Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Cara Aman dan Waktu Idealnya Tangki Bahan Bakar Harus Dikuras, Simak Selengkapnya!

Cara Aman dan Waktu Idealnya Tangki BBM Harus Dikuras, Simak Selengkapnya!
Ilustrasi | Pexels.com/Engin Akyurt

Mungkin, masih banyak pemilik mobil yang menganggap menguras tangki bahan bakar itu adalah hal sepele. Namun, hal semacam itu bisa dipastikan karena pemilik mobil hanya fokus pada komponen umum yang diperhatikannya. 

Oleh karena itu, tangki bahan bakar kerap dilupakan kondisinya sehingga masalah yang mungkin tadinya tidak diduga oleh pemilik mobil pun bisa bermunculan dengan sendirinya. 

Dalam hal semacam ini, pemilik mobil pun harus dipastikan agar selalu memperhatikan kondisi tangki bahan bakar. Sebab, karena apa? Sebab, biasanya masalah yang timbul itu ada juga pada saluran bahan bakar minyak (BBM) mobil. 

Harus bisa diketahui bahwa manfaat dari menguras tangki BBM pun sangat banyak, salah satunya ialah agar tidak ada kotoran yang berpotensi menyumbat pasokan bahan bakar ke mesin. 


Kapan waktu idealnya tangki BBM itu harus dikuras? 

Menurut laman Deltalube bahwa kualitas bahan bakar yang digunakan juga memengaruhi interval waktu dalam menguras tangki. Oleh karena itu, bahan bakar dengan oktan rendah memiliki kandungan sulfur yang tinggi. 

Maka dari itu, oktan yang rendah bisa menyebabkan filter cepat kotor sehingga memungkinkan juga sulfur yang mengendap itu bisa berubah menjadi kotoran dan lumpur. 

Dalam hal semacam itulah kotoran tersebut bisa menghambat pasokan bahan bakar ke injector. 



Kemudian, manfaat menguras tangki itu bisa berfungsi sebagai membersihkan endapan agar tidak terhisap. Sebab, bila sudah terjadi penyumbatan maka pasokan bahan bakar pun tersendat dan ruang bakar bisa bermasalah. 

Namun, ada juga angka yang disarankan untuk menguras tangki bahan bakar, yakni 50.000 kilometer. Kemudian, setelah menguras tangki bahan bakar itu ada baiknya jalur bahan bakar juga ikut dibersihkan agar hasilnya bisa maksimal. 


Bagaimana cara menguras tangki BBM dengan aman dan mudah?

Dalam hal semacam ini, tentu terdapat berbagai metode yang bisa dicoba dan mungkin saja bisa membantu para pemilik mobil untuk menguras tangki bahan bakar dengan aman dan mudah. 

Kemudian, beberapa metode ini dikutip dari laman Auto 2000 pada Rabu, 7 Juni 2023, yakni sebagai berikut: 

1. Apabila memungkinkan, gunakan mobil sampai bensinnya hampir habis 

Hal semacam itu bisa menjadi langkah pertama sehingga mampu untuk memudahkan ketika mau mengurasnya. Kemudian, jangan lupa juga parkirkan mobil dan biarkan mesinnya dingin sebelum mulai mengurasnya. 

Adapun langkah ini bisa menjadi strategi untuk mengurangi jumlah pemompaan dan pengurasan yang harus dilakukan dan menyisakan lebih sedikit bensin untuk disimpan atau dibuang. 

2. Pakai sistem penyedot bahan bakar 

Alat semacam ini pun biasanya dijual di kebanyakan toko suku cadang mobil, lalu penyedot ini merupakan pompa bahan bakar mobil yang dioperasikan secara manual dengan cara menyedot bensin dari mobil ke dalam sebuah wadah. 

Namun, pastikan juga untuk membeli penyedot yang cocok digunakan untuk bahan-bahan yang mudah terbakar, sebab percikan api apa pun di dekat tangki bensin itu bisa menyebabkan bencana. 

3. Masukan selang ke dalam tangki bensin hingga tersisa sekitar 30-60 sentimeter dari pompa 

Nah, bagian ini pun bisa merupakan bagian tersulit dari keseluruhan proses. Kenapa bisa begitu? Sebab, mobil yang lebih baru, biasanya memiliki bola pelindung logam atau layar yang mencegah bensin keluar dari tangki apabila terjadi kecelakaan. 

Oleh karena itu, untuk mobil yang lebih tua sudah seharusnya selang tersebut bisa dimasukkan ke tangki tanpa halangan.

Adapun strategi yang bisa dilakukan untuk model mobil yang baru, yakni sebagai berikut: 

  • Siapkan selang terpisah yang lebih kecil, kaku, dan tidak mudah berbelit. 
  • Paksa selang tersebut untuk masuk hingga mengenai penghalang, lalu putar, dorong, dan paksa selang masuk mengitari bola logam yang menghalangi tempat masuk ke tangki. Namun, kalau langkah tersebut masih gagal maka jangan pernah untuk dilanjutkan lagi karena dapat menyebabkan kebocoran tabung pengisi atau kerusakan lainnya. 
  • Ambil selang yang lebih besar yang tersambung ke pompa bahan bakar lalu selipkan melalui selang yang lebih kecil. 

4. Pompa hingga bensinnya keluar 

Dalam langkah ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan! Pertama, saat memompanya maka pastikan sudah menyiapkan wadah untuk menampung bensin. 

Kedua, pegang ujung selang karena dapat bergerak ketika bensin mulai mengalir. Kemudian, apabila tidak memiliki pompa, tapi memiliki selang cadangan maka masukan juga selang tersebut. 



Selanjutnya, tiup selang cadangan untuk mendorong udara ke dalam tangki yang akan memaksa bensin keluar dari selang yang lain. 

5. Keluarkan selang dan isi kembali tangki 

Langkah ini bisa menjadi lanjutan dari sebelumnya karena tangki sudah kosong maka siap juga untuk dilanjutkan dalam menyervisnya. 

Kemudian, apabila menangani kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel yang berisi bahan bakar yang tidak sesuai. Maka, mungkin juga untuk perlu membilas tangki dan sistem bahan bakar dengan bahan bakar yang seharusnya. 

6. Gunakan kembali bensin atau sebaliknya 

Langkah ini bisa gunakan, apabila bensin belum terlalu lama atau masih bisa digunakan maka bisa juga untuk diisikan kembali ke dalam tangki BBM mobil. 

Namun, harus bisa diingat bahwa BBM itu merupakan cairan yang sangat mudah terbakar. Maka, sebaiknya melakukan langkah ini pun harus didampingi orang lain yang mungkin sudah pernah melakukannya. 

Nah, seperti itulah metode atau cara dan waktu idealnya tangki bahan bakar itu harus dikuras. Maka dari itu, para pemilik kendaraan, khususnya mobil harus bisa memperhatikan hal semacam ini!(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca