Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Anda Ingin Menjadi Penulis Sukses? Simaklah Karakter yang Harus Dimilikinya!

Anda Ingin Menjadi Penulis Sukses? Simaklah Karakter yang Harus Dimilikinya!
Ilustrasi | Pexels.com/Vlada Karpovich

Mungkin, banyak orang yang ingin menjadi penulis terkenal. Namun, tak mempunyai karakter yang menempel dalam tubuhnya. 

Bahkan, hal semacam itu bisa saja menciptakan angan-angan semata saja. Sebab, perjalanan menjadi penulis pun harus bisa didukung dengan yang namanya karakter. 

Sudah bisa diketahui bahwa seseorang yang tidak mempunyai karakter maka akan kesulitan dalam bidang apa pun. Nah, hal semacam itu pun bisa terjadi pada segi penulis ini. 

Kemudian, harus bisa dipahami bahwa karakter pun bisa berarti sebuah gambaran yang dimiliki oleh manusia untuk menunjang keberhasilan dalam hidupnya. 

Bahkan, mempunyai karakter ketika ingin menjadi penulis itu sangat penting! Kemudian, karakter apa saja yang harus dimiliki oleh seorang penulis agar bisa sukses? 

Mengutip dari laman Bagian Kepegawaian UMA bahwa ada beberapa juga karakter yang patut menempel pada diri seorang penulis, yakni sebagai berikut: 

1. Mempunyai rasa peduli terhadap orang lain 

Hal semacam ini bisa saja menjadi salah satu keharusan, karena seorang penulis pun akan membagikan pengetahuannya dalam bentuk tulisan dan semua itu bisa saja dikarenakan ingin memperbaiki kehidupan orang lain. 



Oleh karena itu, membuat tulisan dalam segi ini pun harus terus berupaya memahami kebutuhan dan kesulitan orang lain, agar dapat memberikan informasi yang akurat demi kepentingan orang lain. 

2. Mempunyai sikap kritis 

Seorang penulis pun selalu mengajukan pertanyaan kepada orang lain. Bahkan, pertanyaan itu bisa pada dirinya sendiri untuk selalu berupaya mencari tahu alasan di balik setiap pernyataan, kejadian ataupun tindakan. 

3. Mempunyai rasa yang peka 

Seorang penulis pun harus mempunyai sikap yang peka terhadap apa pun; lingkungan; percintaan. Sebab, kepekaannya itu dapat memunculkan ide untuk dituliskan lewat rangkaian kata yang indah. 

Oleh karena itu, saat seorang penulis gagal untuk mempelajari berbagai karakter manusia. Maka, penulis pun tidak akan bisa memotret sebuah karakter dalam tulisannya dengan baik dan wajar. 

4. Harus memiliki imajinasi yang tinggi 

Daya imajinasi dalam hal semacam ini bisa ditumbuhkan melalui buku, film, gambar, orang, dan tempat tertentu. Hal semacam ini sangat dibutuhkan dalam menuliskan apa pun; fiksi maupun nonfiksi. 

5. Suka membaca 

Seorang penulis yang sukses maka berawal dari suka membaca, baik itu membaca novel, artikel, berita, buku, majalah, dan lainnya. 

Oleh karena itu, penulis pun harus dapat membaca situasi, keadaan ataupun apa saja yang terlihat di depan matanya. Kemudian, hal itu bisa saja dituliskan lewat kata-kata yang indah untuk dinikmati banyak orang. 

6. Harus bisa menerima kritikan 

Seorang penulis pun harus dapat menerima kritikan. Sebab, harus bisa diakui bahwa tidak semua buku disukai maka semua ini bisa berarti tidak semua orang akan menyukai tulisan. 



7. Mempunyai sikap pengamat 

Sikap pengamat pun sangat diperlukan dalam diri seorang penulis, sebab pengamat yang terampil itu bisa memunculkan ide untuk ditulis. 

Kemudian, penulis pun harus memperhatikan secara detail tentang suatu hal sehingga dapat menemukan hal lainnya lagi dan lagi. 

8. Mempunyai rasa disiplin tinggi 

Hal penting dalam seorang penulis harus mempunyai rasa disiplin tinggi. Oleh karena itu, hal semacam ini tidak bisa disimpangkan, tidak dapat menyelesaikan tulisannya, mudah menjadi bosan, dan selalu membuat alasan untuk tidak duduk serta berkonsenterasi. 

Maka, hal semacam itu tidak boleh terjadi pada diri seorang penulis. Sebab, penulis yang sukses maka mempunyai rasa disiplin diri. 

Nah, beberapa karakter tersebut yang harus dimiliki oleh seorang penulis agar bisa sukses dan terkenal. Sebab, karakter itu bisa menjadi hal yang terpenting dalam apa pun. Kemudian, karakter pun bisa mendukung dalam menjalani kehidupan seorang penulis untuk ke depannya.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca