Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Ingin Menjadi Penulis Sukses di Era Digital? Inilah 5 Keterampilan yang Patut Dimiliki!

Ingin Menjadi Penulis Sukses di Era Digital? Inilah 5 Keterampilan yang Patut Dimiliki!
Ilustrasi | Pexels.com/Vlada Karpovich

Zaman sekarang, menulis di era digital mungkin menjadi salah satu fenomena yang bisa terlihat. Bahkan, mungkin banyak orang juga yang ingin menjadi seorang penulis sukses di era digital ini. 

Namun, harus bisa dipahami bahwa menjadi penulis sukses di era digital, bukan hanya soal menulis saja. Akan tetapi, pada dasarnya hampir sama seperti musisi yang harus menjadi manajer dalam pemasarannya. 

Dalam hal semacam itu maka harus bisa diperhatikan bahwa di era digital ini tak cukup bahwa hanya pintar menulis saja. Akan tetapi, harus dibarengi dengan sistem pemasaran yang mantap dan sesuai sasaran. 

Bahkan, hal itu bisa berperan juga sebagai pengusaha tulisan—penulis harus melakukan lebih dari sekadar menulis saja (menjual) sehingga bisa menjadi penulis sukses di era digital ini. 

Menilik lebih dalam lagi bahwa penulis pun harus mempunyai keterampilan yang memadai untuk bisa menjadi penulis sukses di era digital. Kemudian, keterampilan apa saja yang harus dimiliki itu, sih? 

Mengutip dari laman Inc. bahwa berikut inilah keterampilan yang perlu Anda praktikkan jika ingin menjadi penulis sukses di era digital: 

1. Biasakan untuk menulis 

Poin ini bisa menjadi yang terpenting karena membiasakan menulis itu adalah cara yang lebih sederhana untuk dilakukannya. 

Hal ini seperti yang dikatakan orang-orang bahwa jika ingin menjadi pelukis maka harus sering melukis. Kemudian, hal semacam ini pun bisa dikatakan seberapa besar Anda menginginkan menjadi penulis yang sukses itu. 



2. Seni personal branding 

Harus bisa diingat bahwa orang tidak membeli tulisan, tapi mereka pun membeli Anda dalam artian menyukai Anda. Oleh karena itu, di era digital ini satu-satunya hal paling berharga yang bisa diciptakan itu ialah personal branding (merek). 

Oleh karena itu, poin ini bisa ditelaah lebih dalam lagi bahwa Anda pun bisa menjadi pembuat kata yang paling luar biasa di dunia, tapi tidak punya pembaca maka itu akan menjadi sia-sia. 

Kemudian, untuk mempertahankan jikalau sudah mendapatkan perhatian orang, Anda pun harus memberi mereka sesuatu yang membuat mereka tak ingin pindah ke lain hati. 

3. Memiliki rasa percaya diri untuk praktik di depan umum 

Maksud dari poin ini ialah harus sering berpraktik untuk mengirimkan atau menerbitkan tulisan di depan umum; internet; media sosial. 

Maka, hal semacam itu pun bisa menjadi salah satu latihan untuk menerima umpan balik dari pembaca dan harus bisa dipahami bahwa jangan pernah merasa dihakimi kalau mendapatkan komentar negatif. 

4. Memiliki rasa rendah hati untuk bisa memotong apa yang tidak penting untuk pembaca 

Dalam hal semacam ini biasanya terjadi untuk penulisan atau deskripsi yang berbelit-belit. Oleh karena itu, maksud dari poin ini ialah alangkah lebih baiknya bisa efektif dan langsung masuk kepada intinya. 



Kemudian, harus bisa dipahami juga bahwa bagian dari menulis di era digital ini berarti memahami audiens Anda. Maka dari itu, jangan membuat pembaca merasa bosan dan tidak ingin membaca lagi cerita yang ditulis oleh Anda itu. 

Bahkan, bisa dilihat dari paragraf per paragrafnya bahwa deskripsi statis banyak diminta pembaca saat ini dan banyak juga penulis yang gagal karena menolak untuk menyesuaikan itu. 

5. Bersedia untuk menjadi seniman dan pengusaha 

Spesialisasi ganda ini mungkin merupakan keterampilan yang paling sulit diperoleh oleh seorang seniman. Sebab, mereka pun adalah dua kekuatan yang berlawanan dan sangat berbeda. 

Dalam hal semacam ini sudah bisa digambarkan bahwa seniman ialah ingin mengekspresikan diri lewat tulisan yang terasa paling jujur. 

Kemudian, sebagai seorang pengusaha pun Anda bisa saja untuk selalu mencari yang terbaik dalam kinerjanya, beresonansi dengan pembaca, dan akhirnya menjual. 

Dalam semua poin yang telah dituliskan di bagian atas maka harus bisa dipahami dan dimengerti! Namun, salah satu lagi yang harus bisa diingat itu ialah jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan dalam bidang tulis-menulis tersebut.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN