Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Langkah-Langkah Memperbaiki Kesehatan Mental untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pikiran dan Perasaan!

Langkah-langkah Memperbaiki Kesehatan Mental untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pikiran dan Perasaan!
Ilustrasi | Pexels.com/cottonbro studio

Dalam kehidupan ini, tentu ada yang penting, yakni kesehatan mental. Oleh karena itu, kesehatan mental ini harus bisa dijaga agar kehidupan bisa baik-baik saja.

Bila ditelaah lebih lanjut bahwa kesehatan mental adalah aspek penting dalam hidup kita yang memengaruhi bagaimana berpikir, merasa, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. 

Oleh karena itu, memperbaiki kesehatan mental pun adalah perjalanan yang melibatkan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kesejahteraan pikiran dan perasaan kita. 

Mungkin, banyak orang-orang juga yang bertanya-tanya, bagaimana cara atau langkah-langkah untuk merawat atau memperbaiki kesehatan mental itu, sih? Kemudian, dirangkum dari berbagai sumber, yakni sebagai berikut: 

1. Membangun dukungan sosial 

Dalam hal ini bisa diartikan bahwa mendapatkan dukungan sosial yang baik dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental Anda. 

Kemudian, bisa dimulai dengan langkah carilah orang-orang di sekitar Anda yang dapat dipercaya dan berbagai perasaan atau masalah yang Anda hadapi. 



Hal semacam itu, bisa saja teman, anggota keluarga, atau bahkan seseorang profesional kesehatan mental. Bahkan, bisa juga melibatkan diri dalam komunitas atau kelompok dengan minat yang sama juga dapat memberikan rasa koneksi. 

2. Harus bisa menjaga keseimbangan hidup 

Keseimbangan hidup antara pekerjaan, waktu luang, istirahat, dan kegiatan yang menyenangkan itu sangat penting untuk kesehatan mental yang baik. 

Oleh karena itu, harus bisa mengupayakan untuk mengatur jadwal harian Anda sehingga ada waktu yang cukup untuk istirahat, tidur yang cukup, makan makanan bergizi, dan melibatkan diri dalam aktivitas fisik yang menyenangkan. 

Tak hanya itu saja! Namun, harus bisa menghindari kelelahan dan stres berlebihan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental Anda. 

3. Olahraga dan aktivitas fisik 

Harus bisa diingat bahwa aktivitas fisik tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. 

Kemudian, melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan energi. 

Dalam poin ini bisa dengan cara memilih aktivitas yang Anda nikmati, seperti berjalan, berlari, berenang, dan usahakan untuk melakukannya beberapa kali dalam seminggu. 



4. Praktikkan teknik relaksasi 

Teknik relaksasi, seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga atau mempratikkan hobi yang menyenangkan pun dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. 

Kesimpulan dari semua ini ialah meningkatkan kesehatan mental pun bisa berdampak atau dilakukan dengan komitmen jangka panjang untuk merawat dan memperbaiki pikiran serta perasaan kita. 

Harus bisa diingat juga bahwa setiap orang pun memiliki perjalanan yang unik dan pengalaman yang berbeda dalam mengatasi tantangan kesehatan mental. 

Bahkan, sangat penting juga untuk menghormati dan menghargai proses Anda sendiri. Kemudian, jikalau Anda merasa kesehatan mental itu sedang terganggu maka jangan sungkan untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental yang berkualitas.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca