Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Tidak Hanya Manis, Inilah Segudang Manfaat Buah Salak yang Harus Diketahui! Apa Saja?

Tidak Hanya Manis, Inilah Segudang Manfaat Buah Salak yang Harus Diketahui! Apa Saja?
Buah Salak | Pixabay.com/InstagramFOTOGRAFIN

Buah salak menjadi salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia. Bahkan, ada juga mitos yang cukup populer terkait buah ini, yakni jika makan buah salak dengan kulit arinya maka bisa menyebabkan sembelit.

Kemudian, mitos tersebut cukup populer di Indonesia, padahal hingga kini pun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan klaim tersebut.

Bahkan, alih-alih bisa menyebabkan sembelit, justru buah salak tersebut bisa mencegah sembelit. Hal semacam itu pun memungkinkan karena buah salak ini merupakan sejenis palma yang buahnya bisa dimakan, termasuk bagian kulit arinya.

Adapun harus bisa diketahui juga bahwa buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk dinikmati. Kemudian, salah satunya ialah untuk melancarkan sistem pencernaan karena hal itu disebabkan oleh kandungan tanin dan seratnya yang sangat tinggi.

Menilik lebih dalam lagi bahwa kandungan serat dalam salak bisa membantu mempercepat proses pembuangan racun dan zat sisa dalam tubuh.

Sementara kandungan tanin di dalamnya bersifat antimikroba yang ampuh menjaga kesehatan pencernaan dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

Manfaat dari buah salak ini tidak hanya efektif mencegah sembelit saja! Akan tetapi, buah salak juga ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Kemudian, kandungan tersebut juga berguna untuk mencegah dampak buruk dari radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan menjaga tubuh dari infeksi bakteri.



Tidak hanya itu saja! Namun, masih banyak juga manfaat buah salak lainnya seperti yang dilansir dari laman Promag, yakni sebagai berikut:


1. Untuk menjaga kesehatan tulang

Harus bisa diketahui selain mengonsumsi makanan tinggi kalsium, menjaga kesehatan tulang pun bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin D, dan vitamin K.

Kemudian, harus bisa disyukuri bahwa kebetulan juga semua nutrisi tersebut sudah tersedia lengkap dalam buah salak. Namun, tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang saja!

Akan tetapi, nutrisi yang terkandung dalam buah salak pun bisa efektif untuk memperkuat otot dan sendi, meningkatkan fungsi saraf dan menjaga kekentalan darah.


2. Sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Seperti yang dituliskan oleh laman Promag bahwa penelitian yang dipublikasikan dalam Clinics in Dermatology menyebutkan, jika kandungan flavonoid pada buah salak bermanfaat untuk menjaga pigmentasi kulit.

Kemudian, hal itu bisa mejadikan kulit terlihat lebih cerah dan menangkal kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. Namun, tidak hanya itu saja! Sebab, kandungan vitamin C dalam buah salak pun bisa efektif untuk meningkatkan produksi kolagen.


3. Bagus untuk kesehatan jantung

Harus bisa diketahui juga bahwa buah salak pun mampu menjaga kesehatan jantung. Kemudian, hal ini disebabkan karena kandungan kalium, aktioksidan, dan mineral dalam buah salak efektif melancarkan sirkulasi darah.

Tidak hanya itu saja! Namun, salak pun mengandung beta karoten, sejenis antioksidan yang bertugas menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko stroke, dan menghambat pembentukan sel kanker dalam tubuh.



4. Melancarkan sirkulasi darah

Dalam hal ini harus bisa dipahami bahwa saling berkesinambungan dengan manfaat yang sudah dituliskan di bagian atas bahwa salak merupakan salah satu buah dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, selain menjaga kesehatan tulang, laman Promag pun menuliskan bahwa penelitian yang dilakukan University of California menyebutkan, jika zat besi dalam buah salak merupakan komponen penting dari hemoglobin.

Maka dari itu dengan rutin mengonsumsi salak, sel darah merah pun bisa menjadi lebih sehat, tubuh bisa terasa lebih berstamina, dan seluruh organ vital pun akan bekerja lebih maksimal lagi.


5. Sangat baik untuk program diet

Poin terakhir, kandungan serat yang terdapat dalam buah salak pun bisa digunakan untuk menjaga perut kenyang lebih lama sehingga sangat pas untuk program diet.

Tidak hanya itu! Kandungan kalsium dan karbohidrat pada salak pun berkhasiat untuk mendukung kebutuhan energi Anda selama menjalankan program diet.

Namun, harus bisa dipahami lagi secara mendalam agar manfaat buah salak ini lebih maksimal. Maka, Anda pun bisa menggunakan buah salak sebagai cemilan langsung, atau dimasukkan ke dalam campuran salad buah dan harus teratur mengonsumsinya.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN