Postingan Terbaru

Batu Hitam yang Terluka

Gambar
Ilustrasi| Pexels.com/Kàssia Melo di pertigaan yang pernah kita jumpai  aku melihat kembali batu tulis itu  yang kini sudah berwarna hitam pekat  dan tulisan kita tak jelas lagi kini, tak ada lagi saksi kita di batu hitam yang penuh kenangan  di pertigaan tempat dulu kita berjanji  di depan tulisan yang dulu dicintai batu hitam itu benar-benar terluka  karena sudah terpecah setengah  antara lambang hati yang pernah kita ukir  di bawah tulisan cinta yang satu hati rasanya, kita menanamkan luka  yang amat dalam dan kini berbunga  bunga hitam yang penuh kegelapan  di antara jiwa-jiwa kita yang semakin berjauhan  aku merenung di depan ini,  menafsirkan semua luka di batu itu  ada getir, ya, ada getir yang terasa merasuk hingga masuk ke dalam hati yang sudah alfa  untukmu; untuk dirimu yang meninggalkan 2024

Keuntungan-Keuntungan Rumah dari Bambu yang Harus Diketahui!

Bambu
Foto: Rumah dari Bambu/fabelio.com


K
euntungan-keuntungan
rumah dari bambu menjadi salah satu alasan dari penulis untuk menuliskan tentang rumah. Dalam hal ini pun harus bisa dipahami, mungkin zaman sekarang adalah zaman yang sudah serba beton. Namun, dari semua itu pun harus bisa disadari bahwa banyak juga kelemahan atau keuntungan dari rumah beton itu sendiri. Akan tetapi, dari tulisan ini tak akan membahas keuntungan atau kelemahan beton yang menempel di bagian rumah.

Akan tetapi, tulisan ini akan mengajak sedikit menyelisik manfaat atau keuntungan rumah dari bambu. Kemudian, apa saja keuntungannya, sih? Sebelum masuk ke dalam inti tulisan ini, alangkah lebih baiknya mencari tahu terlebih dahulu bambu itu apa, sih? Langsung saja, bambu adalah tumbuhan berbunga menahun hijau abadi dari subfamili Bambusoideae yang termasuk famili Poaceae. Kemudian, sifat dari bambu ini bisa tergolong kuat dan salah satu tanaman dengan pertumbuhan yang paling cepat.

Secara umum bambu ini pun terbentuk dua jenis, yaitu bambu berkayu suku Arundinarieae dan Bambuseae, dan bambu rerumputan dari suku Olyreae. Hal semacam itu pun menjadi suatu warna bahwa bambu itu banyak jenis dan macamnya. Tak sampai situ saja! Namun, bambu itu pun termasuk ke dalam keluarga rerumputan. Kenapa bisa seperti itu? Sebab, penjelasan yang dapat menjelaskan semacam itu karena laju pertumbuhan yang tinggi. Hal ini pun berarti jikalau bambu itu dipanen maka bambu akan cepat kembali tumbuh tanpa mengganggu ekosistem. Nah, hal semacam itu pun menjadi salah satu kelebihan dari tanaman yang satu ini.


Bagaimana kalau bambu dijadikan sebagai konstruksi rumah?


Foto: Bambu/fabelio.com


Mungkin, banyak yang bertanya-tanya hal semacam ini! Namun, harus perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah bahannya atau jenis bambunya. Kenapa harus seperti itu? Ya, sudah dijelaskan di bagian atas juga bahwa jenis bambu itu bermacam-macam. Oleh karena itu, sebelum membangun rumah maka harus diketahui dulu mau memakai jenis bambu apanya biar tak salah pilih.



Hal semacam ini pun bisa menjadi sebuah pengetahuan bahwa bambu itu pun memiliki tekstur yang kuat atau kokoh. Bahkan, beberapa bambu ada yang memiliki tarik yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tarik baja mutu sedang. Oleh karena itu, bambu dengan tarik yang tinggi itu pun bisa dimanfaatkan untuk konstruksi rumah. Kemudian, bukan hanya memiliki tarik yang lebih tinggi saja! Akan tetapi, bambu itu memiliki sifat yang ringan dan ada diameternya seperti pipa beruas. Nah, hal semacam itu pun bisa menjadi salah satu keuntungan kalau mau membuat rumah dari bambu ini.

Bambu pun bisa dikatakan sangat cocok untuk digunakan untuk bagian rangka bangunan. Kenapa bisa seperti itu? Ya, bisa diketahui sendiri bahwa bambu ini memiliki sifat yang lentur juga jadi bisa dikatakan lebih mudah digunakan daripada kayu ataupun lainnya. Kemudian, dari segi harga pun bisa dikatakan lebih murah dari bahan lainnya. Namun, dari harga yang lebih murah dari bahan lainnya itu pun jangan dijadikan patokan untuk kualitasnya. Sebab, bambu ini pun bisa dikatakan berkualiatas dan mudah juga untuk pengerjaanya.

Ya, pengerjaan yang memakai bambu sebagai bahannya pun bisa dikatakan lebih mudah. Sebab, bambu ini pun sangat mudah untuk dipotong-potong, dilubangi, dan ringan juga untuk diangkat-angkat. Kemudian, mudah juga untuk dirawat dan salah satu hal juga yang paling penting adalah tak memerlukan alat canggih juga untuk memprosesnya.

Rumah yang terbuat dari bambu pun bisa dikatakan rumah berseni tinggi. Sebab, biasanya bambu itu sudah bersifat licin dan memiliki warna yang khas secara alami. Jadi, rumah dari bambu itu lebih baik memakai warna dari bambu itunya sendiri. Sebab, mampu menciptakan atau menambahkan keindahan yang bisa dinikmati dari rumah bambu itu sendiri. Kemudian, sirkulasi dari rumah bambu pun bisa dikatakan sangat baik. Sampai, akan sangat enak jikalau berdiam di rumah ini karena udara dan sinar matahari dapat bertukar dengan baik.

Bambu bisa dikatakan juga sebagai tanaman sejuta manfaat. Hal semacam itu pun didukung dengan bagian bambu itu sendiri yang dapat digunakan. Kemudian, salah satu hal yang patut diketahui juga bahwa bambu ini sangat cocok untuk konstruksi yang bersifat permanen atau sebaliknya. Selain itu, bambu ini pun memiliki tekstur yang lentur sehingga sangat cocok untuk bangunan tahan gempa.


Foto: Bambu/fabelio.com


Memang, manfaat atau keuntungan yang terdapat dari bambu pun sangat banyak. Oleh karena itu, bambu pun bisa menjadi semakin populer dan bahan yang berseni tinggi. Bahkan, banyak karya yang lainnya juga yang memilih bahan bambu menjadi bahan utamanya. Nah, hal semacam itu pun menjadi salah satu gambaran bahwa bambu ini pun jangan pernah dianggap sebelah mata.



Salah satu yang paling penting juga bahwa bambu merupakan tanaman yang tidak bersifat polutif. Jadi, bisa dikatakan juga bahwa bambu ini adalah ramah lingkungan. Nah, hal semacam itu pun menjadi suatu penegas bahwa bambu ini benar-benar tanaman berjuta manfaat. Tak sampai situ saja! Pada bagian atas juga sudah dituliskan bahwa bagian bambu yang dimulai dari batangnya bisa digunakan untuk konstruksi bangunan, bagian pucuknya yang lebih kecil bisa digunakan untuk penyangga tanaman, daun bambunya bisa digunakan untuk makanan ternak dan kompos, dan tunas muda bambu dapat dijadikan makanan yang lezat.

Memang, salah satu tanaman yang terlihat biasa saja itu kalau ditelisik lebih jauh akan ketemu banyak manfaatnya. Hal semacam itu pun menjadikan bambu menjadi salah satu bahan yang bernilai tinggi. Kemudian, sudah banyak yang mengetahui juga bahwa penggunaan bambu untuk material rumah maka akan dapat juga mengurangi pencemaran lingkungan. Jadi, bagaimana indah dan bernilai seni tinggi, bukan?[]

Komentar

Tulisan Favorit Pembaca

5 Cakupan Tindak KDRT dan Akibat yang Bisa Terjadi, Pasutri Wajib Tahu!

Salar de Uyuni, Cermin Raksasa yang Ada di Bolivia

Lelaki yang Patah Hati

Di Balik Jendela Kaca

SEMBUH ITU KEINGINAN