Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Mari Berkenalan dengan Oarfish, Salah Satu Ikan Terpanjang di Dunia!

Mari Berkenalan dengan Oarfish, Salah Satu Ikan Terpanjang di Dunia!
Foto: Oarfish | Wikipedia


Ini adalah salah satu ikan yang terpanjang di dunia. Oleh karena itu, banyak orang juga yang beranggapan kalau ikan ini sudah terlihat atau terdampar maka akan ada bencana. Nah, apakah betul dengan anggapan semacam itu? 

Oarfish ini adalah ikan lampriform pelagis besar, sangat memanjang, milik keluarga kecil Regalecidae. Kemudian, ikan ini pun ditemukan di daerah yang mempunyai iklim sedang hingga tropis. Namun, salah satu hal yang harus diketahui dari ikan ini adalah ikan ini mempunyai tiga spesies, yaitu Regaleus Glesne Ascanius, (King of herrings, 1772), Agrostichthys Parkeri (Benham, 1904), dan Regalecus Russelli (Cuvier, 1816).

Hal semacam itu pun menjadikan oarfish ini tak hanya satu spesies saja. Akan tetapi, mempunyai tiga spesies dari dua genera dan itulah yang termasuk ke dalamnya. Memang, salah satu yang paling menarik untuk dibahas di dalam ini adalah ikan raja herring (Regalecus glesne). Kemudian, ikan yang satu ini seperti apa, sih? 

Tentu, ikan ini termasuk kepada keluarga oarfish. Kemudian, ikan yang satu ini pun bisa dikatakan ikan bertulang sejati terpanjang di dunia dan memiliki warna yang keperakan. Namun, harus bisa diketahui juga bahwa ikan ini pun sering dijuluki 'ikan pita', karena perawakannya seperti pita dengan sirip punggung yang memenuhi tubuhnya. 


Foto: Oarfish yang Ditemukan oleh SEAL Angkatan Laut Amerika Serikat pada September 1996 | Wikipedia



Tak sampai situ saja bahwa ikan yang termasuk ke dalam jenis oarfish ini pun mempunyai panjang yang amat panjang. Kemudian, panjang ikan ini bisa berapa meter, sih? Panjang ikan ini bisa mencapai sebelas meter. Namun, ada juga laporan bahwa spesimen yang belum terkonfirmasi tumbuh hingga 17 meter. Jadi, ikan ini pun bisa tergolong panjang. Bahkan, berat maksimum ikan yang pernah tercatat pun seberat 270 kilogram. Bagaimana panjang dan berat, kan? 

Mungkin banyak orang juga yang bertanya-tanya, ikan ini hidup di kedalaman berapa, sih? Harus bisa diketahui bahwa ikan ini hidup di kedalaman 1000 meter di bawah permukaan air laut. Kemudian, ikan ini dapat ditemukan di perairan terbuka di seluruh dunia terutama di zona pelagis. Bukan hanya itu saja! Namun, ikan ini terbiasa bermigrasi dari utara ke selatan atau mengikuti sumber makanannya. 

Sudah dituliskan di bagian atas juga bahwa ikan ini sering disebut 'ikan pita'. Oleh karena itu, sirip punggungnya yang lembut itu bisa mencapai 400 atau lebih dan memiliki jambul di atas kepala. Kemudian, tak hanya itu saja! Namun, ikan yang nyaman berada di kedalaman ini memiliki insang yang berjumlah 40–58 insang dan tak memiliki gigi. 


Foto: Oarfish yang Ditangkap oleh Nelayan di Selayar | Instagram/@uozuaquarium_official5


Ikan raja herring atau ikan yang termasuk kepada keluarga oarfish ini berenang menggunakan sirip punggungnya dalam posisi vertikal. Kemudian, pernah ada seorang ilmuwan memfilmkam ikan raja herring ini yang bisa teridentifikasi bahwa ikan ini memakan krill, krustasea, ikan-ikan kecil, dan cumi-cumi. 

Apakah dengan munculnya ikan ini ke permukaan maka akan terjadi gempa atau tsunami? 

Banyak orang-orang pun yang bertanya semacam itu. Namun, harus dipahami terlebih dahulu bahwa ikan itu 'kan bisa saja muncul ke permukaan karena arus. Oleh karena itu, menurut Profesor Iktiologi Pengkajian Ikan Universitas Kagoshima, Hiroyuki Motomura mengatakan tidak adanya hubungan dari kemunculan ikan oarfish dengan gempa atau tsunami. Sebab, banyak faktor juga yang menyebabkan ikan muncul ke permukaan, salah satunya arus air laut. 

Kemudian, oarfish ini ikan bertulang yang hidup paling lama. Mungkin, banyak orang juga yang bertanya, apakah ikan ini bisa dimakan? Ya, ikan ini bisa dimakan. Namun, menurut Wikipedia bahwa ikan ini memiliki daging yang seperti agar-agar jadi tak dianggap baik untuk dimakan. Maka, hal semacam itu pun menjadi salah satu yang paling penting untuk diketahui kalau mau mengosumsinya.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN