Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Tips dan Trik Cara Merawat Cat Bodi Mobil, Dijamin Mengkilap Selalu!

Tips dan Trik Cara Merawat Cat Bodi Mobil, Dijamin Mengkilap Selalu!
Ilustrasi | Pexels.com/Mahesh Reddy

Perawatan mobil itu tak hanya berkutat pada mesin saja! Akan tetapi, menjaga cat mobil agar mengkilap dan tahan lama pun bisa dikatakan sangat penting. 

Dalam hal semacam itu bisa diprediksi bahwa tampilan yang bagus bisa menambah nilai estetika untuk mobil itu sendiri. Oleh karena itu, salah satu yang bisa memengaruhi penampilan itu tidak lain lagi ialah cat mobil. 

Namun, harus bisa diketahui bahwa cat mobil pun memerlukan perawatan agar tetap mengkilap dan tahan lama. Maka dari itu, perawatan yang benar pun harus bisa dilakukan supaya mobil bisa tetap mengkilap dan enak dipandang selalu. 

Kemudian, apa saja tips dan trik menjaga cat mobil agar mengkilap? Dikutip dari laman My Pertamina bahwa seperti inilah tips menjaga cat mobil agar mengkilap, yakni sebagai berikut: 


1. Parkir mobil di tempat teduh 

Langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga agar mobil tetap mengkilap adalah dengan parkir mobil di tempat yang teduh. Kenapa harus seperti itu? 

Tujuan utama dari langkah ini ialah supaya mobil tidak terkena sinar matahari secara berlebihan. Sebab, jika terkena sinar matahari secara langsung terus-menerus maka akan berdampak cat mobil itu dapat memudar. 

Tidak hanya itu saja! Namun selain sinar matahari, terdapat juga sinar ultraviolet yang bisa mengubah komposisi warna di cat mobil. 



Kemudian, hal semacam ini harus bisa diingat bahwa saat sedang berhenti maka carilah tempat parkir yang teduh untuk memarkir mobil lebih lama. 

Namun, bisa juga melakukan langkah selanjutnya, yakni jikalau tidak ada tempat yang teduh maka bisa juga menggunakan sarung mobil atau penutup mobil agar tidak terkena sinar matahari langsung. 

2. Gunakan sabun khusus ketika mencuci mobil 

Dalam hal semacam ini biasanya pemilik mobil, mencuci mobilnya menggunakan sabun colek, deterjen atau sabun cuci piring yang tidak jelas mereknya. 

Kemudian, hal semacam itu pun dapat memengaruhi cat mobil sehingga warnanya kusam dan memudar. Oleh karena itu, menggunakan sabun yang tidak jelas mereknya pun bisa menyebabkan mobil menjadi belang atau tidak merata. 

Dengan demikian, sangat disarankan menggunakan sabun khusus untuk mencuci mobil. Sebab, sabun khusus untuk cuci mobil itu mengandung bahan-bahan yang secara khusus dibuat untuk merawat cat mobil. 

Kemudian, sangat disarankan untuk mencuci mobil minimal seminggu sekali jika musim panas dan seminggu dua kali jika musim hujan. 

3. Gunakan kain yang halus saat bersihkan mobil 

Langkah yang bisa dilakukan ialah gunakan kain halus ketika membersihkan bagian luar mobil. Kemudian, hal semacam ini minimal bisa menggunakan kain yang banyak beredar di pasaran seperti kanebo. 

Selanjutnya, hindari pemakaian kain yang asal seperti potongan bekas baju atau bekas handuk karena benda-benda tersebut tidak didesain untuk membersihkan bagian luar mobil. 

4. Bersihkan bagian bodi mobil dengan teratur 

Bagian ini bisa menjadi yang terpenting! Namun, harus bisa diingat jika bodi mobil dalam keadaan kering maka wajib menyiramnya atau setidaknya membasahi bagian bodi tersebut terlebih dahulu sebelum dibersihkan. 

Mengelap bodi dalam keadaan kering pun dapat mengakibatkan bodi terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil. Sebab, hal semacam itu terjadi akibat bentuk partikel debu dan kerikil yang runcing serta tidak rata sehingga dapat mengakibatkan goresan. 

5. Selalu pasang sarung mobil saat malam hari 

Hal semacam ini bisa dikatakan penting juga bahwa pemilik mobil pun harus memperhatikan untuk memakaikan sarung mobil ketika malam hari. 

Kemudian, cara ini bisa dilakukan ketika memarkir mobil di tempat terbuka. Maka, alangkah lebih baiknya jauhkanlah memarkir kendaraan di tempat terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan bodi mobil. 

Jika, hal semacam itu dibiarkan secara terus-menerus maka bisa saja bodi mobil mengalami retak-retak kecil. Maka dari itu, pasangkanlah sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cat mobil. 

6. Lekas bilas setelah terkena hujan 

Hal semacam ini harus bisa diperhatikan karena di musim hujan pun bisa menurunkan kualitas cat dan tampilan pada mobil. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pembilasan setelah berkendara saat hujan. 

Harus bisa diketahui juga bahwa kandungan asam pada hujan beresiko menurunkan kualitas cat dalam jangka waktu panjang. Namun, tidak hanya itu saja! Akan tetapi, bekas air hujan yang didiamkan dalam waktu lama pun dapat menimbulkan lapisan jamur pada permukaan cat. 

7. Koreksi cat mobil 

Hal semacam ini harus bisa diperhatikan karena saat mobil melaju di jalan maka banyak sekali benda yang menyerang dari segala sisi.

Kemudian, hal itu bisa dimulai dari sinar UV dari matahari, air hujan, kerikil, ranting pohon, bahkan mungkin pengendara lain yang mengemudi dengan membahayakan di sisi kanan dan kiri. 



Dengan demikian, di tahap inilah akan membutuhkan kemampuan tenaga ahli untuk melakukan teknis compounding, polishing, serta glazing. 

Harus bisa dipahami bahwa tujuan utama dari itu semua ialah membuat cat mobil tetap bagus dan melindungi bagian logam pada bodi mobil agar tidak karatan atau berkorosi. 

Kemudian melalui tiga teknik tadi, maka cat bodi mobil akan dilapisi dan kembali disempurnakan supaya terlihat tetap mengkilap dan menarik. 

8. Proteksi cat mobil 

Langkah ini bisa dikatakan langkah lanjutan dari sebelumnya, yakni setelah mobil dikoreksi catnya maka tampilan pun akan kembali mengkilap.

Namun, hal itu tidak cukup karena lapisan catnya belum diberikan pelindung. Lantas, perlindungan seperti apa, sih? 

Wax atau sealant adalah bahan yang paling umum digunakan untuk melindungi tidak hanya mobil, tapi juga ke ban dan kaca mobil sehingga debu tidak mudah menempel. 

Kini pun para penyedia jasa proteksi cat mobil akan menawarkan jenis perlindungan baru, yakni nano ceramic coating. 

Namun, bedanya terletak di kualitas karena wax atau sealant mampu memberikan perlindungan dalam jangka waktu bulanan, maka nano ceramic coating mampu juga memberikan perlindungan hingga setahun lebih. 

Kemudian, fungsi nano ceramic coating ini lebih kuat dan memberikan efek hidrofobik dan lebih tebal proteksinya, sehingga mampu melindungi dari asam alami seperti zat kimia dan garam dari air hujan. 

Tidak hanya itu saja! Namun, dapat juga melindungi dari sinar UV yang dapat menyebabkan oksidasi pada permukaan mobil. 

Nah, seperti itulah tips dan trik merawat cat pada bodi mobil yang dijamin mudah untuk bisa dilakukan.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN