Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Apa Itu Body Repair? Ketahuilah Fungsi dan Tahapan-Tahapan yang Harus Dilakukannya, Cukup di Sini!

Apa Itu Body Repair? Ketahuilah Fungsi dan Tahapan-Tahapan yang Harus Dilakukannya, Cukup di Sini!
Ilustrasi | YouTube Wicklunds Carstar

Kerusakan pada mobil seperti tak bisa dihindarkan karena mungkin saja akan selalu terjadi. Ya, misalnya, kerusakan pada bodi mobil ataupun kerusakan berat lainnya.

Namun, dalam hal ini harus bisa diketahui bahwa fungsi body repair itu sangat diperlukan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada bodi mobil.

Kemudian, sudah bisa dilihat bahwa dalam pemakaiannya, mobil bisa mengalami berbagai kerusakan. Hal semacam itu pun tadi sudah disinggung di bagian atas, misalnya, kerusakan tergores atau baret, penyok, dan lainnya.


Body repair pada mobil itu apa, sih?

Mengutip dari laman Suzuki Armada bahwa body repair itu merupakan proses perbaikan untuk memulihkan kondisi bodi mobil, baik yang disebabkan oleh pemakaian sehari-hari maupun karena kecelakaan.

Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan yang berat maka berbagai metode penyambungan bisa jadi diperlukan untuk memperbaiki mobil Anda.


Fungsi body repair itu apa, sih?

Jika, menilik dari penjelasan body repair maka sudah jelas bahwa fungsinya adalah untuk memperbaiki kerusakan pada bodi mobil.



Kemudian, bisa dipahami juga bahwa dengan melakukan perbaikan tersebut maka mobil Anda pun akan kembali mulus seperti sedia kala.

Bahkan, hal semacam ini bisa terlihat ketika permukaan yang tadinya tergores atau penyok maka akan kembali lagi rata. Kemudian, cat pelapis pun akan ditambahkan untuk memberikan perlindungan yang lebih pada bodi mobil.

Maka dengan lapisan tersebut, mobil pun akan tampak mengkilap, warnanya akan lebih bagus, dan bisa menahan karat serta jamur.

Menilik lebih dalam lagi bahwa perbaikan dalam hal ini akan dilakukan sesuai dengan jenis kerusakannya, sehingga rincian proses dari setiap kasus pun bisa berbeda-beda, begitu pula dengan biayanya.


Proses apa saja yang termasuk bagian dari body repair?

Ada beberapa tahapan yang termasuk ke dalam proses untuk melakukan body repair. Kemudian, inilah beberapa tahapan yang bisa dilakukan ketika mau melakukan body repair, yakni sebagai berikut:

1. Tahap identifikasi

Poin utama yang bisa dilakukan ialah tahap identifikasi, sebab proses ini bisa menjadi salah satu jalan untuk mengetahui sejauh mana kerusakan yang terjadi pada bodi mobil.

Kemudian melalui tahapan ini, biasanya teknisi bengkel akan mengetahui jenis kerusakan yang terjadi. Selanjutnya, akan diketahui juga perbaikan apa saja yang harus dilakukan untuk memulihkan kondisinya.

Dalam tahapan ini juga setiap bagian yang rusak akan diberi tanda dan dicatat. Karena apa? Ya, supaya nantinya tidak terlewati ketika proses perbaikan itu sedang dilakukan. Setelahnya, barulah diberikan estimasi biaya yang diperlukan.

2. Tahap perbaikan dan pendempulan

Tahap ini adalah tahap lanjutan dari sebelumnya, maka di tahap perbaikan dan pendempulan ini bisa dikatakan bagian terpenting karena proses pengerjaan untuk memperbaiki bagian yang penyok pun dimulai.

Kemudian, bodi mobil juga akan dibersihkan dengan menggunakan amplas atau bisa disebut juga sebagai proses pengamplasan.



Setelah itu, bodi mobil pun akan masuk ke tahap pendempulan agar bagian yang rusak itu bisa kembali rata. Proses semacam itu pun bisa dilakukan secara berulang-ulang, tergantung dari tingkat kerusakannya.

Namun, jikalau bodi mobil sudah kembali rata maka tahap selanjutnya ialah masuk ke tahap pengecekan yang disesuaikan dengan keinginan/dasar awal cat bodi mobil itu sendiri.

3. Tahap finishing

Tahap ini bagian yang terakhir dari proses body repair. Dalam tahapan ini, ketika semua bagian yang rusak itu sudah diperbaiki maka selanjutnya akan diberikan cat pelapis yang disesuaikan dengan warna mobil.

Setelah itu, dilapisi juga dengan memakai clear coat, sehingga hal itu pun akan membuat tampilan mobil kembali mengkilap seperti sedia kala.

Dengan demikian, seperti itulah penjelasan tentang body repair yang umum dilakukan untuk memperbaiki bodi mobil. Kemudian yang harus diingat itu, yakni rincian proses perbaikan itu berbeda-beda.

Oleh karena itu, jika memang diperlukan maka sebaiknya pun Anda tidak menunda body repair pada mobil. Sebab dengan begitu, Anda pun bisa mencegah kerusakan yang lebih besar dan perjalanan juga akan tetap nyaman.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN