Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Manfaat-Manfaat Menulis dengan Tangan, Mampu untuk Menghindari Gangguan, Simak Selengkapnya di Sini!

Manfaat-Manfaat Menulis dengan Tangan, Mampu untuk Menghindari Gangguan, Simak Selengkapnya di Sini!
Ilustrasi | Pexels.com/Karolina Grabowska

Menulis, mungkin bagi sebagian orang menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan dan sebaliknya. Oleh karena itu, hal semacam ini tak jarang juga menjadi salah satu bagian dari terapi kehidupan; hati.

Kemudian, menulis pun menjadi salah satu metode untuk mendorong otak agar bekerja untuk menciptakan sebuah karya. Bahkan, hal semacam itu bisa menjadi sangat indah jikalau tulisan yang dituliskan itu mampu mengubah kehidupan.

Hal semacam itu bisa menjadi sebuah gambaran bahwa menulis itu bukan hanya untuk menyimpan kenangan saja! Akan tetapi, bisa juga untuk mengubah kehidupan jikalau tulisan itu penuh makna dan perubahan.

Harus bisa dipahami juga bahwa menulis dengan tangan pun mampu meningkatkan proses belajar. Bahkan menurut penelitian ilmu psikologi, Daniel Oppenheimer di University of California menunjukkan bahwa catatan tulisan tangan itu mampu membantu ingatan.

Kemudian, seperti yang dituliskan oleh laman Binus University bahwa Studi Oppenheimer menunjukkan, area otak yang terkait dengan ingatan dan pemahaman lebih terlihat ketika siswa menulis catatan dengan pena dan kertas.

Maka, sudah bisa dipahami bahwa penjelasan itu menjelaskan, menulis dengan tangan pun memiliki manfaat yang tinggi, misalnya, untuk dapat membantu ingatan dan mampu meningkatkan pemahaman yang tinggi.



Namun, tak hanya itu saja! Akan tetapi, ada juga beberapa manfaat lagi yang bisa didapatkan ketika menulis dengan tangan seperti yang dikutip dari laman Binus University, yakni sebagai berikut:


1. Menulis dengan tangan berguna untuk pelajar visual

Dalam hal ini, harus bisa dipahami bahwa menulis catatan tangan bisa memberikan kebebasan grafis untuk dengan mudah membuat sketsa infografis, kosakata, ataupun tata letak non-tradisional lainnya.

Oleh karena itu, hal ini bisa berguna untuk meletakan pemikiran dan memvisualisasikan koneksi.


2. Menulis dengan tangan bisa menjadi seni

Mungkin saja poin ini sudah banyak yang memahaminya bahwa menulis itu bisa menghasilkan seni. Oleh karena itu, banyak orang memilih catatan tulisan daripada catatan komputer hanya karena mereka lebih menyukai estetika.

Hal ini bisa digarisbawahi jika memiliki tulisan tangan yang baik atau terampil dalam kursif dan kaligrafi, maka catatan tulisan tangan dapat memberi jalan keluar untuk melatih hobi sambil juga mengerjakan usaha kreatif.

Kemudian, benda yang dibutuhkan untuk hal semacam ini pun hanyalah alat tulis sederhana dan selembar kertas, tetapi banyak orang juga memilih untuk bekerja dengan kertas mewah dan pulpen.



3. Menulis dengan tangan membantu menghindari gangguan

Salah satu yang bisa didapatkan dari manfaat ini ialah menulis bisa menghindari gangguan. Seperti apa? Teknologi pun bisa menjadi bagian yang sangat menyita waktu dan mengganggu kehidupan kita sebagai penulis.

Maka, menulis fiksi itu membutuhkan fokus dan menghilangkan gangguan merupakan hambatan bagi banyak penulis profesional.

Kemudian, jikalau menilik lebih dalam lagi bahwa menulis dengan tangan itu jauh dari yang namanya ponsel cerdas, tablet, atau komputer yang dapat membantu meningkatkan fokus pada penulisan dengan pena dan kertas, bukan dengan keyboard.

Dengan demikian, manfaat menulis dengan tangan ini bisa dikatakan banyak juga. Oleh karena itu, hal semacam ini jangan dianggap sebelah mata atau ketinggalan zaman.

Namun, manfaat-manfaat menulis dengan tangan itu mampu menghasilkan fokus, seni, dan sangat cocok untuk menghindari gangguan yang signifikan.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca