Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Takut untuk Menulis? Inilah Tips-Tips bagi Penulis Pemula, Dijamin Mudah Dilakukan!

Takut untuk Menulis? Inilah Tips-Tips bagi Penulis Pemula, Dijamin Mudah Dilakukan!
Ilustrasi | Pexels.com/Ketut Subiyanto

Menulis bagi sebagian orang pun bisa untuk menghilangkan rasa galau atau sedih yang sedang melanda. Bahkan, menulis pun bisa menjadi salah satu terapi hati yang sedang kacau diterpa oleh badai kehidupan. 

Oleh karena itu, menulis pun banyak diambil oleh orang-orang untuk mencurahkan isi hatinya. Namun, harus bisa dipahami bahwa menulis yang baik pun ada cara-caranya dan tidak bisa berjalan dengan asal saja. 

Hal semacam ini bisa ditarik intinya bahwa menulis itu sangat bermanfaat untuk kehidupan. Kemudian, bagi beberapa penulis pun semua ini adalah hobi yang menyenangkan dan pelampiasan kreatif. 

Namun, mungkin saja akan berbeda dengan yang lainnya bahwa hal semacam ini adalah karir impian. Oleh karena itu, Anda pun bisa memulai dengan semua ini, tapi juga sedikit merasa takut sehingga bingung untuk memulai dari mana? Apa yang perlu dipelajari?

Ada hal hebat tentang menulis ini yang patut diketahui ialah bahwa di tahap mana pun Anda berada, maka Anda pun bisa terus mengembangkan keterampilan dan mengasah kemampuan dalam dunia tulis-menulis tersebut. 

Apa saja tips yang tepat untuk penulis pemula? Mengutip dari laman Daily Writing Tips bahwa tips yang tepat untuk penulis pemula itu, yakni sebagai berikut: 

1. Cobalah menulis dengan berbagai jenis tulisan 

Hal semacam ini bisa dipilih kalau ketika Anda baru memulai, sebab Anda pun mungkin tidak tahu apa yang ingin ditulis. Maka, langkah ini bisa dilakukan, yakni menulis dengan berbagai jenis tulisan. 



Sebagai seorang pemula maka Anda berada dalam posisi yang bagus untuk mencoba banyak jenis tulisan yang berbeda. Bahkan, hal semacam itu pun tak usah dianggap malu ketika mencoba menulis tulisan-tulisan yang baru dan berbeda. 

Jadi, cobalah Anda menulis berbagai genre dan gaya—Anda pun mungkin akan mengejutkan diri sendiri dengan apa yang Anda sukai. 

2. Perbanyak baca karya-karya penulis lain 

Hal semacam ini bisa dilakukan dengan membaca karya-karya orang lain yang telah terbit di media sosial, blog, media cetak, dan lainnya. 

Namun, harus bisa dipahami juga bahwa ada satu jebakan yang kadang-kadang dialami oleh penulis pemula, yakni mereka membaca dan membaca, lalu mencoba mempelajari semua yang perlu diketahui tentang menulis. 

Akan tetapi, mereka pun jadi tidak benar-benar ingin menulis. Maka dari itu, jangan terlalu asyik membaca; pastikan Anda pun menyisihkan waktu untuk mencoba latihan menulis. 

3. Terapkan untuk menulis secara teratur 

Menulis secara teratur pun bisa menjadi salah satu jalan untuk meminimalisir kehilangan momentum. Hal semacam ini pun bisa memakai jadwal yang sudah diniatkan, misalnya, jika Anda menyukai waktu malam untuk melatih menulis maka silakan lakukan dengan teratur di waktu malam tersebut. 

Kenapa hal semacam itu harus terjadi? Sebab, jika berminggu-minggu berlalu tanpa Anda menulis apa pun maka Anda akan kehilangan momentum untuk bisa menulis. 

4. Mulailah dengan proyek kecil 

Poin ini bisa menjadi vaksin untuk menulis karena sudah mempunyai niat, yakni menyelesaikan proyek kecil. Hal semacam ini pun bisa dilakukan dengan cara menulis, tapi belum bisa langsung untuk mampu meluncurkan novel. 



Oleh karena itu, proyek kecil atau pendek dalam hal ini ialah lebih baik untuk mengasah keterampilan menulis Anda pada proyek semacam cerita pendek, fiksimini, dan lainnya. 

5. Gunakanlah kata-kata yang jelas dan langsung 

Dalam hal semacam ini, mungkin penggemar sering ada yang menyukai kata-kata yang berat. Namun, Anda pun harus bisa menyadari bahwa kata-kata yang berat itu tak selalu bagus jikalau penerapannya tidak maksimal. 

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya menggunakan kata-kata yang jelas dan langsung masuk ke dalam hati para pembaca. Kenapa bisa seperti itu? Sebab, terkadang juga kata-kata yang tepat dan teknis adalah pilihan terbaik meskipun itu bukan yang paling sederhana. 

Satu lagi yang harus bisa diingat bahwa tak usah juga menggunakan frasa asing jikalau frasa lokal sudah mewakili. Sebab, proofreading dan editing sangat penting untuk menghasilkan prosa yang berkualitas.  

Nah, seperti itulah tips-tips yang bisa dilakukan oleh penulis pemula agar bisa berhasil dalam menciptakan karya yang indah untuk dibaca khalayak ramai. 

Dengan demikian, faktor utama dari semua itu ialah pemilihan kata per kata itu sangat penting jikalau sedang menulis, lalu bisa melakukan itu dengan proyek yang kecil dulu; cerita pendek; fiksimini; artikel pendek agar bisa terbiasa dan bisa masuk ke fase selanjutnya, yakni menulis yang panjang; novel.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca