Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Keindahan Bunga Matahari dan Manfaat yang Berada di Dalamnya, Nomor 1 Bisa untuk Kecantikan Juga Loh!

Keindahan Bunga Matahari dan Manfaat yang Berada di Dalamnya, Nomor 1 Bisa untuk Kecantikan Juga Loh!
Foto: Bunga Matahari | Facebook/Nayy

Keindahan bunga matahari bisa menjadi pemacu perasaan manusia dalam berkehidupan. Bahkan, tak jarang juga bunga ini menjadi tanaman hias yang menghiasi pekarangan rumah. 

Kemudian, menilik lebih dalam lagi bahwa bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. 

Bahkan, melansir dari laman Cyber Extension, bunga ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). 

Harus bisa diketahui lebih lanjut lagi bahwa bunga ini pun sebetulnya adalah bunga majemuk lalu tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. 

Kemudian, salah satu yang paling unik juga bahwa bunga matahari ini memiliki perilaku khas, yakni bunganya selalu menghadap atau condong ke arah matahari (heliotropisme). 

Namun, sifat semacam itu pun disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil. 

Selanjutnya, hal yang patut diketahui bunga matahari ini merupakan bunga nasional Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat. 


Bunga matahari itu apa, sih? 


Seperti yang dituliskan oleh Cyber Extension bahwa bunga matahari merupakan tumbuhan terna semusim yang berasal dari Amerika tropik bagian utara (Meksiko), tinggi 3 meter sampai 5 meter tergantung varietasnya. 



Kemudian, mempunyai daun lebar, batang pun biasanya ditumbuhi rambut kasar, tegak, jarang bercabang, dan bunga ini tersusun majemuk.

Menilik lebih dalam lagi bahwa bunga ini terdapat dua tipe: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, lalu satu lagi bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. 

Bunga tabung pun jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Kemudian, penyerbukannya pun terbuka atau silang dan dibantu oleh serangga. 

Hal semacam itu jadi menggambarkan bahwa pada hari yang cerah, tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan harian matahari yang gejalanya disebut heliotropisme. 

Selanjutnya, tumbuhan pun mendapatkan keuntungan 10% fotosintesis karena pergerakan ini. Kemudian, buahnya bertipe buah kurung (achene), lalu buah kurung berdinding agak keras dan tak terlalu tebal ini sering disangka biji bunga matahari. 

Namun, harus bisa diketahui bahwa biji yang sesungguhnya itu terletak di bagian dalam, terlindungi oleh buah yang serupa tempurung. 


Apa saja manfaat bunga matahari?


Manfaat dari bunga matahari ini bisa terngolong banyak, yakni sebagai berikut: 

1. Bisa dimanfaatkan untuk kecantikan 

Hal semacam ini tak lepas dari minyak bunga matahari yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dengan cara mengoleskannya di badan dan rambut. 

Bahkan, hal semacam ini pun sudah dilakukan sejak zaman dulu oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno. Kemudian, minyak dari bunga matahari ini diketahui mengandung vitamin dengan antioksidan yang tinggi. 

Oleh karena itu, bisa juga untuk menghambat radikal bebas yang bisa merusak sel kulit dan ada juga vitamin E yang dapat mencegah penuaan. 

2. Bisa dimanfaatkan untuk pertanian 

Dalam hal semacam ini, para petani pun biasanya mengolah daun-daun bunga matahari yang kering sebagai pupuk hijau guna menyuburkan tanaman. 



Bahkan, hal semacam itu tak hanya dilakukan tanpa alasan saja. Akan tetapi, tumbuhan ini diketahui mengandung kadar kalium yang sangat tinggi dan bisa merangsang pertumbuhan tanaman. 

3. Manfaat daun bunga matahari 

Manfaat daun bunga matahari pun selain bisa menjadi pupuk tanaman, daun atau kelopak bunga matahari ini banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak. 

Bahkan, hal semacam ini dilakukan juga di luar negeri dengan para petaninya mengolah daun bunga matahari untuk makanan burung. 

4. Bisa dimanfaatkan untuk kesehatan 

Manfaat yang terngolong tinggi itu ialah bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Kemudian, harus bisa dipahami bahwa bunga matahari ini memiliki dampak positif bagi kesehatan bila dikonsumsi. 

Bahkan, seperti yang dituliskan oleh Cyber Extension yang mengutip dari buku Hidup Sehat dengan Toga karya Lia Ernawati, rebusan bunga matahari juga bisa mengurangi keluhan dari sakit rematik dan juga keputihan. 

Kemudian, caranya seperti apa, sih? Caranya ialah dengan merebus kepala bunga matahari dan menempelkannya pada bagian yang sakit, sedangkan untuk keputihan bisa direbus dengan akar, daun beluntas, tapak liman, dan daun seribu segar.

5. Manfaat biji bunga matahari 

Salah satu yang penting atau pokok dalam bunga ini ialah biji. Maka, biji bunga matahari pun ternyata bisa diolah menjadi minyak, sebab sebesar 48% cangkang biji tersebut mengandung minyak yang bisa diolah dan dikonsumsi oleh manusia. 


Dengan demikian, bunga matahari pun mempunyai manfaat untuk kesehatan, pertanian, dan seperti yang sudah dituliskan di atas. Oleh karena itu, bunga ini tak hanya cantik saat dipandang saja. Akan tetapi, mempunyai manfaat yang lebih juga untuk bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN