Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Rem Mobil Bunyi Berdecit? Inilah Biang Keroknya yang Harus Diketahui!

Rem Mobil Bunyi Berdecit? Inilah Biang Keroknya yang Harus Diketahui!
Ilustrasi | Pexels.com/Artem Podrez

Sistem rem menjadi salah satu bagian komponen kendaraan yang terpenting. Oleh karena itu, fungsi dari sistem rem ini pun harus bisa berjalan dengan sempurna agar kendaraan bisa aman saat dikendarai.

Namun, pernahkan Anda mendengar suara rem mobil berdecit ketika sedang mengendarai atau menaiki mobil? Mungkin, sebagian orang pernah mendengar hal semacam itu terjadi sehingga bisa mengganggu pendengaran.

Kemudian, jika hal tersebut terjadi secara berulang-ulang maka bisa saja akan memunculkan kekhawatiran dan takut. Oleh karena itu, Anda pun harus mengetahui apa penyebab rem bunyi berdecit.

Lantas, apa saja penyebabnnya? Melansir dari laman Daihatsu bahwa ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan mobil berdecit, yakni sebagai berikut:


1. Berkendara saat hujan

Penyebab yang bisa mudah diketahui ketika rem mobil Anda berdecit itu ialah hujan dan penjelasan lebih detailnya seperti ini:

Jika, Anda mengerem mobil saat melintasi genangan air atau jalanan yang terkena air hujan. Maka, kondisi ini tidak Anda sadari sehingga suara decitan itu muncul ke permukaan.



Padahal ketika hujan, aspal jalanan menjadi basah sehingga ban luar mobil menjadi licin. Namun, jika Anda mengerem maka akan terjadi gesekan antara aspal dengan ban mobil dan bagian cakram terkena percikan air hujan.

Maka, hal semacam itulah yang membuat rem mobil menjadi berdecit, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika Anda mengalami kondisi tersebut ketika hujan.


2. Kebocoran oli yang menetes ke bagian rem

Hal lain yang bisa menyebabkan rem berdecit itu ialah adanya kebocoran oli yang merembes ke bagian kampas rem dan cakram.

Oleh karena itu, rem mobil akan berdecit ketika Anda mengerem mobil. Namun, tidak hanya itu saja! Akan tetapi, kebocoran oli juga dapat mengganggu kinerja mesin mobil.


3. Ada kotoran yang menempel pada kampas rem

Adanya kotoran di kampas rem juga bisa menjadi penyebab rem mobil Anda berdecit. Oleh karena itu, banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada bagian permukaan dari kampas rem bisa menjadi salah satu masalah bagi sistem rem mobil.


4. Kampas rem sudah menipis

Biasanya, penggunaan mobil dengan jarak tempuh yang jauh pun akan mengurangi ketebalan kampas rem. Kemudian, kampas rem mobil yang sudah menipis akan mengganggu proses pengereman dan menimbulkan bunyi ketika rem diinjak.

Hal semacam itu pun bisa disebabkan karena bagian kampas rem dan cakram bergesekan terlalu keras dan kencang. Maka, alangkah lebih baiknya harus bisa selalu diperhatikan hal semacam ini.



5. Kualitas kampas rem sudah menurun

Poin selanjutnya yang bisa menyebabkan rem berdecit itu ialah kualitas kampas rem yang menurun. Kemudian, hal semacam ini bisa disebabkan oleh penggunaan kampas rem yang tidak sesuai standar pabrikan.

Kampas rem yang tidak sesuai standar maka bisa saja memiliki kualitas yang kurang baik, sehingga tidak jarang menimbulkan bunyi decit ketika mengerem mobil.


6. Terjadi kerusakan pada bagian piston rem mobil

Penyebab selanjutnya disebabkan oleh bagian rem yang aus atau mengalami kerusakan. Kemudian, hal tersebut bisa mengganggu kinerja rem sehingga rem mobil akan terasa lebih berat meski pedal rem sudah dilepas.


7. Pedal rem kurang diberi pelumas

Terakhir, rem berdecit itu bisa dikarenakan pedal rem kurang diberi pelumas. Maka, hal tersebut terjadi karena bagian dalam pedal rem dan bagian kabin bergesekan dengan keras.


Nah, itulah beberapa poin yang bisa menyebabkan rem mobil berdecit sehingga harus bisa diketahui oleh para pengguna.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN