Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Kue Kontol Sapi, Makanan Unik Khas Cilegon

Kue Kontol Sapi, Makanan Unik Khas Cilegon
Foto: Kue Kontol Sapi/theAsianparent

Jika, membicarakan makanan maka tak akan ada habisnya! Sebab, makanan itu selalu berkembang ataupun selalu ada yang baru lagi jenisnya. Oleh karena itu, makanan itu bisa dibilang tak akan ada habisnya. Namun, salah satu yang menarik itu adalah bisa mengenal ataupun mengingat kembali makanan khas tradisional.

Memang, kuliner yang ada di Indonesia ini sangat banyak! Bahkan, bisa juga dikatakan lengkap; dari makanan berat sampai ringan pun ada. Kemudian, semua itu pun ada keunikannya tersendiri, misalnya, di daerah Cilegon ada makanan yang memiliki nama cukup nyeleneh, yaitu kue kontol sapi. Mungkin, banyak orang pun yang cukup terperanjat kaget ketika pertama kali mendengarnya. Namun, seperti itulah namanya!

Kemudian, harus diketahui lebih dulu lagi agar pikiran bisa tenang kembali, sebab kue ini pun tak ada hubungannya dengan alat kelamin sapi. Kemudian, mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa dinamakan seperti itu? Dinamakan seperti itu karena masyarakat Cilegon sering menyebut kue ini sekilas mirip dengan alat kelamin sapi. Maka, penyebutan itu pun menjadikan kebiasaan sehingga terciptalah kue ini dinamakan tersebut. 



Kemudian, hal yang patut diketahui juga bahwa kue ini pun terbuat dari beras ketan dan kelapa yang kemudian digoreng. Setelahnya, barulah dilumuri oleh cairan gula merah ataupun pasir. Namun, bagi para warga kota, kue ini pun sering disebut jeledres. 

Harus diakui juga bahwa makanan dengan nama yang nyeleneh ini pun bisa dikatakan mempunyai rasa gurih dan manis. Kemudian, bukan hanya itu saja! Namun, kue ini pun memiliki tekstur dalamnya lembut, padat, dan kenyal, sedangkan di bagian luarnya terasa garing. Oleh karena itu, makanan yang satu ini pun sangat cocok jika dimakan ketika sarapan tiba ataupun sedang santai-santainya.



Kue kontol sapi pun jika diperhatikan secara seksama seperti kue gemblong ataupun jalabria. Namun, mungkin saja setiap daerah pun mempunyai nama masing-masingnya. Tentu, salah satu yang unik dari kue ini adalah namanya yang nyeleneh. Kemudian, kue ini pun menjadi salah satu kekayaan kuliner juga yang ada di Indonesia. 

Ya, harga kue ini pun bisa dikatakan terjangkau, yaitu di kisaran 1.000–2.000 rupiah. Namun, salah satu permasalahan di zaman sekarang, yaitu kue ini pun bisa dikatakan sudah mulai langka atau tergerus oleh zaman. Oleh karena itu, kue ini menjadi salah satu kue yang langka ditemui di pasaran atau hanya ada di beberapa penjual saja yang menjualnya. 

Nah, hal semacam itu pun bisa menggambarkan bahwa kue pun tentu ada zamannya. Akan tetapi, keunikan kue pun bisa menjadi salah satu pengingatnya, ya, contohnya seperti kue kontol sapi ini.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN