Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Apa Perbedaan TV Digital dan Analog? Simak di Sini Jawabannya!

Apa Perbedaan TV Digital dan Analog? Simak di Sini Jawabannya!
Ilustrasi | Pexels.com/Nothing Ahead

Era digital semakin saja berjalan sehingga hal semacam itu bisa membuat manusia semakin terbantu. Salah satu contohnya itu terletak pada bidang komunikasi dan hiburan, yakni televisi digital. 

Kemudian, mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, televisi digital itu apa, sih? Mengutip dari laman Aqua Elektronik bahwa televisi digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital. 

Tidak hanya itu saja! Namun, TV digital pun memiliki atau memakai sistem kompresi untuk menayangkan siaran sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. 

Bahkan, modulasi yang ada di TV digital itu memiliki arti sebagai perubahan suatu gelombang periodic sehingga menjadikan suatu sinyal yang mampu membawa sebuah informasi. 


Bagaimana cara TV digital mendapatkan siaran atau sinyal frekuensi? 


Hal semacam itu harus bisa dipahami bahwa dengan proses modulasi, suatu informasi bisa dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa dan semua itu bisa berupa gelombang sinus berfrekuensi tinggi. 

Dalam hal itu, sudah bisa diketahui bahwa peralatan untuk melaksanakan proses modulasi TV digital itu disebut dengan modulator. 

Kemudian, peralatan untuk memperoleh informasi-informasi awal (kebalikan dari proses modulasi) itu disebut demodulator dan peralatan yang melaksanakan kedua proses tersebut disebut modem. 



Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa TV digital merupakan perangkat yang menggunakan sinyal lalu digunakan untuk menangkap siaran TV digital. 

Bahkan, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer. 


Apa saja kelebihan TV digital? 


Kelebihan TV digital bisa ditilik dari alatnya yang menggunakan penerimaan sinyal yang lebih baik jika dibandingkan dengan TV analog. 

Oleh karena itu, televisi digital pun memiliki beberapa kelebihan yang dilansir dari Aqua Elektronik, yakni sebagai berikut: 

  1. Kualitas gambar yang dihasilkan TV digital pun membuat siaran gambar lebih jernih dan dapat dinikmati untuk menonton acara televisi. 
  2. Mampu mengurangi efek doppler jika menerima siaran TV dalam kondisi bergerak. Oleh karena itu, hal ini kerap terjadi pada TV analog sehingga gambar memiliki bayangan pada layar. 
  3. Pengurangan terhadap efek noise. Maka, efek noise tersebut pun bisa direduksi jika menggunakan penerimaan sinyal digital. 
  4. Sinyal digital pun mempu menanpung banyak siaran dalam dari paket. Hal ini pun dikarenakan pemakaian bandwidth pada TV digital yang tidak sebesar TV analog. 

Kelebihan semacam itu bisa dinilai bahwa secara keseluruhannya, perbedaan TV digital dan analog ditentukan oleh receiver yang masing-masing digunakan oleh kedua jenis televisi tersebut. 

Maka, secara kualitas dan penyajian TV digital yang ditayangkan pun tentunya akan lebih unggul jika dibandingkan dengan TV analog. 


Perbedaan TV analog dan digital itu apa, sih? 


Perbedaan dari kedua ini ialah terletak pada cara bagaimana kedua jenis ini menerima dan meproses sinyal tersebut hingga menjadi sebuah tayangan televisi.

Kemudian, sinyal pada TV analog ditransmisikan melalui sinyal radio yang terbagi dalam format video dan audio. Setelahnya, sinyal video ditransmisikan dalam gelombang AM, sementara audio ditransmisikan dalam gelombang FM. 



Adapun pada TV digital itu menerima transmisi sinyal dalam bentuk format "bit" atau data informasi. Hal semacam itu pun serupa dengan cakram CD, DVD, dan Blu-ray. 

Oleh karena itu, semua data di sinyal TV digital itu dibawa sekaligus, seperti warna, gambar, dan suara (termasuk surround). 

Jika, menilik lebih dalam lagi bahwa semua itu layaknya teknologi digital, sebab sinyal TV digital pun diproses menggunakan kode binari 1 dan 0. 

Kode binari itulah yang kemudian diterjemahkan sebagai gambar dan suara. Namun, tidak hanya itu saja! Akan tetapi, perbedaan yang mencolok pun terlihat pada kualitas visual. 

Maka, kualitas visual TV analog dipengaruhi jarak pemancar, sedangkan kualitas visual TV digital tidak terpengaruhi jarak pemancar. 

Perbedaan yang terdapat dari kedua jenis ini tidak hanya itu saja! Namun, perbedaan berikutnya bisa terlihat dari sistem transmisi pancaran TV analog yang menggunakan pancaran dengan memodulasikan secara langsung pada pembawa frekuensi. 

Kemudian pada TV digital, data tidak langsung dimodulasikan, melainkan akan dikodekan ke bentuk digital terlebih dulu lalu dipancarkan. 

Bahkan, perbedaan lainnya pun bisa terlihat pada gangguan tayangan. Salah satunya pada TV analog masih akan mengalami gangguan tayangan berupa visual yang tidak jelas saat sinyal lemah. 

Sedangkan pada TV digital, gangguan pun bisa terjadi seperti hanya berupa tampilan tayangan satu warna dasar saja, tanpa disertai visual yang tidak jelas. 

Dengan demikian, sinyal TV digital pun bisa dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan TV analog. Oleh karena itu, hal semacam ini bisa menjadi gambaran bahwa sinyal TV digital dan analog itu mempunyai perbedaan yang mencolok untuk diketahuinya!(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN