Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Mengintip Jembatan Beipanjiang yang Paling Tinggi di Dunia

Foto: Jembatan Duge Beipanjiang | Highestbridges.com


J
embatan adalah salah satu perantara atau penghubung yang efektif untuk menghubungkan wilayah satu dengan lainnya.
Oleh karena itu, bangunan semacam ini pun sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang aktivitas-aktivitas kehidupannya. Bukan hanya itu saja! Bahkan, efek yang akan didapatkan dari jembatan itu pun akan sangat banyak, salah satunya adalah bisa menunjang sektor ekonomi untuk wilayah sekitarnya.

Tak sampai situ saja! Bahkan, jembatan pun ada yang tertinggi, terpanjang, dan terpendek. Oleh karena itu, hal semacam ini pun harus bisa diketahui agar senantiasa hati-hati kalau sedang melewatinya. Mungkin, banyak orang juga yang sudah mengetahui bahwa jembatan tertinggi itu berada di Cina. Oleh karena itu, hal semacam ini pun akan sangat menarik untuk bisa dicari tahu lebih dalam lagi tentang ini.

Kemudian, jembatan tertinggi apa yang ada di Cina itu, sih? Jembatan ini sering disebut dengan nama Jembatan Beipanjiang. Apakah Anda tahu dengan jembatan ini? Jembatan Beipanjiang ini adalah jembatan kabel empat lajur di perbatasan antara provinsi Guizhou dan Yunnan. Kemudian pada tahun 2011, jembatan ini pun menjadi yang paling tinggi di dunia dengan dek jalan lebih dari 565 meter di atas Sungai Beipan.


Foto: Jembatan Duge Beipanjiang | Highestbridges.com


Memang, Cina ini tak usah diragukan lagi kalau masalah kontruksi ataupun teknologi lainnya. Ya, tahu sendiri bahwa Cina itu sering menciptakan dengan kata imbuhan ter-, yaitu terpanjang, tertinggi, ataupun lainnya. Oleh karena itu, hal semacam ini pun menjadi salah satu bukti bahwa Cina pun sangat adidaya dalam membangun suatu infrastruktur untuk rakyatnya.

Tak bisa dianggap sebelah mata saja bahwa jembatan ini tergolong spektakuler. Ya, bisa diketahui bahwa jembatan ini dibangun di atas lembah yang curam. Kemudian, mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, jembatan ini dibangun pada tahun berapa, sih?

Jembatan ini awal dibangunnya pada tahun 2011 lalu jembatan ini selesai pada tahun 10 September 2016. Oleh karena itu, jembatan ini hanya memerlukan kurang lebih lima tahun saja dalam pembangunnanya. Bukan hanya itu saja! Namun, jembatan ini pun dibuka untuk umum pada 29 Desember 2016. Kemudian, jembatan yang merupakan bagian dari dari G56 Hangzhou–Ruili Expressway antara Qujing dan Liupanshui, menelan biaya total 1,023 miliar dalam proses pembangunnanya.


Foto: Jembatan Duge Beipanjiang | Highestbridges.com


Tak sampai situ saja bahwa jembatan ini sangat mendukung untuk keperluan ekonomi. Kenapa bisa seperti itu? Ya, menurut China Central Television, jembatan ini pun menjadi salah satu yang efektif karena bisa mempersingkat perjalanan dari Liupanshui di Provinsi Guizhou ke Xuanwei di Provinsi Yunnan menjadi dua jam saja. Nah, hal semacam itu pun menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya jembatan ini, karena bisa mengurangi waktu tempuh dari awalnya lima jam menjadi dua jam saja.

Kemudian, jembatan yang membentang 1.340 m (4.400 kaki) antara kota Xuanwei, Yunnan dan Kabupaten Shuicheng, menjadi salah satu jembatan tertinggi. Bahkan, bukan hanya tertinggi di Cina saja. Akan tetapi, jembatan ini menjadi yang tertinggi di dunia dan predikat itu pun diakui oleh Guinness World Records pada tahun 2018. Bukan hanya itu saja! Namun, pengembang dari proyek Jembatan Beipanjiang ini pun diberikan penghargaan atas keberhasilannya, yaitu penghargaan di antaranya hak paten teknologi baru dunia, empat paten model utilitas baru, medali emas dari Gustav Lindenthal, dan nobel jembatan. Maka, seperti itulah jembatan tertinggi di dunia ini.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN