalau ingin memiliki kulit wajah yang segar maka tidak ada salahnya memanfaatkan buah naga untuk perawatan kulit Anda.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN