Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Cengkih dan Segala Macam Manfaatnya

Cengkih dan Segala Macam Manfaatnya
Foto: Cengkih | Google


A
da benarnya kalau Indonesia itu tanah yang subur.
Oleh karena itu, banyak pohon yang tumbuh subur di negeri ini. Kemudian, salah satu pohon yang menarik untuk dikupas di sini itu adalah pohon cengkih. Ya, apakah Anda sudah mengetahui pohon cengkih itu apa? Atau bentuknya seperti apa? Atau mungkin Anda sangat akrab dengan pohon cengkih itu? 

Harus bisa diketahui bahwa pohon ini pun mempunyai manfaat yang banyak! Namun, sebelum masuk lebih dalam lagi tentang manfaat-manfaatnya. Maka alangkah indahnya, mencari tahu lebih dulu cengkih itu berasal dari mana dan sebagainya. 

Pohon cengkih itu adalah tumbuhan hijau yang abadi dengan rata-rata tingginya setinggi 8–12 meter (26–39 ft). Oleh karena itu, pohon yang satu ini pun bisa dikatakan tinggi karena biasanya suka melebihi atap rumah. Kemudian, pohon ini pun tentu mempunyai daun-daun yang warna-warni. Hmm. Kenapa bisa warna-warni seperti itu? Ya, harus bisa diketahui juga bahwa daun di pohon ini pun menyesuaikan umurnya maka semakin tua akan semakin berubah warnanya. 

Kemudian, cengkih itu adalah kuncup bunga kering beraroma keluarga pohon Myrtaceae. Namun, harus bisa diketahui juga bahwa pohon cengkih ini pun adalah tanaman asli Indonesia. Oleh karena itu, tak jarang juga cengkih digunakan untuk campuran bumbu masakan pedas-pedas di Eropa ataupun lainnya. 



Memang, mungkin banyak orang juga yang sudah pada mengetahui bahwa cengkih ini adalah bahan pokok untuk pembuatan rokok kretek. Oleh karena itu, tak jarang juga cengkih ini menjadi primadona bagi para petani karena harganya bisa mahal juga. 

Tak sampai situ saja bahwa tanaman yang satu ini bisa dikatakan sudah menyebar ke pelosok dunia. Ya, karena bukan hanya di tanam di Indonesia dan Madagascar saja. Namun, tanaman ini pun sangat dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. Oleh karena itu, sudah bisa diakui bahwa tanaman yang satu ini pun menjadi salah satu proyek yang menarik untuk masa depan. Kemudian, cengkih atau tumbuhan yang bisa disebut sebagai flora identitas Provinsi Maluku Utara ini pun memiliki musim panen yang bervariasi setiap wilayahnya. 

Sudah dituliskan juga di atas tulisan ini bahwa manfaat cengkih itu sangat banyak. Oleh karena itu, manfaatnya apa saja, sih? 

Manfaat ini tak lepas dari kandungan cengkih itu sendiri yang memiliki antioksidan. Oleh karena itu, hal semacam itu pun bisa melawan radikal bebas yang merusak sel-sel. Kemudian, bisa juga membantu untuk mengurangi penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu. Oleh karena itu, bisa diketahui bahwa cengkih ini pun tak hanya dipakai untuk bumbu masakan saja. Akan tetapi, bisa juga untuk membantu untuk mengurangi atau melawan penyakit yang akan menyerang ke dalam tubuh manusia. 



Bukan hanya itu saja! Akan tetapi, cengkih ini pun bisa menjaga kesehatan mata yang bisa diketahui dari pigmen karoten yang diubah menjadi vitamin A. Kemudian, bisa juga untuk mengurangi peradangan, menghambat radikal bebas, mencegah bisul dalam perut, meningkatkan fungsi hati, membunuh bakteri, meningkatkan kesehatan hati, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Hal semacam itu pun harus bisa diketahui bahwa di dalam kandungan cengkih itu mempunyai manfaat yang banyak. Ya, bisa diketahui bahwa dari eugenol yang terdapat di dalam cengkih itu pun bisa mengurangi peradangan. Nah, hal semacam itulah yang harus dipahami agar tak melulu menyangkutpautkan bahwa cengkih itu adalah rokok kretek. Namun, manfaat cengkih itu pun banyak dan bisa juga untuk mengobati penyakit yang sedang menyerang ke dalam tubuh manusia.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN