Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

7 Cara Meningkatkan Kebahagiaan, Nomor 6 Harus Diketahui oleh Generasi Sekarang!

7 Cara Meningkatkan Kebahagiaan, Nomor 6 Harus Diketahui oleh Generasi Sekarang!
Ilustrasi | Pexels.com/Uriel Mont

Banyak hal yang mungkin saja sering ditanyakan oleh orang-orang tentang kebahagiaan! Bagaimana cara menciptakan kebahagiaan? Ataupun bagaimana cara meningkatkan kebahagiaan yang sesungguhnya?

Hal semacam itu juga mungkin sering menjadi problema bagi kebanyakan orang, karena menciptakan dan meningkatkan kebahagiaan itu kadang-kadang susah ataupun sangat susah bagi orang yang tak bersyukur.

Kemudian dalam hal ini, adapun cara-cara untuk meningkatkan kebahagiaan agar hidup bisa terarah dan menghasilkan senyum di saban harinya, yakni seperti yang dilansir dari laman Psychology Today sebagai berikut:


1. Harus mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda

Poin pertama yang menjadi sasaran ialah tingkatkan kepercayaan diri. Kemudian, maksud dari ini ialah meningkatkan kepercayaan diri sendiri itu bisa menjadi vaksin untuk meningkatkan kebahagiaan Anda.

Oleh karena itu, cara terbaiknya, yaitu dengan memulai membuat keterampilan yang lebih mudah—keterampilan seperti rasa syukur atau memprioritaskan menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan.


2. Menciptakan keseimbangan dalam menjalani kehidupan

Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kebahagiaan, misalnya, Anda bisa mengatur keseimbangan dalam hidup antara bekerja dan istirahat agar tak kelelahan dan sengsara ketika bekerja.



Bahkan, bisa juga dengan membangun keterampilan yang baru sehingga dapat membantu Anda menjadi lebih bahagia dalam waktu ke waktunya. Oleh karena itu, ada baiknya menciptakan keseimbangan itu sangat penting untuk kebahagiaan.


3. Mampu menciptakan kenangan positif

Harus bisa diketahui bahwa setiap wilayah di otak kita dapat diperkuat melalui latihan. Jika, otak kita benar-benar pandai mengingat hal-hal negatif yang terjadi, maka akan berguna untuk memperkuat bagian otak yang bertugas mengingat hal-hal positif.


4. Perhatikanlah hal-hal yang baik

Dalam hal ini, memperhatikan hal-hal yang baik itu memang terkadang sulit. Namun dengan memperhatikan hal-hal baik, maka Anda pun bisa mengatasinya menjadi lebih tangguh.

Kemudian ketika Anda menemukan yang baik, maka nikmatilah momennya dan bawalah bersama Anda untuk menjaga kebahagiaan yang sudah tercipta.


5. Menulis atau menggambar

Menggunakan imajinasi itu bisa menjadi cara untuk meningkatkan kebahagiaan. Kemudian, harus bisa dirasakan bahwa kadang otak pun sulit untuk membedakan antara hal-hal yang terjadi di kehidupan nyata.

Maka ketika Anda membayangkan sesuatu, otak Anda pun akan bertindak seolah-olah itu nyata. Oleh karena itu, kita pun dapat menggunakan imajinasi untuk membantu menciptakan kebahagiaan dan lebih menikmati pengalaman kita.


6. Beristirahatlah dari media sosial

Cara ini bisa dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan. Kemudian, bukti menunjukkan bahwa media sosial cenderung berdampak negatif pada kebahagiaan kita dan itu sangat berpengaruh untuk bisa melangkah ke depan.



Oleh karena itu, dengan memilih untuk berhenti sejenak dari media sosial—mengubah cara kita menggunakan media sosial—kita pun dapat meningkatkan kebahagiaan kita.


7. Temukan tujuan Anda

Terakhir ialah temukan tujuan Anda. Kemudian, maksud dari ini ialah kita semua ingin merasa bahwa kita telah memberikan dampak positif di dunia ini. Namun, terkadang kita pun tidak yakin dengan jenis dampak yang ingin kita berikan.

Maka, jelajahi dengan tepat apa yang memberi Anda tujuan dan bagaimana Anda ingin mencapai tujuan tersebut agar hidup dapat lebih bermakna lagi.


Dalam uraian poin-poin yang sudah dituliskan di atas maka bisa disimpulkan bahwa kebahagiaan itu diciptakan dari keinginan diri sendiri dulu, lalu harus mampu memperhatikan hal-hal yang ada di sekitar kita dengan baik.

Dengan demikian, kebahagiaan sesungguhnya itu ialah dapat ditemukan dengan cara-cara yang sederhana, seperti poin-poin yang sudah dituliskan di atas maka hal itu bisa untuk dilakukan oleh kita untuk meningkatkan kebahagiaan di saban harinya.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN