Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

4 Manfaat Isi Penuh Tangki Bahan Bakar pada Kendaraan, Silakan Diingat!

4 Manfaat Isi Penuh Tangki Bahan Bakar pada Kendaraan, Silakan Diingat!
Ilustrasi | Pexels.com/Gustavo Fring


Merawat kendaraan agar selalu prima itu tak hanya melaksanakan servis secara berkala saja! Akan tetapi, suatu aspek yang lainnya pun patut diperhatikan, misalnya, mengisi bahan bakar.

Oleh karena itu, tidak semua pemilik kendaraan paham tentang pentingnya aspek semacam itu sehingga bisa menjadi salah satu ancaman yang serius untuk kendaraan.

Kemudian, seberapa pentingkah mengisi bahan bakar sampai penuh? Dalam hal semacam itu harus bisa diketahui bahwa pemilik kendaraan pun alangkah indahnya menyesuaikan dengan rekomendasi yang sudah dikeluarkan oleh pabrik itu sendiri.

Namun, salah satu hal yang paling disinggung di sini ialah mengisi bahan bakar sampai penuh! Oleh karena itu, ternyata mengisi bahan bakar sampai penuh juga memiliki manfaat yang takboleh diabaikan.

Inilah manfaat mengisi bahan bakar sampai penuh yang dikutip dari laman Deltalube pada Kamis, 13 April 2023, yakni sebagai berikut:


1. Mencegah terbentuknya embun di dalam tangki

Hal semacam itu bisa diketahui bahwa dari sisi teknis, mengisi bahan bakar sampai penuh mampu mencegah timbulnya embun di dalam tangki.



Oleh karena itu, bisa menjadi salah satu yang patut diketahui bahwa ketika tangki dibiarkan kosong atau banyak ruang di dalamnya, maka ruang tersebut pun akan diisi oleh udara.

Nah, situasi itulah yang berpotensi berubah menjadi embun. Maka, saat terjadi pengembunan, embun yang telah menjadi air bisa secara perlahan menetes pada tangki.

Kemudian, situasi itulah yang mungkin tak diinginkan oleh para pemilik kendaraan karena air pun akan bercampur dengan bahan bakar. Air dari embun itu yang membahayakan bila sampai masuk ke mesin kendaraan.


2. Mencegah terjadinya karat pada tangki bahan bakar

Mengisi penuh bahan bakar pun bisa mencegah timbulnya karat. Namun, kondisi semacam ini rentan terjadi pada kendaraan yang sudah lawas alias tua.

Oleh karena itu, akibat dari kosong maka tangki pun dapat berpotensi menimbulkan karat.

Maka, salah satu efek yang bisa terjadi juga ialah penyumbatan jika karat itu bercampur dengan bahan bakar dan tersalurkan ke sistem injeksi atau karburator.



Setelah terjadi penyumbatan maka suplai bahan bakar ke injektor atau karburator pun tidak akan lancar. Oleh karena itu, kendaraan pun akan menimbulkan gejala tersendat-sendat sampai mampu juga tak menyala sama sekali.


3. Menjaga performa kendaraan

Salah satu aspek dari semua penjabaran di atas itu akan berujung pada penurunan performa kendaraan. Oleh karena itu, pemilik kendaraan akan merasakan hal ini cepat atau lambat. Padahal bisa dibilang kebiasaan yang sering tak diperhatikan oleh para pemiliknya.


4. Menghemat waktu dan biaya

Hal semacam ini bisa menjadi salah satu manfaat yang tepat karena di luar sisi teknis, mengisi penuh bahan bakar kendaraan pun bisa menghemat dari segi waktu dan biaya.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan jadi tak terlalu sering untuk keluar masuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk mengisi bahan bakar. Maka dari itu, mengisi penuh bahan bakar itu bisa berdampak kepada daya jelajah kendaraan yang akan lebih jauh.

Sebab, sudah bisa diketahui bahwa ketika melakukan pengisian bahan bakar maka membutuhkan waktu, terlebih juga bila terjadi antrean di SPBU.

Kemudian, seperti itulah manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari mengisi bahan bakar secara penuh pada kendaraan.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN