Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Dijalankan, Ketahuilah Pengertian, Tujuan, dan Cara Mengimplementasikannya di Sini!

Pentingnya Pendidikan Karakter di Zaman ini, Ketahuilah Pengertian, Tujuan, dan Cara Mengimplementasikannya di Sini!
Ilustrasi | Pexels.com/RDNE Stock project

Pendidikan karakter menjadi salah satu pilihan yang harus dijalankan di zaman ini. Kenapa harus seperti itu? Sebab, pendidikan karakter pun bisa dijadikan kebiasaan untuk membawa dampak yang positif bagi para peserta didik.

Namun, hal semacam itu pun harus bisa didorong oleh guru dan lembaga pendidikan tersebut, karena kedua itu ialah sosok yang berperan besar dalam proses pendidikan karakter ini bisa terjadi.

Menilik lebih dalam lagi, mungkin sekarang ini masih banyak yang belum secara pasti mengerti tentang apa yang dimaksud pendidikan karakter itu seperti apa, sih?

Dikutip dari laman Binus School Semarang, pendidikan karakter adalah usaha untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik kepada peserta didik.

Hal semacam itu bisa menimbulkan harapan bahwa peserta didik mampu bersikap, bertindak sesuai dengan standar, dan nilai yang telah menjadi kepribadiannya tanpa goyah.

Kemudian, pendidikan karakter pun bisa diartikan sebagai pendidikan moral, watak, dan budi yang tujuannya untuk mengembangkan peserta didik dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.


Apa saja manfaat dari pendidikan karakter ini?

Harus bisa dipahami bahwa pendidikan karakter pun memiliki banyak manfaat yang berguna bagi peserta didik. Nah, hal itu bisa dimulai dari pendidikan tersebut, misalnya, mereka bisa memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang baik.



Pendidikan karakter ini pun mendapatkan respon juga dari para ahli yang mempunyai pemikiran bahwa kecerdasan emosional bisa membuat seorang anak menyelesaikan dan menghadapi berbagai tantangan dengan baik di masa depan.

Tidak hanya itu saja! Namun, pendidikan karakter pun membuat anak bisa menggunakan pengetahuan dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


Apa tujuan dari pendidikan karakter ini?

Dalam hal ini harus bisa menjadi sebuah pandangan bahwa pendidikan karakter pun mempunyai tujuan untuk membentuk pribadi yang baik, menjadikan seseorang warga negara yang baik, dan dapat diterima oleh lingkungan dengan baik.

Namun, tidak sampai situ saja! Pendidikan karakter juga mempunyai tujuan lain, yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik secara holistik sehingga menjadikan seseorang individu yang unggul secara intelektual maupun emosional.

Bahkan, tujuan lainnya ialah untuk meningkatkan mutu dari proses pendidikan sehingga bisa membentuk karakter atau akhlak yang mulia secara utuh, terpadu, dan seimbang.



Bagaimana cara mengimplementasikan pendidikan karakter ini?

Pada dasarnya, mengimplementasikan pendidikan karakter ini bisa melalui beberapa tahapan agar dapat disesuaikan dengan baik secara kejiwaan, mindset, dan nilai-nilai yang dianut sebelumnya.

Oleh karena itu, hal yang paling penting dalam proses ini ialah bisa dilakukan secara konsisten atau berkesinambungan. Maka dengan itu, akan bisa membentuk rasa dan cara pandang seseorang terhadap nilai dalam pembentukan karakter.

Dalam hal ini, peran orang tua pun harus bisa terlibat untuk bekerja sama dengan guru dan sekolah agar proses pembentukan karakter itu dapat berlangsung dengan baik.

Maka, orang tua pun harus bisa memperhatikan betul sekolah yang dipilih agar bisa melaksanakan amanat tersebut dengan tepat dan baik.

Dengan demikian, sekali lagi bawa pendidikan karakter bagi peserta didik itu sangat penting di zaman ini. Sebab, hal semacam itu bisa menjadi salah satu pegangan untuk menciptakan moral yang baik bagi para peserta didik tersebut.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN