Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Inilah Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar dan Solusi yang Harus Dilakukan, Dijamin Anda pun Bisa Mengeceknya!

Inilah Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar dan Solusi yang Harus Dilakukan, Dijamin Anda pun Bisa Mengeceknya!
Ilustrasi | Pexels.com/Markus Spiske

Menjaga kebersihan kaca mobil pun bisa menjadi salah satu faktor terpenting dalam menciptakan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, dalam hal ini pun sangat dibutuhkan yang dinamakan air wiper untuk membantu semua itu.

Harus bisa dipahami bahwa fungsi air wiper pun sangat sederhana, yakni untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil. Kenapa harus ada air wiper? Ya, hal semacam ini dilakukan agar bisa membersihkan debu yang menempel pada kaca.

Sudah bisa diketahui bahwa kaca yang kotor pun akan bisa memunculkan masalah, yakni pandangan mata terganggu ketika berkendara. Nah, hal itu akan bisa berakibat fatal, yakni kecelakaan ketika berkendara.

Namun, air wiper pun bisa saja mengalami masalah jikalau semua itu tak dirawat, misalnya, air wiper macet atau tidak keluar yang bukan dikarenakan habisnya air wiper di dalam reservoir.

Kemudian, mungkin banyak orang juga yang bertanya-tanya, lantas apa saja penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan semacam itu? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan yang dikutip dari laman Daihatsu berikut:


1. Ada masalah pada selang penyalur air wiper

Nah, poin pertama yang harus diketahui bahwa air wiper pada mobil bisa saja tidak dapat keluar karena adanya permasalahan pada bagian selang penyalur air wiper.

Hal tersebut juga bisa terjadi dikarenakan adanya endapan kotoran di bagian selang, adanya kebocoran, ataupun selang tersebut terlepas dari tempatnya.



Maka dari itu, untuk mengatasi hal semacam ini Anda pun perlu mengecek bagian selang secara rutin. Kenapa harus seperti itu? Ya, tujuan utamanya ialah agar Anda mengetahui apakah selang terlepas ataupun tidak.

Jadi, Anda bisa segera menempatkan selang tersebut ke posisi semula dan Anda pun bisa membersihkan selang tersebut apabila sudah kotor. Kemudian, Anda juga bisa mengganti selang yang bocor itu dengan selang yang baru.


2. Motor penggerak air wiper bermasalah

Air wiper macet pun bisa diakibatkan karena adanya masalah pada bagian motor penggerak. Oleh karena itu, kondisi motor penggerak air wiper yang aus atau sudah mati itu tentu saja membuat air wiper mobil tidak keluar.

Dalam hal ini untuk mengetahui kondisi tersebut, maka Anda pun cukup mendengarkan suara mesin dari motor penggerak air wiper itu.

Kemudian, permasalahan ini bisa diketahui ketika Anda menekan tombol air wiper, tapi Anda tidak mendengar suara dengungan dari mesin maka hal itu bisa dipastikan bahwa motor penggerak air wiper mati atau aus.

Kerusakan semacam itu bisa terjadi karena usia motor penggerak air wiper yang sudah terlalu tua, ataupun karena disebabkan oleh bagian sekring dan sistem kelistrikan mobil yang bermasalah.

Maka, solusi awal yang bisa dilakukan dalam permasalahan ini ialah Anda bisa mengecek sumber kerusakannya. Oleh karena itu, permasalahan tersebut pun dapat Anda tangani dengan cepat dan tepat.


3. Sistem kelistrikan beserta komponennya bermasalah

Permasalahan semacam ini pun bisa membuat air wiper macet. Kemudian, adanya masalah pada sistem kelistrikan, dapat membuat mobil mengalami korsleting.

Oleh karena itu, kondisi tersebut pun dapat merusak komponen kelistrikan mobil, termasuk merusak motor penggerak air wiper yang tidak mendapatkan suplai aliran listrik.



4. Switch wiper rusak

Hal semacam ini ialah kelanjutannya dari bagian atas, yakni sekring yang rusak bisa mengakibatkan bagian switch wiper juga rusak.

Hal itu bisa diakibatkan karena aliran listrik tidak dapat dialirkan menuju ke motor penggerak air wiper. Maka secara otomatis, air wiper pun tidak dapat keluar.

Nah, untuk mengatasinya maka Anda pun bisa mengganti sekring yang rusak itu dengan sekring yang baru agar switch wiper ini berfungsi normal selalu.


5. Terdapat penyumbatan pada nozzle air wiper

Permasalahan ini harus diketahui bahwa bagian tangki dan selang air wiper yang terlalu kotor juga dapat menyebabkan penyumbatan pada nozzle air wiper.

Oleh karena itu, jika bagian tersebut tersumbat maka secara otomatis air wiper mobil tidak bisa keluar. Maka untuk mengatasinya, Anda juga harus rajin membersihkan bagian selang ataupun tangki air wiper.

Kemudian, cara yang lain ialah jika Anda tidak punya banyak waktu maka bisa dengan cara menusuk bagian lubang nozzle tersebut supaya air wiper bisa keluar.

Dengan demikian, menjaga fungsi air wiper itu sangat perlu dalam menciptakan kenyamanan ketika berkendara. Nah, sudah bisa diketahui bahwa dengan cara semacam ini Anda pun bisa mempraktikannya agar air wiper tersebut dapat berfungsi dengan normal selalu.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN