Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Tips-Tips agar Percaya Diri ketika Presentasi di Kelas, Nomor 2 Harus Selalu Diingat!

Tips-Tips agar Percaya Diri ketika Presentasi di Kelas, Nomor 2 Harus Selalu Diingat!
Ilustrasi | Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hal yang bisa menjadi salah satu ketakutan itu ialah tidak punya rasa kepercayaan diri pada diri sendiri. Maka, hal itu bisa saja menciptakan kegagalan.

Kemudian, mungkin saja bagi para pelajar hal semacam itu sering terjadi ketika mau melakukan presentasi di kelas tentang apa pun. 

Maka, tak jarang juga para pelajar tak mampu melakukan presentasi dengan baik dikarenakan tidak punya rasa percaya diri yang tinggi. 

Harus bisa dimengerti bahwa sikap percaya diri itu harus dimiliki oleh setiap insan agar mampu mewujudkan semua impian. Bahkan, hal itu bisa saja menjadi suatu penolong di kala pikiran blank, rumit, dan lainnya. 

Mungkin juga banyak yang bertanya-tanya, bagaimana agar bisa melakukan presentasi yang baik di kelas? Atau bagaimana meningkatkan rasa percaya diri agar bisa melakukan presentasi yang baik? 

Nah, artikel ini pun akan membahas tips-tips agar bisa percaya diri saat melakukan presentasi di kelas. Kemudian, mengutip dari Instagram BK SMKN 3 Kuningan bahwa ada beberapa tips yang harus dilakukan, yakni sebagai berikut: 

1. Harus mampu berpikir positif 

Hal semacam ini bisa dilakukan dengan arti buanglah pikiran negatif yang membuat kita gugup, seperti merasa khawatir tentang bagaimana pandangan teman-teman atau guru saat kita melakukan presentasi di kelas. 



Harus bisa dipahami bahwa kekhawatiran itu datang dari pikiran kita sendiri. Oleh karena itu, alangkah indahnya buanglah pikiran itu dan berpikir positiflah agar presentasi kita lancar dan memuaskan. 

2. Memulai dengan berdoa 

Poin penting yang harus diingat itu ialah jangan lupa berdoa dulu sebelum memulai untuk meminta kelancaran saat melakukan presentasi. 

Sebab, dengan berdoalah perasaan gugup, grogi, dan nervous bisa teratasi sehingga mampu memunculkan rasa percaya yang tinggi. 

3. Perhatikan gestur atau sikap tubuh 

Sikap tubuh yang baik pun akan membantu kalian memunculkan rasa percaya diri ketika presentasi, seperti berdiri tegak, tapi santai juga. 

Kemudian, bisa juga sambil menggerakan tangan agar lebih percaya diri juga. Namun, sebaliknya jika sikap tubuh tidak baik maka akan menciptakan rasa negatif dan tidak percaya diri yang akan membuat kalian sulit presentasi di kelas. 

4. Santai 

Memang, ketika presentasi itu pasti akan memunculkan rasa berdebar di dalam dada. Oleh karena itu, harus bisa bersikap santai agar mampu melakukan presentasi dengan baik. 

Oleh karena itu, cobalah kalian untuk lebih santai dengan cara pejamkan mata dan tarik napas dalam-dalam secara perlahan-lahan, tahan sejenak lalu lepaskan perlahan-lahan. 

Kemudian, lakukan cara seperti itu secara berulang-ulang hingga kalian dapat merasakan oksigen mengalir ke seluruh tubuh dengan sempurna. 

5. Harus bisa menguasai bahan 

Sebelum melakukan presentasi maka alangkah lebih baiknya harus belajar terlebih dahulu agar mampu mengusai bahan yang akan dipresentasikan. 

Maka, tidak ada salahnya juga mempelajari materi yang terkait dengan tema presentasi. Sebab, hal semacam itu bertujuan supaya kalian bisa memaparkan secara baik tema yang mau dipresentasikan tersebut. 



6. Buang rasa takut 

Harus bisa dipahami bahwa cara mudah untuk berani menghadapi orang lain adalah dengan menatap lawan bicara, tapi santai. 

Menatap pun bisa berbeda dengan memandang! Dalam artian semacam ini, memandang biasanya kita memperhatikan lawan bicaranya, bagaimana mimik wajahnya. Namun, memandang pun boleh saja, asal jangan berlebihan. 

7. Jangan lupa untuk berlatih 

Berlatih pun menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kepercayaan diri kalian ketika presentasi. Oleh karena itu, teruslah berlatih untuk mempersiapkan diri agar lebih baik. 

Kemudian, ada hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika presentasi di kelas, yakni bisa juga berlatih dengan bantuan teman-teman kalian sebagai audiens.

Nah, seperti itulah tips-tips ketika mau presentasi di kelas agar tidak gugup dan bisa berjalan dengan lancar. Bahkan, hal semacam ini pun bisa saja menciptakan keindahan ketika berhasil mendapatkan nilai yang baik dan bagus.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN