Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Cara-Cara Sehat Menurunkan Berat Badan, Silakan Dicatat!

Cara-Cara Sehat Menurunkan Berat Badan, Silakan Dicatat!


Memiliki berat badan ideal adalah keinginan banyak orang! Oleh karena itu, banyak orang juga yang ingin berat badannya turun drastis. Namun, keinginan semacam itu pun sebaiknya dilakukan melalui cara-cara yang aman dan sehat. 

Harus bisa diketahui juga bahwa penurunan berat badan yang dianjurkan atau diperbolehkan itu ialah sekitar satu kilogram per minggu. 

Kemudian, diet pun bisa dikatakan sangat dianjurkan bagi orang yang mengalami obesitas, terutama jika kondisi ini sudah menyebabkan gangguan kesehatan. 

Salah satu hal yang amat penting juga ialah ketika melakukan diet itu sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter karena jika tidak, maka dikhawatirkan justru akan berakibat buruk pada kesehatan. 

Adapun cara-cara sehat yang dikutip dari laman resmi Rumah Sakit Umum Permata Hati untuk membantu menurunkan berat badan secara drastis, yakni sebagai berikut: 

1. Berolahraga rutin

Melakukan olahraga rutin bisa menjadi salah satu usaha untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, bisa dijalani dengan melakukan olahraga ringan tiga kali dalam sehari.

Kemudian, jenis olahraga yang bisa dilakukan itu ialah berjalan cepat, angkat beban, push up atau naik turun tangga selama minimal tujuh menit. 



Meskipun, hal semacam itu dilakukan dengan durasi yang singkat, tapi tetap bisa membakar hingga 300-500 kalori jika dilakukan tiga kali sehari. 

2. Memangkas gula dan karbohidrat 

Langkah kedua bisa dilakukan dengan cara mengurangi asupan gula dan karbohidrat sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh pun akan berkurang. 

Harus bisa dipahami juga bahwa pada saat mengalami defisit kalori maka tubuh pun akan membakar lemak yang merupakan cadangan kalori dalam tubuh. Jika, lemak tubuh berkurang maka berat badan pun akan turun. 

3. Memperbanyak protein dan sayuran 

Asupan yang tinggi juga bisa membuat kenyang lebih lama sehingga mampu mengurangi nafsu makan. Oleh karena itu, asupan kalori juga akan berkurang. 

Dalam hal semacam itu bisa diambil contohnya pada makanan yang tinggi protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, udang, telur, kacang, tahu, dan tempe. 

Tidak hanya dengan protein saja! Akan tetapi, lengkapi juga diet dengan sayuran yang rendah kalori, seperti bayam, tomat, mentimun, kembang kol, selada, dan brokoli. Kemudian, serat yang terdapat dalam sayuran itu bisa membuat cepat kenyang. 

4. Menghitung kalori yang masuk 

Alangkah indahnya jikalau mau melakukan diet maka harus mampu untuk menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh, sebab kebutuhan kalori seseorang itu berbeda-beda. 

Namun, memangkas kalori pun bukan berarti tidak makan sama sekali. Akan tetapi, asupan kalori yang terlalu sedikit itu akan membuat tubuh lemas dan bisa menyebabkan efek lain untuk ke depannya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui berapa banyak kalori yang perlu dikonsumsi agar berat badan turun drastis secara sehat itu bisa dilakukan dengan cara konsultasi pada dokter gizi. 

5. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Mungkin, cara ini sudah banyak orang yang tahu karena bisa dilakukan dengan minumlah air putih minimal delapan gelas sehari. 

Mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh pun bisa membantu menurunkan berat badan. Kemudian, dalam sebuah studi pun menunjukkan bahwa orang yang minum cukup air putih itu cenderung lebih mudah mengontrol nafsu makan dan berat badan. 



Tidak hanya itu saja! Namun, hindari juga minuman yang berkalori tinggi, seperti soda dan minuman berperisa karena semua itu mengandung banyak gula. 

6. Mencukupi waktu tidur 

Cara terakhir ialah perhatikan juga waktu tidur agar cukup karena kurang tidur pun bisa berdampak buruk, serta dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan stres.

Maka, supaya berat badan turun drastis dengan sehat itu perlu juga mencukupi waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 7-9 jam setiap malam. 

Dengan demikian, salah satu hal yang perlu diingat juga ialah alangkah lebih baiknya tidak menargetkan berat badan turun secara drastis. 

Sebab, berat badan yang turun secara drastis itu bisa cenderung sulit untuk dipertahankan dan berisiko mengganggu kesehatan. 

Diet yang baik pun tetap saja perlu memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Maka dari itu, penurunan berat badan akan lebih efektif jika berat badan itu turun secara perlahan dan bertahap. (*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN