Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Mengenal Engine Start Stop Button di Mobil: Pengertian, Cara Kerja, Sejarah, dan Kelebihannya, Silakan Simak!

Mengenal Engine Start Stop Button di Mobil: Pengertian, Cara Kerja, Sejarah, dan Kelebihannya, Silakan Simak!
Ilustrasi | Pexels.com/Luis Quintero

Teknologi di zaman ini semakin hari, semakin berkembang saja sehingga hal semacam itu pun menyangkut juga pada kendaraan, terutama mobil.

Dalam hal ini dengan adanya teknologi engine start stop button pada mobil menjadikan sebuah kunci manual itu mulai terpinggirkan.

Kemudian, mungkin saja sebagian orang bertanya-tanya, engine start stop button itu apa, sih? Gunanya untuk apa? Kelebihannya apa, sih? Perkembangannya seperti apa, sih?

Menyinggung sedikit untuk hal ini ialah engine start stop button itu berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan mesin mobil tanpa remot. Kemudian, seperti inilah penjelasan lengkapnya!


Apa engine start stop button itu?

Mengutip dari laman Auto 2000, salah satu fasilitas teknologi yang populer sekarang ini ialah keyless ignition system atau yang dikenal juga dengan sebutan lainnya, yaitu engine start stop button, keyless start, keyless entry, keyless push-button start, intelegent key, dan smart key.

Namun, apa pun namanya bahwa engine start stop button ini bisa diartikan sebagai fitur yang memungkinkan Anda untuk menghidupkan dan mematikan mesin tanpa remot yang ada di dalam tas.


Bagaimana cara kerja engine start stop button itu, sih?

Fitur engine start stop button ini dilengkapi juga dengan kunci free on board (FOB) yang dapat Anda simpan di saku atau di mana saja dekat penerima di dalam kendaraan.

Kemudian, gambaran lebih jelasnya seperti ini: FOB mengirimkan sinyal frekuensi rendah yang unik ke sistem komputer mobil yang kemudian memvalidasi bahwa sinyal yang benar telah dikirim.



Setelah semua itu, memungkinkan juga Anda untuk bisa menekan dasbor atau konsul untuk menghidupkan mesin mobil. 

Nah, untuk mematikannya pun hampir sama mudahnya dengan menyalakannya, yakni tinggal tekan tombol engine start stop button itu.

Dalam hal ini pun harus bisa dipahami bahwa selain kunci kontak yang tidak memerlukan kunci, maka sebagian besar sistem juga menyertakan entri pintu mobil tanpa kunci yang memungkinkan Anda masuk ke mobil tanpa memerlukan kunci mobil.

Hal semacam itu menggambarkan bahwa dengan adanya engine start stop button ini bisa mempermudah dalam menghidupkan dan menyalakan mobil. Kemudian, faktor kepraktisan juga merupakan nilai jualnya.


Mengenal sejarah engine start stop button yang ada pada mobil!

Mengutip dari laman Evalube, elektrik starter menjadi teknologi umum yang saat ini masih digunakan oleh kendaraan roda empat ataupun dua.

Oleh karena itu, sistem starter jenis ini mengubah energi arus listrik sehingga bisa menghidupkan mesin kendaraan. 

Kemudian, dalam perkembangan teknologi bahwa banyak mobil juga yang sudah menggunakan start dan stop button untuk menggantikan elektrik starter.

Namun, jikalau kita menilik lagi ke belakang, engine start stop button ini ternyata bukanlah teknologi baru. 

Sebab, sudah ada dari beberapa abad lalu, misalnya, terletak atau hadir di mobil Cadillac tahun 1912 untuk menggantikan kick starter.

Perkembanganan semacam itu pun bisa menjadi cikal bakal yang ada di waktu sekarang walaupun sewaktu dulu, teknologi ini terlalu awal untuk diterapkan pada kendaraan karena desain kendaraan yang belum tertutup dan kemudahan juga menggunakan kunci.

Oleh karena itu, ketika masuk medio 1950, banyak juga dari pabrikan mobil yang menggunakan anak kunci atau dikenal elektrik starter.

Hal semacam itu tak hanya sebatas perubahan teknologi saja! Akan tetapi, teknologi itu dinilai lebih cocok untuk segala jenis dan tipe mobil untuk bisa lebih memberikan rasa keamanan yang tinggi.

Harus bisa diketahui bahwa pada mobil tipe cabriolet di tahun '60-an menggunakan kick starter dengan anak kunci terbilang aman dan meminimalisir pencurian.

Kemudian, barulah pada tahun '90-an pabrikan Mercedes-Benz kembali memulai dengan teknologi Keyless Go di S-Class 1998. Bahkan, hingga kini sistem keyless dan start stop button kembali akrab sebagai teknologi baru pada mobil era 2000-an.


Apa saja kelebihan jika menggunakan engine start stop button?

Pertanyaan semacam itu bisa saja menjadi salah satu pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, dalam hal ini, tentu mempunyai banyak kelebihan, yakni sebagai berikut:


1. Praktis dalam penggunaannya

Poin utama dari ini ialah kepraktisan ketika menggunakan keyless entry. Oleh karena itu, teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengakses mobil dengan mudah. Maka untuk membuka pintu mobil, Anda tidak lagi untuk memutar kunci.



Selanjutnya, Anda pun hanya perlu untuk mendekatkan smart key saja maka pintu otomatis akan terbuka. Nah, begitu pula ketika mau menyalakan mobil, Anda tidak perlu memutar kunci, asalkan smart key masih ada dalam jangkauan sensor keyless.

Oleh karena itu, salah satu langkah lagi yang harus Anda ingat, yaitu Anda hanya perlu menginjak rem dan menekan start stop button, maka mobil akan langsung menyala.


2. Lebih aman dari risiko kemalingan

Fitur yang bernama engine start stop button ini menawarkan keamanan yang lebih advanced jika dibandingkan dengan kunci konvensional yang sangat mudah untuk diduplikasi.

Kemudian, salah satu kelebihan lagi ialah proteksi pada smart key ini hadir dalam bentuk transponder. Maka, smart key berkomunikasi dengan sensor itu mempunyai kode unik yang sulit untuk diketahui.

Selanjutnya, start engine terhubung dengan smart key sehingga hanya bisa diakses khusus oleh pemilik kendaraan. Nah, sistem itulah yang bisa meminimalisir kebobolan pada kendaraan.

Dengan demikian, engine start stop button ini sangat baik untuk teknologi yang ada pada kendaraan, khususnya mobil karena mempunyai kelebihan yang beragam.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN