Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Pengharapan


Jika, kau mendengar lagu-lagu yang dinyanyikan Doel Sumbang, mungkin kau akan paham tentang kehidupan! Oleh karena itu, saya selalu mengucapkan itu kepadamu. Kemudian, kau pun hanya bisa terdiam lalu terlihat menikmati setiap lirik-lirik dari lagu-lagu itu. Namun, salah satu hal yang amat penting juga bahwa hidup ini seperti air yang terus mengalir sehingga semua hal pun bisa terjadi. 

Hal-hal semacam itu pun menjadi salah satu yang pernah saya katakan kepadamu di kala kita saling mengobrol. Kemudian, kau malah bertanya, apakah mungkin lagu-lagu yang dinyanyikan itu adalah kejadian di kehidupan ini? Saya pun tersenyum lalu mengiyakan dengan mantap sampai kau malah terlihat kaget. Entahlah, rasa apa yang sedang kau alami itu?

Sekarang, saya mengharapkan bahwa kau bisa memahami lagi tentang lagu-lagu itu. Sekarang, saya mengharapkan bahwa kau bisa mengerti tentang kehidupan ini! Di tempat ini, saya cukup bersabar walaupun kau mungkin saja tak mengetahui bahwa cinta ini sangat dalam. Namun, entahlah! Biarlah! Biarlah, cinta ini menjadi salah satu legenda yang tertahan di dalam hati!



Saya pun merasakan bahwa problem-problem yang dinamakan cinta itu selalu datang. Oleh karena itu, rasanya sangat sulit untuk melupakan dirimu dan selalu berharap bahwa kau bisa mendengar apa yang sedang saya pikirkan tentang dirimu. Kemudian, jikalau hujan itu ada hentinya! Namun, sangat berbeda dengan cinta yang ada di dalam hati ini, yaitu cinta kepadamu ini tak akan ada hentinya. Duh, saya benar-benar kolap dengan yang namanya cinta kepadamu ini!

Jika, membicarakan cinta maka tak akan ada akhirnya! Namun, saya sendiri masih menikmati cinta kepadamu ini walaupun semua itu sulit untuk diungkapkan. Semua itu menjadi salah satu keindahan yang bisa saya harapkan di kala malam semakin malam saja. Kemudian, lagu-lagu Doel Sumbang itu pun membuat saya membukakan mata bahwa kehidupan itu harus selalu hati-hati. Kemudian, itu pun bisa menjadi salah satu pengingat yang pas di kala hati dan pikiran ini sedang tak sejalan!

Di malam yang sunyi nan sejuk, saya menatap cermin dan berharap bahwa kau bisa menyapa di situ. Kemudian, setiap tatapan pun malah menjadikan gambar keindahan yang tercipta, yaitu wajah dirimu! Entahlah, saya pun tak mengerti dengan semua itu! Apakah cinta bisa merusak pandangan juga? Pertanyaan seperti itu pun malah muncul di dalam pikiran hingga menusuk-nusuk hati yang paling dalam. Kemudian, saya pun benar-benar dibuat terpaku di dalam kamar yang terasa sepi dan penuh pertanyaan itu!



Banyak orang juga yang berkata, cinta itu adalah kepastian! Perkataan semacam itu pun menjadi salah satu yang paling menusuk hati saya. Ya, cinta itu adalah kepastian maka harus senantiasa diungkapkan. Namun, masalah yang lebih besar malah muncul ke hadapan saya, yaitu jiwa ini terlalu banyak perhitungan. Kemudian, hal semacam itulah yang menjadikan lagu-lagu Doel Sumbang itu diharapkan bisa membantu saya atas perenungan atau perhitungan agar tak salah jalan. Saya memahami, tapi saya malah ketakutan! Saya mengerti, tapi saya malah selalu mengkhawatirkan!

Di kala malam, saya hanya bisa berharap bahwa kau bisa mengingat apa yang pernah dulu saya katakan. Kemudian, saya pun hanya bisa berharap bahwa kau bisa mengerti dan memahami apa yang terkandung dari lagu-lagu Doel Sumbang itu. Saya berkata ketika itu! Saya mengharapkan ketika itu! Kemudian, sekarang ini, saya ingin melihat bahwa perubahan yang nyata itu bisa terlihat oleh mata telanjang ini. Dan semua itu pun diharapkan bisa membuat kau lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan demi cinta yang kuat ini![]


2022

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN