Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Masih Takut untuk Menulis? Ketahuilah Segudang Manfaat yang Bisa Didapatkannya, Dijamin Hati Akan Lega!

Masih Takut untuk Menulis? Intiplah Segudang Manfaat yang Bisa Didapatkannya, Dijamin Hati Akan Lega!
Ilustrasi | Pexels.com/Andrew Neel

Menulis menjadi salah satu hal yang penting untuk menunjang kehidupan. Bahkan, menulis pun bisa menjadi suatu media untuk merekam daya pikir yang mungkin saja mudah lupa.

Kemudian, manfaat menulis pun sangat banyak, baik itu dilakukan pada media kertas maupun teknologi digital, seperti ponsel, laptop, komputer, dan semacamnya.

Dalam hal semacam ini harus bisa dipahami bahwa menulis di media apa pun itu bisa memberikan manfaat yang sama. Namun, mungkin saja yang membedakannya itu ialah jenis tulisannya.

Menilik lebih dalam lagi bahwa tulisan yang ditulis secara ekspresif pada media sosial bisa saja berisi curhatan dari isi hati atau tentang unek-unek suatu hal.

Namun dengan membuat tulisan seperti itu, mungkin saja bisa memunculkan rasa kepuasan tersendiri dan merasa lebih baik atau lega.

Bahkan, dalam hal semacam itu bisa memunculkan manfaat tersendiri dari efek menulis tersebut. Oleh karena itu, apa saja manfaat dari menulis itu, sih?

Sudah dituliskan di bagian atas juga bahwa manfaat menulis itu sangat banyak! Namun, di dalam sini pun akan mencoba untuk membahas mengenai manfaat menulis tersebut yang dilansir dari laman DJKN KEMENKEU, yakni sebagai berikut:

1. Menulis itu tempat yang baik untuk menuangkan ekspresi

Menulis dapat membantu Anda untuk meluapkan emosi yang sedang terjadi. Oleh karena itu, membuat tulisan ketika sedih, senang, galau, marah ataupun lainnya itu bisa sangat bagus jika dituliskan melalui media kertas maupun digital.



Jika, menilik lebih dalam lagi bahwa proses semacam itu percaya atau tidak bahwa bisa sangat manjur untuk menuangkan emosi Anda sehingga tidak ada yang terpendam.

Sudah bisa diketahui bahwa saat ini, media yang paling banyak digunakan menulis itu adalah lewat media sosial. Oleh karena itu, tidak perlu panjang lebar, asal sudah tersampaikan maka hati pun akan bisa lega.

2. Menulis itu tempat yang pas untuk meningkatkan kreativitas

Dalam suatu proses menulis pun otak Anda akan mencari ide-ide baru yang akan dituangkan pada tulisan. Maka, bisa saja hal semacam itu akan melatih otak kiri dan kanan Anda.

Kemudian, itulah yang akan membuat seorang penulis menjadi lebih kreatif dan membuka intuisinya karena otaknya selalu diajak untuk berfikir.

Efek selanjutnya yang bisa didapat pun ialah Anda akan lebih mahir mendapatkan solusi-solusi inovatif untuk masalah yang tampaknya sulit untuk diselesaikan.

3. Menulis itu bisa memperluas daya ingat

Poin ini yang harus selalu diingat bahwa saat proses membuat tulisan maka tidak hanya tangan dan mata saja yang bekerja. Akan tetapi, otak manusia pun ikut bekerja.

Dalam proses menulis itu otak bekerja mulai saat mencari ide tulisan, penyusunan kerangka tulisan, dan sampai tulisan tersebut selesai.

Oleh karena itu, jika sering digunakan maka otak pun dapat terus bekerja dan menerima informasi baru. Dengan begitu, efek selanjutnya ialah otak akan selalu aktif sehingga daya ingat juga akan tetap aktif.

Harus bisa diketahui juga bahwa otak manusia itu ibarat seperti otot yang perlu dilatih setiap saat agar tetap kuat. Maka, dengan sering menulis pun itu salah satu agar bisa terhindar dari penyakit pikun di usia muda.

4. Menulis itu bisa menjadi media pembelajaran yang baik

Manusia, tentu memerlukan wawasan pengetahuan. Oleh karena itu, seorang penulis pun harus bisa terus bertambah pengetahuan dan kecerdasannya sehingga pada akhirnya akan menentukan perilaku penulis.



Dalam hal semacam ini, orang-orang yang berpendidikan cenderung lebih terbuka dan penuh toleransi, lebih menghargai pendapat orang lain, dan tentu saja cenderung lebih rasional.

5. Menulis itu bisa menghasilkan uang

Tidak hanya melatih berbahasa yang baik dan benar saja! Akan tetapi, menulis pun ternyata bisa menghasilkan uang dan bisa menjadi suatu profesi yang menjanjikan.

Bahkan, sudah banyak profesi yang basik utamanya adalah seorang penulis, seperti blogger, content writer, copywriter, UX writer, penulis naskah, penerjemah, jurnalis, dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan yang bisa didapat dari hal semacam ini ialah menulis itu banyak manfaatnya untuk menunjang kehidupan. Bahkan, hal yang terbesar dari menulis itu bisa berefek juga kepada perubahan diri seseorang.

Maka, efek yang bisa didapatkan dari tulisan baik pun akan banyak; merubah kehidupan; merubah pandangan; merubah pemikiran. Bahkan, salah satu poin penting yang harus diingat itu ialah menulis adalah terapi hati dan kehidupan.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca