Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Ngécos, Fokus, dan Sabar

Ngécos, Fokus, dan Sabar
Ilustrasi by YouTube | Cleverly


Dalam hal ini, mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, ngécos itu apa, sih? Ngécos itu bisa berarti menjahit. Ya, bagi sebagian orang Jawa Barat atau Sunda, kata ngécos itu sudah tak asing lagi didengar. Oleh karena itu, mungkin juga sudah banyak yang mengetahui kosa kata semacam itu.

Kemudian, ngécos itu sudah dipastikan bahwa artinya menjahit. Namun, dalam hal ini pun banyak yang bisa diambil dari kegiatan ngécos ini. Ya, ngécos tak hanya memasukkan benang ke lubang jarum lalu ditarik ke atas-bawah pada kain. Namun, dalam hal itu pun ada manfaat yang lebih untuk kesehatan tubuh sendiri.

Sudah bisa diakui bahwa ngécos itu pasti akan memerlukan kefokusan dan kesabaran yang tinggi. Oleh karena itu, hal kedua itu pun bisa sekali untuk meningkatkan kinerja otak ataupun penenang hati. Kemudian, bukan hanya itu saja! Namun, ngécos pun bisa menjadi salah satu cara untuk relaksasi atau membebaskan diri dari depresi.

Kemudian, lebih jelasnya seperti apa, sih? Sudah dituliskan di bagian atas juga bahwa ngécos bisa melatih kefokusan. Oleh karena itu, seseorang yang mengerjakan hal semacam ini pun akan fokus pada sesuatu pekerjaan saja. Namun, bukan hanya sampai situ saja! Akan tetapi, ngécos pun bisa dikatakan salah satu aktivitas setengah meditasi yang mampu melakukan atau memberikan ketenangan bagi pelakunya. Nah, dari semua itu pun bisa menyembuhkan jiwa-jiwa yang sedang mengalami depresi.



Bukan hanya itu saja! Namun, manfaat ngécos ini pun masih ada lagi! Ya, salah satu atau salah duanya lagi adalah bisa untuk mengasah imajinasi dan bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kenapa bisa seperti itu? Ya, harus bisa diakui bahwa ngécos itu tak hanya tangan saja yang bergerak! Namun, otak pun diajak untuk fokus lalu hal-hal imajinasi bisa keluar dengan sendirinya.

Nah, hal semacam itu pun tak beda jauh dengan manfaat lainnya, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian, kenapa bisa bermanfaat seperti itu? Harus diakui juga bahwa sifat manusia itu bisa mudah stres sehingga penyakit pun akan mudah datang. Maka, ngécos pun bisa menjadi salah satu pilihan agar bisa membantu meningkatkan ketenangan sehingga stres tak mudah datang.



Hal-hal semacam itu pun sangat indah kalau bisa dilakukan dengan hati yang terbuka. Namun, sifat fokus dalam mengerjakan sesuatu pun ada manfaatnya yang bisa diambil. Ya, salah satunya bisa meningkatkan kinerja otak. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa sesuatu kalau dikerjakan dengan fokus itu akan bisa menghasilkan keindahan.

Bukan hanya fokus saja! Namun, sabar juga bisa menjadi salah satu penguat hati. Bahkan, sabar itu bisa berarti untuk menahan emosi dan keinginan. Kemudian, bisa juga berarti untuk bertahan dalam situasi yang sulit tanpa mengeluh. Memang, arti dari sabar ini akan panjang kalau dituliskan di dalam ini. Oleh karena itu, ngécos pun harus dibarengi dengan sabar dan fokus agar hasilnya bisa selalu indah.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN