Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

5 Tips Menyimpan Mie Mentah agar Tahan Lama dan Tidak Rusak, Dijamin Tetap Segar!

5 Tips Menyimpan Mie Mentah agar Tahan Lama dan Tidak Rusak, Dijamin Tetap Segar!
Foto: Mie Mentah | Instagram @giofood.id

Jika, melihat dalam peredaran di zaman sekarang bahwa mie masih saja menjadi primadona kebanyakan orang. Oleh karena itu, mie pun bisa dikatakan salah satu pengganti nasi untuk mengganjal perut yang sedang lapar. 

Kemudian, mie mentah pun adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai resep makanan. Bahkan, dalam penyimpanan mie pun ada cara-caranya agar tidak mudah rusak. 

Mungkin, banyak orang juga yang bertanya-tanya, kenapa mie mentah harus disimpan dengan benar? Mie mentah yang disimpan dengan benar dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak. 

Meskipun, menyimpan mie mentah tidaklah sulit, tapi bisa saja ada beberapa masalah yang sering terjadi saat menyimpan mie mentah itu sendiri. 

Selanjutnya, salah satu masalah yang sering terjadi ketika menyimpan mie itu adalah masalah kelembapan. Oleh karena itu, jika mie mentah disimpan dalam tempat terlalu lembap maka bisa saja memunculkan jamur pada mie mentah tersebut. 

Tidak hanya itu saja! Namun, jikalau mie mentah itu disimpan dalam wadah yang tidak kedap udara, maka udara luar yang masuk ke dalam wadah dapat menyebabkan mie mentah menjadi keras dan kering. 

Kemudian, masalah lainnya pun akan bermunculan, seperti masalah kebersihan tempat penyimpanan mie mentah. Sebab, jika tempat penyimpanan itu tidak bersih maka bisa menyebabkan kontaminasi dan membuat mie tidak aman untuk dikonsumsi. 



Dalam hal semacam itu, maka sangat penting untuk diingat bahwa memilih tempat penyimpanan yang tepat dan menjaga kelembapan serta kebersihan saat menyimpan mie mentah itu sangat penting. 

Bahkan, melansir dari laman Mie Dzohir bahwa inilah beberapa cara menyimpan mie mentah yang dapat membantu memperpanjang mie itu sendiri, yakni sebagai berikut: 

1. Simpan di tempat yang sejuk dan kering 

Poin pertama yang harus bisa diingat itu ialah dapat menyimpan mie di tempat yang sejuk dan kering untuk mencegah kelembapan yang dapat menyembabkan pertumbuhan jamur. 

Oleh karena itu, simpanlah mie mentah di dalam wadah kedap udara atau kantung plastik yang tertutup rapat. Kemudian, pastikan juga bahwa tempat penyimpanan mie mentah itu tidak terkena sinar matahari langsung. 

2. Simpan dalam wadah yang kedap udara 

Harus bisa diingat juga bahwa mie mentah itu sebaiknya disimpan dalam wadah yang kedap udara untuk mencegah kelembapan dan serangan serangga. 

Kemudian, gunakan juga wadah yang dapat ditutup rapat dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam wadah. Bahkan, bisa juga menggunakan wadah yang kedap udara untuk dapat membantu mempertahankan kelembapan yang diperlukan oleh mie mentah. 

3. Simpan di tempat yang bersih 

Pastikan juga bahwa tempat penyimpanan mie mentah itu bersih dan terjaga kebersihannya. Maka, bisa juga dengan cara bersihkan terlebih dahulu tempat penyimpanan mie mentah sebelum Anda pakai. 

Kemudian, hidari juga meletakkan mie mentah di tempat yang kotor atau berdebu karena dapat mengakibatkan kerusakan pada mie mentah. 



4. Simpan dalam jumlah yang cukup 

Poin ini juga bisa sebagai perhatian bahwa simpanlah mie mentah dalam jumlah yang cukup untuk penggunaan dalam waktu dekat. 

Maka, hindarilah menyimpan mie mentah dalam jangka waktu yang terlalu lama karena dapat membuat mie mentah menjadi kering dan keras. 

5. Gunakan kantong ziplock atau wadah kedap udara 

Salah satu yang harus diingat lagi ialah jika Anda ingin menyimpan mie mentah dalam jangka waktu yang lebih lama. Maka, gunakanlah kantong ziplock atau wadah kedap udara yang dapat membantu mempertahankan kelembapan. 

Menilik lebih dalam lagi dari poin-poin yang sudah dituliskan di bagian atas bahwa bisa ditarik kesimpulannya ialah menyimpan mie mentah itu tidaklah sulit. 

Namun, ada juga bagian penting yang harus diingat itu ialah menjaga kebersihan dan kelembapan mie mentah serta menyimpannya dalam tempat yang sejuk dan kering. 

Bahkan, dengan cara seperti itu bisa menyebabkan mie mentah Anda akan dapat bertahan lama dan tetap segar ketika digunakan dalam masakan yang diharapkan.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN