Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Menyelisik Sejarah Dodol Garut dan Varian yang Paling Diminatinya, Silakan Simak!

Menyelisik Sejarah Dodol Garut dan Varian yang Paling Diminatinya, Silakan Simak!
Dodol Garut | Instagram @snack_foodies

Mungkin, banyak orang yang menilai bahwa Indonesia ini terkenal juga dengan ragam kulinernya. Oleh karena itu, rasanya setiap daerah memiliki makanan khas atau tradisional sendirinya. 

Dalam hal semacam itu, tentu salah satu daerah yang terletak di Jawa Barat, yakni Garut pun mempunyai makanan khasnya. Kemudian, makanan apa, sih? Ya, makanan itu ialah dodol atau sering disebut juga dengan dodol Garut. 

Mungkin, banyak orang juga sudah mengetahui apa itu dodol Garut dan sebaliknya. Oleh karena itu, dodol Garut merupakan salah satu komoditas yang telah mengangkat citra Kabupaten Garut sebagai penghasil dodol yang berkualitas jempolan. 

Kemudian, lebih detailnya ialah dodol yang berkualitas jempolan itu masuk ke dalam dodol yang beraneka ragam jenisnya. Hal semacam itu pun jadi menyebabkan dodol Garut ini dikenal luas, karena rasanya yang khas dan kelenturannya yang berbeda dari produk yang sejenis dari daerah lain. 

Kemudian, dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Garut bahwa industri ini pun berkembang sejak tahun 1926 oleh seorang pengusaha yang bernama Ibu Karsinah. 



Sewaktu itu, Ibu Karsinah membuat dodol dengan proses yang sangat sederhana dan terus berkembang hingga saat ini. Bahkan, hal semacam itu pun disebabkan karena ada beberapa poin penting, yakni sebagai berikut: 

  1. Memiliki cita rasa yang berbeda dan mampu bersaing dengan jenis dodol yang berasal dari daerah lain; 
  2. Harganya terjangkau dan merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat; 
  3. Proses pembuatannya sangat sederhana dan bahan bakunya mudah diperoleh; 
  4. Tidak menggunakan bahan pengawet dan tambahan bahan makanan yang bersifat sintetis; 
  5. Memiliki daya tahan cukup lama (3bulan). 

Kemudian, komoditi ini pun mudah dikembangkan dengan cara memodifikasi dari segi bahan baku utamanya, yaitu bisa menggunakan waluh, kentang, kacang, pepaya, nanas, sirsak, dan lain-lain. 

Namun, dikutip juga dari laman Kemdikbud ialah dari semua varian dodol yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat Garut, dodol tradisional berbahan ketanlah yang paling banyak diminati dan ditemui. 

Kemudian, cara pembuatannya pun diawali dengan pendidihan adonan beberapa bahan hingga kental dan berminyak, yaitu tepung beras ketan yang ditumbuk atau digiling halus; gula merah dari aren atau gula kelapa yang berwarna kuning kecokelatan. 



Setelah itu, pakai gula putih yang apabila dicampurkan dengan gula merah dapat memberikan tekstur, warna, dan rasa dodol menjadi cokelat kehitaman. 

Terakhir, Santan kelapa yang mengandung lemak, air, protein, serta karbohidrat guna memberikan rasa lezat dan gurih. Kemudian, proses pendidihan itu pun memerlukan waktu sekitar tujuh atau delapan jam agar adonan menjadi kental, berminyak, dan tidak lengket. 

Namun, salah satu yang harus diingat dan diperhatikan itu ialah selama masa pemanasan adonan itu harus diaduk terus-menerus guna mencegah terjadinya pengendapan. 

Dengan demikian, bisa memudahkan untuk mengantarkan panas dan menghindari adonan menjadi hangus. Jika, telah dingin maka adonan pun akan menjadi padat, kenyal, dan dapat diiris.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN