Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Mengenal Apa Itu Mesin Diesel dan Sistem Kerjanya, Silakan Simak!

Mengenal Apa Itu Mesin Diesel dan Sistem Kerjanya, Silakan Simak!
Ilustrasi | Mitsubishi


Pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah yang dimaksud dengan mesin diesel? Dalam hal semacam itu, mesin diesel memiliki motor bakar pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi agar bisa menciptakan penyalaan. 

Kemudian, mesin diesel pun hanya mengonsumsi bahan bakar minyak jenis solar untuk dapat bekerja. Namun, tak hanya itu saja! Akan tetapi, mesin diesel pun memiliki ciri khas sendiri karena tak menggunakan busi. 

Jika menilik lebih dalam lagi, mesin diesel ini memiliki efisiensi termal terbaik kalau dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam ataupun luar. Dalam hal semacam itu pun mempunyai alasan utama, yaitu mesin ini memiliki rasio yang sangat tinggi. 

Dalam penciptaannya, konon awalnya mesin diesel ini dipergunakan untuk penggunaan kapal permukaan dan kapal selam saja. Kemudian dilanjutkan dengan lokomotif, pembangkit listrik, truk, dan peralatan berat lainnya. 



Namun dengan perkembangan zaman yang terus menggerus waktu, mesin diesel ini baru pada tahun 1930-an digunakan untuk kendaraan perorangan, terutama mobil hingga kini. 


Sistem kerja mesin diesel itu seperti apa, sih? 


Ilustrasi Kerja Mesin Diesel| dok. Quora


Dalam sistem kerja mesin diesel ini, tentu ada empat langkah. Kemudian, keempat langkah ini saling berkesinambungan sehingga menciptakan komposisi yang baik dan mampu memberikan performa maksimal. 

Inilah penjelasan dari keempat sistem kerja mesin diesel yang dikutip dari laman Auto 2000, yakni sebagai berikut:


1. Langkah isap

Langkah isap ini bekerja dengan udara masuk ke bagian dalam ruang bakar melalui katup. Kemudian, kondisi ini pun terjadi secara otomatis karena torak atau piston itu bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB). 

Maka dari itu, ketika kondisi katup buang masih tertutup maka langkah semacam ini pun dapat bisa bekerja. 


2. Langkah kompresi

Langkah kompresi ini bisa dibilang langkah lanjutan dari langkah isap atau setelah langkah isap selesai maka langkah ini berjalan. 

Lebih detail lagi ialah langkah ini terjadi karena adanya proses kompresi di dalam mesin diesel dikarenakan proses memampatkan udara oleh piston ketika bergerak dari TMB ke TMA. 



Kemudian, bagian katup isap dan buang sendiri dalam keadaan tertutup. Oleh karena itu, kondisi ini mengakibatkan tekanan dan suhu menjadi naik secara otomatis. 


3. Langkah kerja 

Dalam hal ini tak lepas dari adanya proses pembakaran yang mengakibatkan langkah kerja bisa berjalan. Kemudian, proses ini membuat piston mulai bergerak untuk mendorong serta bekerja untuk menggerakan mesin mobil. Nah, proses ini terus berjalan ketika piston bergerak dari TMA ke TMB. 


4. Langkah buang

Langkah ini bisa dikatakan yang terakhir dari sistem kerja mesin diesel. Kemudian, hasil pembakaran yang telah muncul di dalam mesin akan dibuang melalui katup pembuangan. Nah, kondisi piston dalam langkah buang pun bergerak dari TMB ke TMA dengan katup buang yang terbuka.

Oleh karena itu, gerakan piston tersebut mengakibatkan gas sisa pembakaran jadi keluar lalu sistem kerja pun kembali lagi ke langkah yang pertama, yakni langkah isap.



Dengan demikian, bisa dianalisis dari sistem kerja mesin diesel yang sudah dijelaskan itu maka mesin diesel ini memiliki berbagai macam kelebihan. 

Bahkan, kebebihan itu bisa didapatkan dimulai dari konsumsi bahan bakar berupa solar yang efisien, perawatan yang mudah, torsi maupun tenaga yang tinggi.(*)

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Mari Berkenalan dengan Gurita Teleskop, Penghuni Laut Dalam!

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca