Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Sejarah Mangkuk Ayam Jago! Yuk, Simak!

Mangkuk Ayam Jago
Foto: Mangkuk Ayam Jago/indozone.id


M
angkuk
yang bergambar ayam jago ini bisa dikatakan sangat legendaris karena sudah banyak dipakai oleh penjual bakso, bubur, mie ayam, dan semacamnya. Oleh karena itu, buat para penggemar bakso ataupun mie ayam pun sudah tak merasa asing lagi terhadap mangkuk yang satu ini. 

Harus diketahui juga bahwa mangkuk ini bisa dikatakan mempunyai ciri khasnya sendiri. Sebab, dengan corak atau gambarnya ini bisa menjadi salah satu ikon yang mudah untuk diingat dan sampai sekarang pun masih menjadi primadona. 

Memang, harus diakui bahwa mangkuk bergambar ayam jago ini masih eksis sekali di zaman sekarang. Nah, dari semua itu pun bisa diambil kesimpulannya bahwa mangkuk ini memang unik. Kemudian, cocok juga dipakai untuk wadah mie ayam, bakso ataupun yang lainnya. Namun, harus bisa dipahami juga bahwa dari semua itu pun ada sejarah yang tercipta. Oleh karena itu, inilah sedikit sejarah tentang mangkuk ayam jago!


Mangkuk ayam jago itu sudah ada sejak kapan, sih? 


Mangkuk ayam yang legenda ini pun mempunyai sejarah yang cukup panjang karena sebelum ada di Indonesia pun mangkuk ini sudah ada di negara lain. Ya, awalnya, mangkuk ini berawal dari Tiongkok. Bahkan, mangkuk ini pun tak hanya terkenal untuk wadah makanan saja. Akan tetapi, mangkuk ini pun sering dipakai untuk properti di film-film. Bukan hanya itu saja! Namun, mangkuk yang bergambar ayam jago ini pun di negara tercintanya sana sering dipakai untuk seserahan dalam upacara pernikahan di Tiongkok. 



Kemudian, awal sejarahnya bisa dikatakan unik karena mangkuk ini berawal dari Dinasti Ming periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487). Pada saat itu, sang kaisar memesan empat buah cawan bergambar ayam jantan dan betina pada pengrajin di Jingdezhen (Propinsi Jiangxi). Pengrajin itu pun bukan hanya pengrajin saja! Namun, ia pun terkenal juga sebagai penghasil keramik untuk istana sejak abad 6 M. 

Hal semacam itu pun menjadikan Kaisar Chenghua memesan empat buah cawan dengan teknik doucai, khusus untuk dirinya dan tanda cinta untuk istrinya. Kemudian, cawan itu terkenal dengan nama Jigangbei atau cawan ayam. Nah, dari sanalah bisa sedikit tercerahkan bahwa mangkuk yang bergambar ayam jago ini awalnya untuk kado atau bentuk atau tanda cinta kepada pasangan. 

Cawan itu pun mempunyai banyak arti tentang kebaikan. Salah satunya bisa terlihat dari gambar ayam dan lainnya. Sampai, bermakna juga sebagai pembawa kemakmuran untuk keluarga. Tak hanya Kaisar Chenghua saja yang menyukai cawan ini! Akan tetapi, kaisar-kaisar Tiongkok pun banyak juga yang menyukai cawan ini, misalnya Kaisar Wanli (memerintah tahun 1572-1620) dan Kaisar Kangxi (memerintah tahun 1661-1722) dari Dinasti Qing. Kemudian, ada salah satu keunikan juga yang tercipta dari keindahan cawan ayam ini, salah satunya yang dilakukan oleh Kaisar Qian Long (memerintah tahun 1735-1796), ia membuatkan salah satu puisi khusus yang memuja mangkuk ayam jago itu pada 1776.


Foto: Mangkuk Ayam Jago/tribunnews.com


Selanjutnya, pada Dinasti Qing, mangkuk bergambar ayam jago ini mulai diproduksi massal. Oleh karena itu, masyarakat pun mulai mencari mangkuk ini untuk digunakannya. Bukan karena sebab! Mungkin, harga dari mangkuk bergambar ayam ini lebih murah jika dibandingkan dengan mangkuk-mangkuk bergambar naga ataupun lainnya. Nah, sebab perbandingan harga pun bisa menjadi suatu keuntungan dari mangkuk ini sehingga bisa diterima dan dicari oleh masyarakat. 

Namun, dalam perkembangan zaman, mangkuk ini tentu masih tak bisa dirobohkan atau masih eksis sampai sekarang. Nah, salah satu kelebihannya juga bahwa mangkuk ini pun sekarang sering dipakai petani di Tiongkok. Sebab, dari awal juga sudah diartikan bahwa mangkuk ini merupakan lambang kerja keras untuk mendapatkan kemakmuran. Penilaian atau tafsiran semacam itu pun tak hanya datang begitu saja! Akan tetapi, mereka pun melihat dari gambarnya yang mengingatkan peran ayam ketika pagi—membangunkan mereka untuk bekerja. 



Kemudian, sejarah perkembangan mangkuk ayam jago ini pun tak hanya sampai situ saja! Namun, pada saat perantau yang pabriknya ada di Guangdong. Para perantau itu pun tak lupa untuk membawa mangkuk itu. Kemudian, menyebar ke beberapa negara di Asia Tenggara. Setelah itu, mangkuk ayam pun mulai banyak diproduksi dengan menggunakan gambar tangan ataupun teknologi mesin. 

Mangkuk ini pun banyak ceritanya! Oleh karena itu, harus diketahui juga bahwa mangkuk ini pun datang atau ada di Indonesia ini karena jalur perdagangan. Kemudian, jalurnya seperti apa? Nah, sudah dituliskan juga dia atas bahwa ketika para pedagang atau perantau dari Tiongkok menyebar ke wilayah Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Nah, hal semacam itu pun bisa dikatakan awal mulanya mangkuk ini bisa masuk ke Indonesia. 

Harus bisa diketahui juga bahwa gambar ayam yang berada di mangkuk ini bukan hanya sebatas gambar saja! Akan tetapi, gambar ayam ini adalah gambar ayam hutan Gallus yang sudah diternak sejak tahun 8.000 SM. Kemudian, lukisan itu pun ada pemiliknya jadi tak boleh menduplikasi gambar ayam jago tersebut.[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN