Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Logam Alkali Tanah: Sifat dan Macam-macamnya

Logam Alkali Tanah: Sifat dan Macam-macamnya
Foto: Tabel Periodik | Chemistrylearner.com

Logam alkali tanah itu merupakan unsur-unsur yang berada di golongan IIA dalam tabel periodik. Kemudian, logam-logam alkali tanah juga tersebar di laut dan bebatuan yang berada di bumi.

Hal semacam itu tentu memunculkan unsur-unsur secara umum yang berbentuk persenyawaan karbonat, silikat ataupun sulfat. Maka dari itu, bisa juga mencoba untuk mengecek tabel periodik dan perhatikanlah golongan IIA.

Sifat logam alkali tanah itu apa saja, sih?

Logam alkali tanah tentu mempunyai sifat yang bisa juga diingat, yaitu pertama ialah logam alkali tanah kurang efektif jika dibandingkan dengan logam alkali.

Maksud dari reaktif itu adalah mudah bereaksi sehingga kalau dibandingkan dengan logam alkali itu akan sangat berbeda karena logam alkali tanah tidak sereaktif logam alkali.

Namun, dalam hal semacam itu pun tentu masih tetap bisa bereaksi, misalnya, jika logam alkali tanah ini direaksikan dengan air maka akan menghasilkan energi panas dan gas yang mudah terbakar.

Sifat kedua dari logam alkali tanah ini ialah bisa menghantarkan panas dan listrik. Oleh karena itu, bisa juga unsur-unsur yang berada di alkali tanah ini dimanfaatkan untuk penghantar listrik.

Apa saja macam-macam logam alkali tanah?

Logam alkali tanah memiliki enam macam, yakni Berilium (Be), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), Stronsium (Sr), Barium (Ba), dan Radium (Ra). Kemudian, seperti inilah penjelasannya yang dikutip dari laman Ruang Guru, yakni sebagai berikut:

1. Berilium (Be)

Berilium adalah logam yang memiliki warna abu-abu, ringan, tetapi mudah pecah. Maka, harus senantiasa hati-hati dalam hal semacam ini.

Kemudian, berilium juga termasuk ke dalam unsur yang beracun karena logam ini pun digunakan sebagai bahan penguat kemudi pesawat jet.

Tidak hanya itu saja! Namun, berilium dan tembaga pun banyak dipakai pada peralatan listrik, seperti komponen televisi.

2. Magnesium (Mg)

Magnesium ini bentuknya padatan logam yang berwarna abu-abu mengkilap. Kemudian, unsur yang satu ini biasanya digunakan bersama unsur lain untuk melapisi tungku.

Magnesium pun digunakan karena punya titik leleh yang cukup tinggi. Namun, tidak hanya itu saja! Akan tetapi, dalam pasta gigi pun terdapat magnesium yang berfungsi mengurangi asam yang ada di dalam mulut.

3. Kalsium (Ca)

Kalsium ini adalah salah satu unsur yang banyak juga terdapat pada susu dan berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi. Kemudian, kalsium ini memiliki ciri putih keperakan.

Namun, selain terdapat pada susu, kalsium pun digunakan sebagai campuran untuk membuat gips untuk patah tulang.

Adapun, manfaat lainnya bahwa kalsium adalah unsur penyusun batuan kalsium karbida yang mudah bereaksi dengan air untuk menghasilkan gas asetilena.

Kemudian, gas itu pun biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk pengelasan dan juga dimanfaatkan petani untuk mempercepat pematangan buah.

4. Stronsium (Sr)

Stronsium ditemukan oleh Adair Crawford dan William Cruickshank. Penamaan Stronsium (Strontium) diambil dari sebuah desa di Skotlandia, Strontian. 

Stronsium adalah logam lunak yang berwarna perak kekuningan. Unsur ini sangat reaktif dan bisa membentuk lapisan oksida yang gelap jika terkena udara.

Stronsium pun dulunya digunakan sebagai senyawa karbonat dalam pembuatan kaca televisi yang masih menggunakan tabung sinar katoda.

Namun seiring perkembangan zaman, layar TV pun sudah berupa LED sehingga penggunaan stronsium menurun cukup drastis.

5. Barium (Ba)

Salah satu yang patut diingat bahwa barium ini enggak pernah ditemukan di alam sebagai unsur bebas. Sebab, hal ini karena reaktivitas kimianya yang sangat tinggi.

Adapun, contoh barium alami yang paling umum ditemui di alam ialah barium sulfat yang digunakan sebagai obat untuk penderita gangguan pencernaan.

Kemudian, ada juga barium karbonat yang digunakan dalam racun tikus. Barium ini pun memiliki warna keperakan dan sifatnya yang lunak.

6. Radium (Ra)

Terakhir ialah radium. Kemudian, radium ini memiliki warna hampir putih bersih. Namun, jika sudah teroksidasi oleh udara maka warnanya bakal berubah menjadi hitam.

Radium pun memiliki tingkat radioaktif yang tinggi! Jika di bidang kesehatan, radium ini disuntikkan kepada kanker prostat yang sudah menyebar ke tulang. 

Namun, sudah dituliskan juga di bagian atas bahwa radium memiliki tingkat radioaktif yang tinggi. Maka dari itu, efek samping yang dialami oleh orang yang disuntikkan radium ini pun akan berbeda-beda.

Maksud dari berbeda-beda dalam efek sampingnya ialah seperti demam, nyeri saat buang air kecil hingga mengeluarkan tinja yang berwarna hitam atau disertai darah.

Nah, seperti itulah penjelasan dari logam alkali tanah beserta sifat dan macam-macam yang berada di dalamnya!(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN