Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

4 Poin yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Diesel Bekas, Dijamin Tak Akan Menyesal!

Ilustrasi | Pexels.com/Engin Akyurt

Perkembangan mobil terus meningkat sehingga banyak juga yang mungkin berpikir, mempunyai mobil itu adalah keharusan untuk menunjang aktivitas kehidupan. Namun, mungkin juga ada yang sebaliknya bahwa mobil itu hanya digunakan untuk kepentingan-kepentingan seperlunya saja. 

Kemudian dalam perkembangannya, mobil diesel masih tetap mempunyai hati bagi para pencintanya. Oleh karena itu, mungkin saja meski populasinya tidak banyak, tapi masih ada yang mencarinya. 

Mobil diesel pun dikenal irit dan bertorsi besar sehingga harganya terkenal lebih mahal jikalau dibandingkan dengan mobil bensin. Dalam hal ini, maka banyak calon pemilik mobil diesel yang mengincar versi bekas daripada membeli unit baru.

Namun, sebelum membeli mobil diesel bekas maka harus senantiasa memperhatikan atau mengecek kondisi mesinnya apakah masih laik pakai ataupun tidak. Oleh karena itu, salah satu sorotan yang nyata pun tertuju kepada karakteristik mesin, sebab mesin diesel itu berbeda dengan mesin bensin. 

Dalam hal tersebut maka jangan sampai tertipu oleh penampilannya. Kemudian dikutip dari laman Deltalube, berikut inilah poin-poin yang harus dicek atau diperhatikan sebelum membeli mobil diesel bekas:


1. Cek rembesan oli

Salah satu yang patut diperhatikan ialah cek rembesan oli, langkah ini bisa dilakukan dengan mengecek area bawah dan kolong mesin, lalu pastikan tak ada kebocoran oli. 

Selanjutnya, pastikan juga bahwa tak ada bagian yang terlihat lebih bersih dari tempat lain. Sebab, hal semacam itu bisa juga ada indikasi kebocoran yang sudah dibersihkan, tapi tak diperbaiki. 



Hal yang harus dipahami lagi bahwa kebocoran oli pun bisa menjadi tanda ada kerusakan parah, karena kompresi mesin diesel yang sudah lemah sehingga terjadi blow-by gas. Kemudian, blow-by gas tersebut menekan ke area crankcase sehingga terjadi kebocoran oli. 


2. Cek oli mesin

Langkah semacam ini seperti keharusan kalau mau membeli mobil bekas. Kemudian, mengecek kondisi oli mesin bisa lewat dipstick, cek volume juga warnanya. 

Dalam hal semacam ini, warna oli diesel memang cenderung lebih cepat hitam daripada oli mesin bensin. Namun, kalau oli mesinnya warna putih susu keabuan maka itu tanda bahaya, sebab bisa jadi indikasi oli tercampur air. 

Kemudian, bisa juga dengan langkah membuka lubang pengisian oli sembari menghidupkan mesin. Jika, terdapat embusan asap dari lubang pengisian oli lubang dipstick maka bisa jadi kompresi mesin diesel melemah sehingga terjadi blow-by gas. 


3. Cek suara mesin 

Hal semacam ini pun harus senantiasa dicek agar bisa membedakan bahwa suara mesin diesel memang tak sehalus mesin bensin. Namun, coba juga dengar area turbonya, apakah ada suara kasar seperti besi yang saling beradu? 

Jika, jawabannya iya maka wajib diwaspadai karena bisa jadi komponen bearing atau as cartridge turbo mulai aus. Maka dari itu, sebaiknya ajak mekanik yang biasa menangani mesin diesel ketika infeksi hal semacam ini. 



4. Hidupkan mesin 

Poin yang terakhir ini ialah pastikan mesin mudah dihidupkan meski saat kondisi dingin sekali pun. Sebab, mesin diesel yang sulit dihidupkan itu biasanya sudah tak dalam kondisi sehat. 

Maka dari itu, bisa juga kompresinya sudah lemah atau injektornya lemah. Oleh karena itu, bisa juga mengecek asap dari mesin diesel, jikalau keluar asap putih dari knalpot maka bisa jadi indikasi oli mesin yang terbakar akibat ring piston aus. 

Nah, seperti itulah poin-poin yang harus diperhatikan ketika mau membeli mobil diesel bekas agar senantiasa tak menciptakan penyesalan untuk ke depannya.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN