Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

5 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Seusai Perjalanan Jauh, Silakan Segera Diperiksa!

5 Komponen Mobil yang Wajib Dicek Seusai Perjalanan Jauh, Silakan
Ilustrasi | Pexels.com/Artem Podrez

Perjalanan yang jauh bisa sangat melelahkan bagi kendaraan! Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jikalau sudah melakukan perjalanan yang jauh maka kendaraan pun harus dicek.

Hal semacam itu pun bisa termasuk ke dalam perawatan mobil setelah dikendarai dengan intensitas tinggi. Kemudian, hal itu disarankan agar mobil tetap sehat dan siap untuk digunakan kembali.

Kemudian, komponen apa saja yang harus dicek? Dalam hal semacam itu setidaknya kurang lebih ada lima komponen penting yang harus diperiksa setelah mobil dipakai untuk perjalanan jauh.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, inilah lima komponen mobil yang harus dicek seusai perjalanan jauh, yakni sebagai berikut:

1. Cek oli mesin

Langkah awal bisa dengan memeriksa komponen cairan yang satu ini, sebab setelah mobil dibawa perjalanan jauh itu bisa berefek kepada suhu oli mesin yang akan semakin tinggi.

Tidak hanya itu saja! Namun, efek itu pun bisa menyebabkan kekentalan oli dan volumenya berkurang. Oleh karena itu, pastikan tidak ada kebocoran dan rembesan oli.



2. Cek kaki-kaki

Mengecek kaki-kaki bisa dikatakan sangat penting karena kondisi medan jalan yang bermacam-macam, sehingga membuat komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi mobil.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kondisi shockbreaker, lower-arm, dan sebaiknya cek juga keausan ban dan tekanan anginnya.

3. Cek rem

Komponen ini adalah salah satu yang harus dicek kalau setiap mau bepergian maupun sebaliknya. Sebab, dalam perjalanan panjang itu memungkinkan terkena macet dalam waktu yang lama, sehingga bisa memberi beban pada sektor pengereman.

Oleh karena itu, pastikan juga ketebalan kampas rem dalam keadaan baik dan jika rusak maka harus segera untuk diganti agar bisa tetap aman ketika berkendara.

Namun, harus bisa diingat juga bahwa jangan lupa untuk mengisi minyak rem jika volumenya kurang dari takaran yang seharusnya.

4. Cek bahan bakar

Hal semacam ini bisa berpengaruh kepada kendaraan kalau mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan.



Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek filter bahan bakar. Kemudian, jika sudah kotor maka bisa menggantinya untuk meminimalisasi kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Cek interior dan filter AC

Terakhir, cek interior dan filter AC! Kemudian, lakukan pembersihan total mulai dari kabin sampai bagasi, supaya tidak menyebabkan aroma yang kurang enak dan terhindar dari masuknya binatang; serangga ke dalam kabin mobil.

Oleh karena itu, jangan pernah lupa juga bersihkan filter atau saringan udara AC.

Nah, itulah komponen-komponen mobil yang harus dicek ketika sesudah melakukan perjalanan jauh. Namun, disarankan agar perawatan komponen-komponen itu maksimal maka lakukanlah pengecekannya ke bengkel resmi.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN