Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

4 Cara Mengatasi Noda Kontaminasi Besi pada Cat Mobil, Bisa Pakai Cairan Khusus, Loh!

4 Cara Mengatasi Noda Kontaminasi Besi pada Cat Mobil, Bisa Pakai Cairan Khusus, Loh!
Ilustrasi | Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Salah satu hal yang bisa mengganggu keindahan cat mobil itu ialah terdapat kotoran ataupun noda-noda kontaminasi besi. Oleh karena itu, menghadapi noda kontaminasi besi pada cat mobil itu pun harus bisa dilakukan dengan serius. 

Kemudian, harus bisa diketahui bahwa noda kontaminasi besi itu selain dapat merusak permukaan cat saja! Akan tetapi, noda besi pun memiliki dampak jangka panjang yang merugikan. 

Oleh karena itu, sangat penting juga bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat untuk membersihkannya. Kemudian, langkah-langkah untuk mengatasi noda kontaminasi besi pada cat mobil itu bagaimana, sih? 

Melansir dari laman Deltalube bahwa ada beberapa poin yang bisa dilakukan untuk mengatasi noda kontaminasi besi pada cat mobil dengan efektif, yakni sebagai berikut: 

1. Ketahui dulu sumber noda besinya

Noda besi pada cat mobil dapat berasal dari beberapa sumber, seperti kampas rem, polusi udara, dan polusi pabrik. Oleh karena itu, jika mobil sering digunakan di daerah perkotaan dengan lalu lintas padat maka akan terkontaminasi noda besi tersebut.

2. Kenali tanda-tanda noda besi 

Noda besi pada cat mobil, mungkin tidak terlihat dengan jelas pada pandangan pertama. Namun seiring waktu, noda besi ini akan sulit dibersihkan.


 

Kemudian, lebih parah lagi bahwa noda besi yang menempel pada permukaan cat dan terpapar sinar matahari akan meresap ke dalam lapisan pernis kendaraan. 

Maka dari itu, kita pun harus bisa menyadari bahwa adanya kontaminasi pada cat mobil. Maka, noda besi yang sudah meresap dapat membuat permukaan cat terasa kasar dan mengurangi kilau cat. 

Bahkan lebih buruk lagi, noda besi yang meresap secara mendalam pun bisa berpotensi untuk menyebabkan timbulnya karat pada panel mobil. 

3. Menggunakan bantuan iron remover 

Dalam hal semacam ini, maka harus bisa juga memanfaatkan cairan khusus yang disebut iron remover atau iron decontamination juga untuk bisa menghilangkan noda besi.

Kemudian, cairan ini pun dapat dibeli di toko-toko peralatan perawatan bodi mobil terdekat. Bahkan, penggunaanya pun cukup mudah. 

Namun, langkah pertama harus bisa memastikan juga bahwa keadaan mobil dalam keadaan bersih. Kemudian, semprotkan cairan iron remover ke seluruh bagian bodi mobil yang terkena noda. 

Dalam hal ini sangat penting juga untuk menjaga agar mobil berada di tempat yang teduh saat pengaplikasian cairan ini. Selanjutnya, cairan ini akan berubah menjadi warna biru keunguan sehingga menunjukkan bahwa noda besi mulai terangkat. 

Setelah semua proses itu maka bisa langsung membilas dengan air bersih hingga bersih dan jangan biarkan cairan iron remover mengering di permukaan mobil. 



Sedikit catatan juga bahwa dengan menggunakan iron remover secara teratur maka kita pun dapat menjaga cat mobil tetap bersih dan terbebas dari noda kontaminasi besi. 

4. Terapkanlah perawatan secara rutin 

Membersihkan noda besi itu harus dilakukan dengan rutin sehingga bisa selalu terjaga dari aspek kebersihan cat mobil itu sendiri. 

Oleh karena itu, lakukanlah pencucian mobil secara teratur dengan menggunakan shampoo mobil yang lembut dan spons yang tidak menyebabkan goresan pada permukaan cat. 

Namun, tidak hanya itu saja! Akan tetapi, lakukanlah pengaplikasian wax atau sealant juga untuk melindungi cat mobil dari noda dan kerusakan lainnya. 

Jika, ditarik kesimpulannya bahwa perawatan secara rutin pun sangat perlu. Kemudian, pastikan juga pembersihan secara teratur itu agar cat mobil tetap terjaga keindahannya. 

Dengan demikian, mobil pun bisa selalu terlihat bersih, terawat, dan terlindungi dari noda besi yang merusak. Maka, poin yang harus digarisbawahi ialah lakukanlah perawatan secara berutin untuk membersihkan noda-noda semacam ini.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN