Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Lima Langkah Merawat Sistem Pendingin Mobil dengan Mudah, Silakan Lakukan!

Lima Langkah Merawat Sistem Pendingin Mobil dengan Mudah, Silakan Lakukan!
Ilustrasi | Hyundai

Merawat kendaraan roda empat atau mobil tak hanya masalah sistem rem dan sistem suspensi saja! Akan tetapi, alangkah indahnya bisa juga merawat sistem pendingin yang berada di dalam kendaraan itu sendiri.

Hal semacam itu pun harus bisa diketahui bahwa sistem pendingin mobil adalah beberapa komponen yang bekerja menjaga suhu pada mesin mobil tetap normal.

Kemudian, sistem ini pun akan bekerja ketika mesin mobil telah mencapai suhu tertentu. Oleh karena itu, untuk melakukan tugasnya maka sistem pendingin sendiri terdiri dari beberapa komponen.

Beberapa komponen itu seperti radiator, pompa air, thermostat, kipas radiator yang juga memengaruhi fungsi AC mobil, tabung reservoir, selang radiator hingga tangki cadangan radiator.

Namun, supaya komponen tersebut bisa bekerja dengan maksimal dan optimal maka seluruh sistem pendingin itu wajib dirawat secara teratur.

Kemudian, inilah cara merawat sistem pendingin pada mobil yang dikutip dari laman Suzuki, yakni sebagai berikut:


1. Periksa filter udara

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah periksa filter udara karena filter ini memiliki peran yang cukup besar terhadap sistem pendingin mobil itu sendiri.



Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menyaring udara bersih ke sistem pembakaran. Oleh karena itu, filter ini pun jika sudah sangat kotor maka tentunya kualitas udara yang masuk ke dalam mobil juga jadi menurun.

Dengan demikian, udara yang kotor itu tak hanya mengurangi performa sistem pendingin saja! Akan tetapi, bisa menyebabkan mobil jadi boros bahan bakar.

Maka, lakukanlah pembersihan filter udara secara berkala, apalagi ketika masuk musim penghujan seperti saat ini. Kemudian, saat musim hujan maka filter udara pun cenderung berisiko tersumbat dengan puing-puing yang lebih besar.

2. Parkir mobil di tempat teduh

Hal semacam ini meski terdengar sepele, tapi efek ini bisa sangat ampuh untuk sistem pendingin itu sendiri. Sebab, dengan memarkir mobil di tempat teduh, seperti garasi itu bisa membantu mengurangi beban kerja sistem pendingin secara ekstrem.

3. Cek cairan radiator

Radiator menjadi salah satu komponen yang penting pada sistem pendingin mobil. Oleh karena itu, radiator itu perlu cairan pendingin dalam level sesuai indikator dan berkualitas baik.

Cairan pendingin inilah yang akan membantu memaksimalkan kinerja radiator dalam mendinginkan mesin. Maka dari itu, pastikanlah harus selalu memeriksa kuantitas dan kualitas cairan radiator setiap sebelum berkendara.



Harus bisa menjadi pengingat juga bahwa gunakan cairan yang diformulasikan khusus radiator atau coolant dan hindarilah penggunaan air biasa pada radiator, kecuali saat kondisi darurat.

4. Periksa AC

AC mobil pun bisa menjadi salah satu indikator sistem pendingin berjalan dengan baik. Maka, kerusakan atau kendala pada sistem pendingin, contohnya kipas radiator yang tidak berfungsi bisa memengaruhi kinerja AC.

Maka dari itu, jika ingin mengetahui apakah sistem pendingin mobil masih dalam kondisi prima maka bisa juga mengujinya dengan menyalakan mesin dan AC mobil saja.

5. Lakukan servis berkala

Merawat kendaraan, khususnya mobil tentu harus sering melakukan servis secara berkala. Oleh karena itu, sistem pendingin mobil pun bisa selalu terkontrol.

Tidak hanya itu saja! Namun, sistem pendingin mobil itu pun cukup rumit untuk bisa diperbaiki sendiri. Maka, alangkah lebih baiknya dibawa saja ke bengkel resmi terdekat daripada diotak-atik sendiri tanpa pemahaman ilmu yang memadai.

Oleh karena itu, teknisi professional yang berpengalaman pun akan dengan senang hati membantu dan memberikan  perawatan sesuai kebutuhan kendaraan itu sendiri.

Nah, seperti itulah cara merawat sistem pendingin yang baik agar kendaraan bisa selalu prima untuk dijalankan.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN